Sign In

Remember Me

Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan di Berbagai Negara

Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan di Berbagai Negara

Kalau di Indonesia tradisi menyambut HUT kemerdekaan itu biasanya dengan mengadakan berbagai lomba. Nah, ternyata negara-negara lain juga punya tradisi loh untuk ngerayainnya. Apa saja ya? Yuk baca artikel ini.

India

Kemerdekaan India jatuh pada tanggal 15 Agustus 1947. Setiap tahunnya semua warga India menghiasi rumah, kantor, dan sekolah mereka dengan warna bendera India. Terus warganya upacara pagi harinya sambil nyanyi lagu kebangsaaan dan hormat ke bendera nasional.

Tradisi uniknya adalah warga India mengibarkan layangan yang memang simbol kebebasan. Jadi langit India pada 15 Agustus bakalan dihiasi oleh layangan yang banyak banget dari berbagai warna dan bentuk.

Ghana

Di Benua Hitam, negara yang pertama merdeka adalah Ghana. Mereka ngerayain kemerdekaannya tanggal 6 Maret. Warga Ghana tiap tahunnya selalu melakukan parade sambil pawai keliling dan menyalakan kembang api. Perayaan gak bakalan lengkap kalau gak ada pesta jalanan dan kemacetan.

Walau pesta di jalanan udah sangat rame tapi itu belum cukup. Mereka akan ngadain pesta lagi di pantai. Di wilayah pesisir akan terdengar musik dan pertunjukan tarian hip hop. Ada juga lomba layar yang sudah turun temurun diadain di kampung nelayan Shama.

Meksiko

Perayaan ultah Meksiko adalah tanggal 16 September. Di negara ini perayaan ditandai dengan konser, parade, dan pesta. Sementara tradisinya adalah mereka mulai ngelakuin perayaan di tanggal 15 September malam hari. Di alun-alun kota terbesar di Mexico dan dunia akan banyak orang yang dateng, sekitar setengah juta orang.

Terus Presiden Meksiko ikut hadir dan mengeluarkan seruan patriotisme. Saat presiden ngelakuin itu rakyatnya bakal menyambut dengan yel “VIVA”. Terakhir kembang api yang luar biasa bakal ngehiasin malamnya Meksiko.

Filipina

Negara tetangga kita ini hari merdekanya pada tanggal 2 Juni. Sama seperti Indonesia dan kebanyakan negara lain, bendera akan dikibarkan, tapi bendera tradisional. Tujuannya adalah untuk selebrasi Arraw ng Kalayaan. Para warga ngadain jamuan makan bareng bersama keluarga dan teman untuk ngerayainnya.

Itu tadi beberapa tradisi ngerayain kemerdekaan di berbagai negara. Unik-unik kan?


By

1 Comment

  1. keberagaman mebuat
    INDAH

Leave a Reply