Belajar Teknik Menulis Skenario di Komunitas Penulis Skenario Film

Ada banyak hal yang perlu dipelajari sebelum menjadi penulis skenario yang profesional. Selain belajar sendiri, komunitas penulis skenario juga bisa menjadi forum belajar yang menyenangkan.

Komunitas penulis skenario film di Indonesia sendiri terbilang cukup banyak dan benar-benar forum yang ditujukan bagi para pecinta dunia film. Bagi yang suka online, komunitas seperti ini bisa Anda temukan apabila Anda rajin menelurusi website dan blogger yang ada. Karena memang sebagian besar webiste dari komunitas seperti ini terpencil, atau tidak terlalu terkenal.

Mengapa Komunitas Penulis Skenario Film?

Mengapa harus ada komunitas seperti ini? Sebuah komunitas sebenarnya memiliki tujuan untuk saling berbagi dan membantu demi tujuan yang positif. Untuk komunitas penulis skenario film sendiri, bertujuan membuat komunitas tersebut sebagai wadah inspiratif senior ke juniornya yang masih sangat muda dalam langkah membuat skenario film.

Di komunitas ini juga, para junior bisa mengetahui bagaimana cara masuk ke dunia film dengan membawa hasil karyanya. Dalam komunitas juga Anda akan banyak mendapatkan tips menulis skenario yang benar dan mudah. Karena memang untuk menulis skenario cukup berbeda aturannya dengan saat kita menulis novel atau cerpen.

Teknik Menulis Skenario Film

Salah satu ilmu yang bisa Anda dapatkan di komunitas adalah aturan baku dalam menulis skenario. Siapa sangka menulis skenario film ada aturan bakunya? Beberapa aturan bakunya adalah font yang digunakan untuk menulis, yaitu menggunakan font courier new.

Lalu untuk ukuran penulisan pilih ukuran 12. Dan untuk spasi penulisan ialah 1 (satu). Mengapa hal sesederhana itu diatur, bahkan dijadikan aturan baku?

Tujuannya ialah agar durasi film yang Anda buat saat menulis skenario film jelas. Karena dengan aturan baku diatas, apabila Anda menulis skenario dalam 1 halaman maka sama saja dengan durasi film satu menit.

Karena memang diketahui aturan baku diatas sudah diakui menjadi aturan secara internasional juga dalam menulis skenario. Itulah contoh ilmu dari komunitas penulis skenario film. Jika ingin bergabung dengan komunitas penulis online, penulispro.net adalah salah satunya.

Leave a Comment