Komunitas Penulis Naskah Film Indonesia

Komunitas penulis naskah film di Indonesia sepertinya masih sedikit. Tetapi komunitas ini sedang berusaha untuk menunjukkan kebolehannya.

Komunitas penulis naskah film di Indonesia sekarang ini lebih sedikit dibanding dengan komunitas yang sejalan dengannya. Seperti komunitas penulis novel, cerpen, dan lainnya.

Komunitas penulis naskah sekarang jarang sekali yang masih melakoninya. Paling hanya sebuah komunitas di kampus yang dibentuk khusus untuk mengisi laman akademik kampus atau hanya sebagai bentuk apresiasi anak kampus yang masih mencintai dunia film.

Perkembangan Komunitas Penulis Naskah Film

Komunitas penulis naskah seperti ini di Bandung pada tahun 80an atau 90an memang banyak. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, semakin sedikit anak-anak muda yang melakoni atau menulis sebuah naskah yang menjadi box office hingga terkenal ke luar negeri. Memang untuk penulisan sebuah naskah terutama naskah film sulit dan perlu waktu lama dengan pertimbangan yang harus lebih dari matang.

Hal ini menyebabkan anak-anak muda sekarang tidak ingin atau sudah menyerah ketika mereka baru sekali menyerahkan naskah film mereka ke sebuah production house tetapi di tolak. Komunitas penulis naskah film di Indonesia yang masih berumur muda saja sudah sedikit. Kebanyakan penulis naskah adalah para penulis naskah jaman dulu yang sangat senior dengan karya-karyanya yang melegenda.

Komunitas Penulis Naskah Film di Yogyakarta

Sama seperti di Bandung, kota Yogyakarta yang juga terkenal dengan anak muda dan keseniannya ini sepertinya masih lesu dalam membidangi tulis menulis naskah film. Padahal tempat-tempat di Yogyakarta bisa membuat sebuah sensasi.

Apalagi Yogyakarta yang masih kental dengan kebudayaannya dan didampingi dengan gaya hidup yang modern karena banyak sekali orang-orang dari luar Yogyakarta datang ke kota ini. Yang bisa diharapkan adalah semoga komunitas penulis naskah film bangkit dan menghasilkan sebuah film yang berkualitas.

Leave a Comment