Tips Agar Lensa Kamera Tidak Berjamur

Lensa Kamera berjamur pada Kamera DSLR bisa disebabkan oleh iklim tropis Indonesia yang memiliki tingkat kelembaban udara sangat tinggi. Dengan begitu, lensa kamera pun akan lebih mudah terkena jamur apabila tidak dirawat dengan baik.

Bagi sebagian besar fotografer pemula, hal ini tidak terlalu banyak diperhatikan. Padahal, perawatan lensa kamera sangatlah penting untuk membuat kualitas foto yang dihasilkan dalam keadaan baik.

Jamur pada kamera DSLR yang dibiarkan begitu saja akan berkembang sehingga menutupi seluruh bagian lensa. Untuk itu, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk merawat lensa kamera gar bisa tahan lama tanpa jamuran.

Tip untuk menjaga lensa dan body kamera agar tetap awet dan terhindar dari jamur :

Memasang Filter UV

Filter UV berfungsi untuk menjaga dan melindungi Optik permukaan Lensa Kamera dari goresan dan juga untuk menguragi masuknya sinar ultarviolet matahari yang masuk ke lensa.

Menggunakan Sceen Protector

Sreen Protector yang dipasang pada layar LCD memilki fungsi sama dengan Filter UV untuk melindungi dan menjaga layar LCD kamera dari goresan.

Membersihkan Body dan Lensa Kamera

Setiap kali kamera tersebut digunakan, jangan lupa untuk langsung membersihkannya sebelum disimpan. Hal ini perlu dilakukan agar kamera tidak mudah terkena debu dan kotoran yang nantinya menjadi sarang jamur. Bersihkan kamera dengan Cleaning Set khusus untuk membersihkan kamera.

Lepas Baterai

Ini yang sering terlupakan dalam perawatan kamera, yaitu melepaskan baterai setelah menggunakannya. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya aliran listrik pada kamera yang dapat mengakibatkan kerusakan fungsi elektrik kamera tersebut. Selain baterai, kamu juga perlu melepaskan memory external kamera tersebut.

Tutup Lensa

Bila sudah digunakan dan dibersihkan, ada baiknya lensa pun dipisahkan dari body kamera. Dan jangan lupa untuk menutup lensa dan lense cap agar terhindar dari partikel debu maupun kotoran yang bisa masuk dan menempel kapan saja.

Demikianlah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga agar lensa kamera tidak berjamur, dan kualitas foto yang dihasilkan pun tetap bagus meskipun kamera sudah bertahan cukup lama.

Ditulis oleh : https://www.facebook.com/superdee.ceritanya

Leave a Comment