Suka Ngupil? Jangan Terlalu Sering, Nanti Overdosis Loh!

Tak sedikit orang yang menganggap ngupil sebagai kegiatan yang mengasyikkan. Mungkin Anda salah satunya. Ya, meski terlihat geli, namun tak bisa dipungkiri ada kesenangan sendiri saat ngupil. Tanpa kita sadari, ternyata umumnya seseorang mengupil 4 kali sehari. Nah loh, lebih-lebih dari minum obat kan?

Pada dasarnya, mengupil adalah kegiatan yang positif. Kok bisa, kenapa? Karena dengan mengupil berarti membersihkan hidung dari kotoran.

mengupil

Meskipun bukan hal yang aneh, namun ada sebagian orang yang menganggap mengupil itu menjijikan. Oleh karena itu, kita harus tahu situasi dan kondisi, jangan sampai mengupil di tempat umum.

Lalu, apa alasan seseorang mengupil? Rasanya tak perlu alasan untuk mengupil. Namun kebanyakan orang justru mengupil saat sedang melamun. Mengupil itu sama halnya dengan kebiasaan menggigit jari. Tak jarang, tanpa sadar seseorang  melakukan kebiasaan tersebut di depan umum.

aktivitas mengupil

Meskipun mengupil itu mengasyikkan, namun ternyata bila terlalu sering bahaya. Ibarat minum obat, harus sesuai aturan tidak boleh melebihi dosis. Begitu pula halnya dengan mengupil, boleh tapi jangan keseringan. Bahaya yang ditimbulkan beragam, mulai dari timbulnya infeksi, bahkan sampai meninggal.

Apa saja bahaya yang ditimbulkan, jika keseringan mengupil? Adapun penjelasan selengkapnya adalah sebagai berikut.

1. Terserang Flu

flu

Meski flu bukan penyakit yang berbahaya, kita tak boleh menganggapnya sepele. Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Virus flu masuk melewati selaput lendir yang terdapat di dalam hidup.

Nah, memasukkan jari ke dalam hidup menjadi salah satu penyebab terserang penyakit flu. Kok bisa? Karena kita tidak tahu jari-jari tersebut dalam kondisi bersih atau tidak. Ketika flu sudah menyerang, dalam beberapa hari ke depan akan muncul gejala lainnya, seperti bersin-bersin dan tenggorokan terasa gatal.

2. Mimisan

mimisan

Mengupil bukan hanya memudahkan kita terserang flu, melainkan juga mimisan. Kesrringan menyupil dengan keras menimbulkan kerusakan pada lapisan kulit hidung. Padahal lapisan tersebut berfungsi untuk melindungi hidung dari virus atau pun benda-benda asing di udara. Kerusakan pada lapisan kulit membuat hidung mimisan.

3. Meninggal

meninggal

Percaya atau tidak, mengupil bisa membuat seseorang kehilangan nyawanya. Apa penyebabnya? Hal ini bisa terjadi ketika seseorang terlalu keras mengupil. Terlalu keras mengupil bisa merusak tulang ethmoid. Tulang ethmoid merupakan tulang yan memisahkan hidung dari otak. Jadi, jika seseorang tak sengaja menusuk tulang ethmoid, cairan di otak akan bocor, hingga akhirnya menimbulkan meningitis.

meningitis

Apa itu meningitis? Meningitis merupakan peradangan yang terjadi pada selaput otak. Namun terkadang, gejala meningitis tak disadari oleh penderita. Tak jarang, gejala baru terlihat kala meningitis sudah semakin parah. Jika sudah begini, kemungkinan besar sulit disembuhkan. Tak sedikit penderita meningitis yang akhirnya meninggal dunia karena penyebaran virus yang sangat cepat.

Anda pasti tidak mau kan meregang nyawa hanya karena keasyikkan mengupil? Mengupil boleh, namun pastikan tangan bersih dari bakteri. Dan jangan terlalu keras saat mengupil agar tidak melukai lapisan di dalam hidung. Jadi, mengupillah dengan cara yang cerdas!

Leave a Comment