Pada Awalnya Microsoft dan Nokia Tak Melihat Android Sebagai Ancaman

Ponsel cerdas Android yang pertama kali diluncurkan secara komersial adalah T-Mobile G1 atau HTC Dream. Produk ini diluncurkan secara terbatas pada tahun 2008. Di masa tersebut, hanya sedikit yang dapat membayangkan bahwa Android dapat menjadi sistem operasi ponsel cerdas yang paling banyak digunakan di dunia hanya dalam beberapa tahun.

microsoft dan nokia

Situasi Tahun 2007

Faktanya, pada tahun 2007, ketika Google mengumumkan Open Handset Alliance dan rencana yang berkaitan dengan Android. Beberapa vendor  ponsel cerdas yang merupakan pemain lama mengemukakan secara umum dalam cakupan global, bahwa mereka yakin bahwa platform open source berbasis Linux tersebut tidak akan berhasil.

Di tahun 2007 tersebut, Nokia adalah raja dari ponsel cerdas, hal ini berkat peranti dengan sistem operasi Symbian. Tahukan Anda apa yang dikatakan perusahaan Finlandia itu mengenai Android pada November 2007? Berdasarkan informasi dari Reuters, seorang juru bicara Nokia mengumumkan bahwa mereka tidak melihat ini sebagai ancaman.

Kemungkinan inilah salah satu dari kesalahan mendasar Nokia yang secara cepat kehilangan pangsa pasar di tahun-tahun berikutnya. Pada akhirnya unit peranti dan layanan Nokia berujung dengan dibeli oleh Microsoft,  namun sebelum beralih ke Android untuk lini perangkat murah Nokia X.

Berbicara tentang Microsoft, ini adalah apa yang dipikirkan oleh General Manager Marketing dari bisnis Windows Mobile pada tahun 2007, “Itu seperti terdengar bahwa mereka mengumpulkan sekelompok orang bersama untuk membuat ponsel dan sesuatu yang telah kita lakukan selama lima tahun. Saya tidak paham dampak yang akan mereka peroleh.”

Saat Ini

Saat ini kita sangat yakin bahwa Microsoft sekarang sangat paham dampak dari Android, dan akan terus memiliki tak hanya pasar ponsel tetapi juga hampir semuanya yang terhubung dengan internet.

Tampaknya Google mengetahui bagaimana mengelola bantuan yang tak terkelola, tentu saja oleh orang-orang berbakat yang mereka pekerjakan, dan seluruh uang yang diinvestasikan pada pengembangan perangkat lunak, dan seluruh kemitraan yang dibuat dengan pabrikan dan operator telekomunikasi selama beberapa tahun.

Tak dapat disangkal lagi, bahwa Android adalah pemimpin dari pasar ponsel cerdas, dengan pangsa dunia sekitar 80% dan satu milyar pengguna aktif. Sistem operasi Apple, yaitu iOS hanya memiliki pangsa pasar sekitar 16% dan Windows Phone dari Microsoft sekitar 3,5% hingga 4%.

Versi terkini dari Android disebut dengan Android L. Sistem operasi tersebut akan diluncurkan pada musim gugur tahun ini dengan banyak fitur baru dan peningkatan-peningkatan. Sepertinya mengkonfirmasi keunggulan Google di pasar peranti seluler.

Ditulis oleh: https://www.facebook.com/quratengil

Leave a Comment