Bisnis Apa yang Paling Cocok untuk Anda?

Pertanyaan tentang bisnis apa yang paling cocok untuk kita adalah sebuah pertanyaan yang sering sekali terlontar dari banyak orang. Pertanyaan seperti ini biasanya terlontar dari orang-orang yang belum pernah sama sekali melakukan bisnis dan ingin berbisnis ataupun mereka yang berniat mencari bisnis lain karena bisnis yang dijalaninya kurang lancar saat ini.

Jawaban dari pertanyaan tersebut sebenarnya sangat sederhana. Sebelum menjawab apa bisnis yang paling cocok untuk Anda, tak ada salahnya terlebih dahulu menjelaskan apa bisnis itu dan bagaimana sebenarnya bisnis. Bisnis adalah sebuah aktivitas yang mampu memberikan solusi dan pada akhirnya si pelaku memperoleh keuntungan dari kegiatan bisnis tersebut.

Sementara itu, arti bisnis itu sendiri yaitu sebuah pelayanan atau berupa solusi yang Anda berikan. Pelayanan di sini adalah pelayanan yang dibutuhkan masyarakat di sekitar Anda. Artinya, pelayanan yang mengharuskan seseorang rela mengeluarkan uang untuk memperolehnya. Suatu pelayanan yang diberikan dengan tujuan orang lain bisa merasakan kepuasan. Nah, dari situ lah bisnis ini bisa berjalan, bertahan, dan juga berkembang.

Pertanyaan yang Salah

Sesudah membaca penjelasan terkait dengan apa itu bisnis, semoga para pembaca dapat memahaminya dengan baik. Sebenarnya, pertanyaan “bisnis apa yang paling cocok untuk Anda” adalah sebuah pertanyaan yang salah. Jadi, pertanyaan yang benar seperti apa dan bagaimana?

Pertanyaan yang benarnya adalah “bisnis apa yang paling cocok untuk masyarakat di sekitar Anda”, sebab inti dari berbisnis itu adalah melayani. Lalu, sebuah bisnis mampu bertahan dan berkembang pesat karena banyak calon konsumen yang membutuhkan dan pastinya puas dengan pelayanannya.

Jadi, bagi Anda yang ingin mencoba dan memulai sebuah bisnis, cari terlebih dahulu apa yang paling dibutuhkan dan mendesak sekali oleh masyarakat di sekitar. Kebutuhan mendesak yang dimaksud adalah yang membuat orang rela menghabiskan uang untuk memperolehnya. Ketika kebutuhan mendesak tersebut berhasil Anda dapatkan dan mampu menyediakan layanan memuaskan juga harga yang bagus untuk pemenuhannya, bisnis Anda dijamin akan sukses laris manis.

Jangan Takut Pesaing!

Bagaimana jika bisnis yang dijalani sudah ada pesaingnya? Tenang dan tidak usah takut. Takut pesaing bukanlah sifat seorang pelaku bisnis. Bersyukurlah ketika muncul pesaing bisnis, sebab Anda dapat belajar dari pengalaman si pesaing tersebut. Cermatilah dan pelajari kelebihan sekaligus kekurangan pesaing tersebut. Tirulah kelebihannya lalu buat perbaikan dari kekurangan pesaing tersebut sebagai kelebihan Anda.

Semoga bermanfaat dan selamat berbisnis!

Leave a Comment