Sign In

Remember Me

4 Lagu dari Nama Orang yang Paling Sering Diingat

4 Lagu dari Nama Orang yang Paling Sering Diingat

Dari dulu hingga sekarang lagu selalu menjadi pusat perhatian manusia dari segala aspek. Bagaimana tidak, dari mulai zaman nenek moyang hingga anak kita yang baru lahir, lagu terus menerus terdengar. Hal itulah yang menjadi bukti bahwa manusia sungguh kreatif. Bahkan bukan hanya sampai di sana, lagu juga telah menjadi stimulan yang paling ampuh dalam berbagai keadaan manusia.

Hampir setiap keadaan yang terjadi pada manusia, lagu akan selalu mengiringinya. Ketika kita senang, akan ada lagu yang membuat kita semakin ceria. Lalu, ketika kita bersedih sekalipun, akan ada lagu yang berusaha membangkitkan semangat. Dalam berjuang juga sama, akan ada lagu agar rasa lemah kita terbakar. Lagu memang bisa menjadi inspirasi dan terinspirasi.

Berbicara inspirasi untuk menciptakan sebuah lagu, ternyata para pencipta lagu juga banyak mendapatkannya dari banyak kejadian. Baik itu dari masa lalu, patah hati, hingga oleh orang lain. Untuk yang terakhir ini, nama orang senantiasa sering menjadi inspirasi yang cukup kuat untuk lahirnya sebuah lagu.

Mau tahu apa saja lagu Indonesia yang diambil dari nama orang? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

• Bang Toyib

4 Lagu dari Nama Orang yang Paling Sering Diingat 2

Bang Toyib
Bang Toyib
Kenapa tak pulang-pulang

Tiga kali puasa
Tiga kali lebaran
Abang tak pulang-pulang

Penggalan lirik di atas pasti sudah banyak dikenal. Lagu yang dibawakan dengan irama dangdut ini begitu mudah didengar. Banyak orang yang sudah hafal dengan liriknya. Lagu ini dinyanyikan oleh Ade Irma, seorang penyanyi dangdut yang cukup sukses. Dengan lahirnya album tersebut, lagu yang dinyanyikan Ade Irma mendapat penghargaan, yakni Lagu Dangdut Tersohor dan Album Dangdut Terlaris.

Lagu Bang Toyib sendiri menceritakan sebagai seorang suami yang pergi entah ke mana, hingga meninggalkan anak dan istrinya. Istrinya yang menunggu dengan setia, namun Bang Toyib tidak pernah pulang hingga waktu yang cukup lama. Apakah Bang Toyib meninggal atau menikah lagi, itulah yang hingga kini masih menjadi misteri, terutama oleh istrinya.

• Lebih Dekat Denganmu (Juwita)

4 Lagu dari Nama Orang yang Paling Sering Diingat 1

Sebagai pecinta musik Indonesia, tentu kita semua mengenal dengan sosok yang satu ini, Yovie Widianto. Seorang musisi besar yang telah lama malang melintang di belantika musin Indonesia ini dikenal sebagai sosok yang pintar. Yovie Widianto besar bersama band Kahitna. Namun setelah cukup lama berkecimpung dengan Kahitna, dia membuat band baru dengan nama Yovi & Nuno. Dia juga kerap menciptakan lagu dengan lirik yang memukau, salah satunya dengan Lebih Dekat Denganmu (Juwita) ini.

Lagu ciptaan dari Yovie Widianto ini memang banyak yang bernuansa romantis, tidak terkecuali dengan lagu yang satu ini. Lagu Lebih Dekat Denganmu (Juwita) ini bercerita tentang seorang lelaki yang mendambakan sosok wanita bernama Juwita untuk menjadi kekasihnya. Bahkan harapannya itu tidak kunjung mendapat lampu hijau dari Juwita. Hingga akhirnya lelaki tersebut masih terus menerus mengharap kehadiran sang pujannya.

oh Juwita
apa kabarnya denganmu kini
yang kudengar saat ini
kau tak lagi dengannya

oh Juwita
mungkinkan ini jalan untukku
tuk menggapai kerinduan
dan cinta yang tertunda

• Sephia

4 Lagu dari Nama Orang yang Paling Sering Diingat 4

Periode 90-an musik Indonesia terkenal dengan band yang satu ini. Sebuah band yang berasal dari Yogyakarta dengan lima orang personelnya. Mereka adalah Sheila on 7. Band yang kini beranggotakan empat orang, yakni Duta di vokal, Eross sebagai gitaris, Adam yang memegang bass, dan Brian sebagai drummer masih cukup eksis. Bahkan lagunya yang berjudul Sephia masih melekat di telinga pendengarnya.

Lagu Sephia yang enak didengar ini bercerita tentang seorang wanita yang menjadi kekasih gelap dari seorang pria. Setelah sekian lama menjalin hubungan yang terlarang, sosok pria pun berusaha untuk pergi darinya. Namun rupanya Sephia tersebut masih berharap bisa menjalin hubungan dengan pria tersebut.

Namun dikisahkan juga bahwa Sephia ini merupakan seorang fans wanita yang meninggal saat menonton konser Sheila on 7. Untuk itulah, lagu ini dibuat sebagai apresiasi terhadap dirinya.


Selamat tidur kekasih gelapku
(oh … Sephia)
Semoga cepat kau lupakan aku
Kekasih sejatimu
Takkan pernah sanggup untuk melupakanmu

• Umar Bakri

4 Lagu dari Nama Orang yang Paling Sering Diingat 3

Seorang legenda hidup musisi yang dimiliki Indonesia masih terus berdiri. Bahkan tidak hanya raganya, karyanya pun masih terus bercokol dengan gagahnya di belantika musik Indonesia. Dia adalah Iwan Fals. Seorang musisi yang sarat dengan karyanya sebagai potret bangsa Indonesia, dulu dan kini.

Telah banyak karyanya yang dibuat. Seiring dengan itu, banyak juga penghargaan yang didapat. Namun dari segudangnya karya Iwan Fals, tentu ada satu lagu yang terus menempel di telinga kita, yakni Umar Bakri. Siapa sebenarnya sosok Umar Bakri ini?

Lagu ini menceritakan sebuah kisah seorang guru dengan status pegawai negeri sipil yang bersifat mulia, namun memiliki nasib yang sangat timpang. Bagaimana tidak, nasibnya diperlakukan tidak adil oleh oknum pemerintahan, salah satunya dengan pemotongan gajinya. Meskipun begitu, sang guru tersebut masih tetap setia mengajar meski semua ketidakadilan itu didapatnya.

Laju sepeda kumbang di jalan berlubang
Selalu begitu dari dulu waktu zaman Jepang

Umar Bakri, Umar Bakri, pegawai negeri
Umar Bakri, Umar Bakri, 40 tahun mengabdi

Itulah sejumlah lagu yang terinspirasi dari nama atau kisah orang. Dengan adanya lagu-lagu tersebut seharusnya bisa membuat kita tergerak hatinya untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Lagu memang diciptakan, tetapi lagu juga dapat menciptakan.

Leave a Reply