Sign In

Remember Me

Para Legenda HP Jadul! Masih Berani Punya?

Para Legenda HP Jadul! Masih Berani Punya?

Handphone jadul harusnya gak dilupain gitu aja karena berkat mereka sekarang kamu bisa tahu iPhone, android, blackberry, dan lain-lain. Anak muda zaman sekarang mungkin emang gak tau gimana legendarisnya handphone-handphone di bawah ini. Tapi buat kamu yang udah dewasa pasti tau deh sama handphone-handphone jadul ini. Apa aja ya? Yuk nostalgia lagi.

Ericsson R310

Ericsson R310

Sebelum Sony dan Ericsson kerjasama dan buat merek Sony Ericsson, Ericsson dulu punya produk sendiri. Salah satu produk legendarisnya adalah Ericsson R310. Handphone ini tuh sangat disukai sama pecinta alam bebas juga pekerja lapangan. Mereka pasti tau sama handphone ini. Katanya Ericsson R310 ini bisa tahan debu, air, guncangan, dan kotoran loh.

Hp ini dibuat dari silikon juga membran yang kedap air. Karena itu kotoran juga kelembaban bisa dicegah, jadi gak bisa menembus dan ngerusak peralatan elektronik di dalamnya.

Hp ini juga punya antena yang bentuknya unik, mirip sama sirip ikan hiu. Karena antenanya itu handphone ini punya julukan “Ericsson Hiu”. Hp ini tujuan utamanya ponsel petualang jadi daya tahan baterainya tuh hebat banget, bisa standby sampai 160 jam loh. Handphone ini diproduksi tahun 2000 dan punya macam-macam warna kayak jingga, hijau, biru, juga kuning.

Ericsson T10

Ericsson T10

Ada produk Ericsson lainnya nih yang sempet populer. Hp jenis ini tuh disukain banget sama anak muda. Hp ini punya warna-warna cerah buat bodinya kayak kuning, ungu, toska, biru, sama merah muda.
Hp ini punya model flip yang udah lengkap sama kemampuan vibrate. Waktu handphone ini diluncurkan, Ericsson lagi mulai punya reputasi baik tentang hp yang kuat dan gak gampang kegores. Salah satunya ya hp ini.

Motorola Startac

Motorola Startac

Handphone ini kakaknya Motor Razr yang jadi primadona hp dari Motorola. Hp ini yang paling bersejarah dari semua handphone. Selain jadi pioner hp flip, Startac juga hp paling pertama di dunia yang punya fitur getar. Pada eranya dulu, Startac itu hp yang paling stylish karena desainnya yang futuristik.

Nokia 3210

Nokia 3210

Hp ini termasuk yang paling revolusioner juga populer. Alasannya karena bodinya lebih tipis dibandingkan handphone generasi pendahulunya. Nokia ini juga hp pertama yang gak berantena.
Casing hp ini bisa loh digonta-ganti loh dengan gampang cuma dalam hitungan menit. Bisa dibilang hp ini tuh paling laris sepanjang masa. Di seluruh dunia, katanya penjualan hp ini tuh sampe 160 juta unit. Wow, fantastik kan?

Nokia 3650

Nokia 3650

Hp ini dikeluarain tahun 2003, saat baru diluncurin, hp ini langsung booming loh. Mungkin karena bentuknya yang sedikit nyeleneh dan eksotis. Hp ini punya keypad yang bentuknya bulat ditambah tombol angkanya juga melingkar. Hp ini tuh ya yang pertama kali punya kamera built in, jadi bisa buat foto-foto juga rekam video. Karena keypadnya punya bentuk unik, hp ini tuh jadi semacam bagian fashion para pelajar juga mahasiswa. Mereka biasanya ngalungin hp ini di leher mereka pake tali handphone.

Nokia 5510

Nokia 5510

Di tahun 1990 an sampe awal 2000-an hp ini tuh jadi hp sejuta umat di Jakarta. Casing hp ini tuh warna-warni, dulu mau yang asli atau KW hp ini selalu dijadiin pilihan loh, apalagi sama anak-anak muda. Walau fiturnya sederhana tapi casingnya bisa gampang digonta-ganti loh cuma dalam beberapa menit.

Game Snake

Kalian tahu game snake? Tahu gak? Snake itu adalah yang paling spesial loh di hp ini. Snake itu game paling fenomenal di seluruh dunia sebelum adanya Angry Birds sama Temple Run. Bikin kangen gak sih permainan itu? Pasti ya!

Nokia 8110

Nokia 8810

Nokia ini punya julukan yang lucu dan unik, yaitu Nokia pisang. Emang bentuknya mirip sama pisang sih makanya gak heran dikasih nama itu. Hp ini pernah “ikut syuting” loh di film The Matrix yang emang dulu booming banget saat zaman hp ini. Jadinya hp ini ikutan terkenal deh karena dipake di film yang laris di dunia itu.

8110 di Matrix

Sebenarnya hp ini tuh sama kayak kebanyakan tipe Nokia, gak ada yang spesial dari hp ini. Bentuk displaynya juga cuma berwarna abu-abu, penampilan standar nokia. Nokia 8110 ini cuma bisa dipake buat telepon juga SMS. Hp ini tuh pertama kali dirilis tahun 1996, tipe ini tuh salah satu Nokia seri 8 yang ditujukan buat segmen kelas atas. Jadi orang-orang berduit yang biasanya punya hp ini.

Nokia 9000 Communicator

Nokia 9000 Communicator

Ini tuh nenek moyangnya smartphone loh karena jadi smartphone pertama di dunia. Emang gak sekeren smartphone sekarang, tapi pada zamannya dulu termasuk paling keren. Hp ini tuh dilengkapin sama fitur modern waktu zaman itu. Biasanya yang punya hp ini tuh para eksekutif, banyak deh yang milih hp ini.

Hp ini secara fisik lebih gede dibandingin sama hp yang ada di pasaran. Hp ini punya display layar gede yang tersembunyi. Fitur hp ini tuh lumayan mumpuni, kayak email juga bisa buat ngirim fax. Hp ini juga hp pertama yang punya layanan internet.

Nokia N-Gage

Nokia N-Gage

Hp ini lengkap sama sistem permainan genggam, jadi hp ini pilihan orang yang suka sama game. Bentuk hp ini tuh unik, ada dua versi, yaitu N-Gage Classic dan N-Gage QD. Dua hp itu adalah seri dari Nokia seri 60 yang punya sistem operasi Symbian 6.1.

Bukan cuma penjualannya aja yang sukses tapi hp ini juga dinobatkan sebaga hp game terbaik yang pernah ada.

Siemens C35

Siemens C35

Hp ini dirilisnya tahun 2001-2002, hp ini tuh bisa dibilang produk Siemens yang sukses. Pada waktu itu hp ini banyak yang cari. Perbedaan hp ini dengan yang lainnya adalah desainnya yang kecil buat ukuran waktu itu. Kalau dibandingin Nokia sama Ericsson yang punya bodi bongsor, hp ini tuh sangat mungil juga langsing.

Fasilitas hp ini di zaman dulu tuh dianggap ok. Selain ada fitur telepon sama SMS, ada juga fitur pengingat, kayak pengingat meeting atau ulang tahun. Ada juga stop watch, kalkulator, chronometer, sama empat game yaitu reversi, wayout, minsweper sama quattropoli.

Nah, itu dia beberapa hp jadul yang jadi legenda. Masih ada banyak sih hp lainnya kayak Nokia 6600, Nokia N95, dan lain-lain. Tapi segitu aja ya yang bisa dibahas. Gimana? Ulasan ini bantu kamu kan yang pernah jadi remaja tahun 1990-an sampai 2000 awal buat ingat hp legendaris?

Apa kamu kangen sama hp-hp yang disebutin di atas? Kira-kira masih ada gak ya orang yang punya hp-hp di atas? Atau masih diproduksi gak sih semua hp itu? Yang jelas walau udah sangat ketinggalan zaman tapi semua hp itu punya kelebihan loh. Yang paling menonjol adalah daya tahan baterainya yang lama, jadi gak di charge beberapa hari aja gak bakal habis baterainya. Gak kayak sekarang, dipake sedikit udah berkurang baterainya, bahkan sampai nge-hang karena dipake buat macem-macem.

Kamu juga harusnya terima kasih sama hp jadul itu karena berkat mereka sekarang kamu bisa punya hp yang canggih.


By

Leave a Reply