Hal yang Perlu di Pikirkan dalam Cara Membuat Komunitas Penulis

Banyak orang yang ingin membentuk komunitas penulis. Tetapi mereka tidak mengetahui bagaimana cara membuat komunitas penulis.

Cara Membuat Komunitas Penulis sebenarnya mudah, tetapi sulitnya dalam cara memelihara komunitas agar tetap hidup dan berkembang. Jangan membuat komunitas hanya dengan semangat belaka. Jangan mempunyai pikiran ide ide akan muncul seiring perkembangan dan jangan bergantung dengan orang lain.

Cara Membuat Komunitas Penulis dalam Merencanakan Program

Rencanakan dan diskusikan dahulu dengan rekan pendiri yang lainnya. Dalam merencanakan program harus menghindari komunitas yang dibentuk untuk tempat melakukan apa saja. Lebih baik program yang akan di susun bukan garis besarnya saja. Biasakan lah memiliki rencana cadangan.

Yakin lah bahwa Anda mempunyai cara agar program tersebut mendapat sambutan yang baik dari orang lain. Cara membuat komunitas penulis juga harus menyiapkan sumber daya untuk menjalankan program. Tetaplah demokratis dan fleksibe jika ada usulan dari para anggota. Itu lah beberapa poin yang perlu di pikirkan.

Cara Membuat Komunitas Penulis dalam Menentukan Anggota

Namanya komunitas, pasti anggota adalah faktor terpenting. Setelah memiliki anggota kemudian lakukan lah rekrutmen anggota awal, atau anggota generasi yang pertama tetapi tidak terlibat dalam menyusun rencana dan konsep tentang visi. Yang biasanya di lakukan yaitu menggunakan prinsip pertemanan. Caranya yaitu mengundang teman para pendiri komunitas.

Memang pada awalnya para teman atau kenalan biasanya akan mengikuti kegiatan dari komunitas tersebut. Tetapi terkadang hal itu terjadi karena adanya rasa sungkan.

Jadi yakinkan kalau teman teman atau kenalan kenalan yang akan Anda ajak bergabung itu benar benar mempunyai minat sama dalam bidang yang di tekuni dalam komunitas. Pastikan juga kalau dia dapat meluangkan tenaga dan waktunya untuk komunitas. Itu lah beberapa cara membuat komuntas penulis.

Demikianlah ulasan mengenai cara membuat komunitas penulis. Temukan informasi menarik lainnya di penulispro.net.

Leave a Comment