Sign In

Remember Me

Persaingan, Perbandingan serta Kualitas dari Apple iPhone 6 dan Samsung Galaxy Note 4

Persaingan, Perbandingan serta Kualitas dari Apple iPhone 6 dan Samsung Galaxy Note 4

Di zaman era globalisasi yang sudah berkembang pesat saat ini, teknologi dan gadget menjadi pendamping setia untuk semua orang. Adapun beberapa orang yang bisa dikatakan gemar berganti-ganti gadget, mereka tidak pernah merasa uang yang dibuang untuk berganti-ganti gadget itupun terbuang sia-sia, karena memang sudah hobinya dalam hal tersebut.

Apple iPhone 6 dan Samsung Galaxy Note 4

Salah satunya saat ini  yang sedang marak di internet ataupun pasar gadget yaitu, Apple mengeluarkan produk terbarunya yang bernama iPhone 6. Belum lama kemarin produk unggulan android yaitu Samsung ikut mengeluarkan produk barunya yang bernama Samsung Galaxy Note 4.

Hal ini menjadi pertanyaan para pecinta gadget, lebih unggul mana produk android Samsung atau produk Apple. Masing-masing produk tersebut memiliki kelebihan serta kekurangan. Dari segi pangsa pasarpun berbeda. Misalnya, para pecinta gadget android yang sudah terbiasa dengan tampilan serta fitur android itu lebih memilih membeli android Samsung Galaxy Note 4, dan sebaliknya pun para pecinta gadget iOS lebih memilih iOS karena sudah terbiasa dengan tampilan dan fitur dari iOS tersebut.

Pada segment smartphone berlayar lebar, Samsung memang sudah lebih dulu meluncurkan banyak gadgetnya. Begitu juga Apple iPhone 6 yang baru saja di rilis kemarin menjadi tantangan untuk Samsung mengeluarkan Galaxy Note 4. Adapun beberapa perbandingan dari iPhone 6 dan Samsung Galaxy Note 4 diantaranya;

1. Dari Segi Body

Dari Segi Body

Untuk dari segi body iPhone 6 memiliki bahan aluminium sebagai pembungkus agar terkesan lebih minimalis. Sedangkan untuk Galaxy Note 4 sendiri memiliki frame berbahan dasar besi dan cukup berat.

 2. Dari Segi Software atau OS

Dari Segi Software

iPhone sudah terkenal dengan pengoperasian sistem dengan iOS, akan tetapi di produk iPhone 6 ini sudah beroperasi dengan iOS versi terbaru yaitu iOS 8. Sedangkan untuk Galaxy Note 4 beroperasi dengan sistem android terbaru yaitu Android 4.4 atau yang bisa disebut dengan Kit-Kat plus TouchWizz.

 3. Dari Segi Processor

Dari Segi Processor

Pada produk iPhone 6 ini menggunakan processor A8 with M8 Co-Processor, pastinya lebih tinggi daripada iPhone 5/5s. Kemudian untuk Galaxy Note 4 sendiri memiliki processor Octa-Core Qualcomm Snapdragon dengan potensi dua kecepatan pada 2,7 GHz dan 1,9 GHz dan pastinya juga lebih tinggi dari Galaxy Note 3 baik itu yang biasa ataupun yang Neo.

4. Dari Segi Layar

Dari Segi Layar

iPhone 6 keluar dengan dua versi, ada iPhone 6 dengan layar LCD 4,7 inch dan untuk iPhone 6 Plus berlayar LCD selebar 5,5 inch dengan resolusi HD (1080) pixel sudah cukup memuaskan dengan resolusi layar Apple yang dari dulu tidak pernah mengecewakan. Akan tetapi Galaxy Note 4 disini lebih unggul, dengan layar LCD sebesar 5,7 inch dan juga resolusi yang lebih tinggi daripada iPhone 6 ataupun iPhone 6 Plus, yakni (2560×1440) pixel ditambah lagi dengan display andalan Samsung jenis Quad HD Super AMOLED.

 5. Dari Segi Kamera

Dari segi Kamera

Dilihat dari segi kamera iPhone 6 beresolusi 8 MP untuk kamera belakang dan untuk kamera depan 1.2 MP. Standarisasi kamera Apple dari dulu, sudah terlihat memang sangat unggul. Apple pun mengklaim memiliki kelebihan ketika memproses elemen foto, seperti pengaturan cahaya, gangguan cahaya, dan fokus. Ini salah satu penyebab rendahnya megapixel yang tidak begitu menjadi masalah besar bagi Apple. Sedangkan Galaxy Note 4 memiliki kamera belakang 16 MP dan untuk kamera depannya 3,6 MP.

 6. Dari Segi Memori

Dari segi Memory

iPhone 6 memiliki pilihan memori internal 32 GB, 64 GB, dan 128 GB. Sayangnya produk Apple dari dulu tidak pernah menyediakan slot memori eksternal, ini menjadi bahan pertanyaan para pecinta iOS mengapa tidak disediakannya slot eksternal untuk produk iPhone. Untuk Galaxy Note 4 hanya punya kapasitas memori internal sebesar 32 GB, namun keunggulannya Galaxy Note 4 memiliki slot memori eksternal yang berkapasitas hingga 64 GB.

iPhone 6 In Box

Saat ini kedua smartphone tersebut sedang marak di pangsa pasar gadget dengan harga BM untuk iPhone 6 di banderol 13 Juta-an sedangkan untuk iPhone 6 plus dibanderol 20 Juta-an hamper setara dengan harga motor bahkan sudah bisa mendapatkan satu buah motor. Untuk Galaxy Note 4 sendiri dibanderol 8-9 Juta-an.

Kedua smartphone tersebut akan marak saat launching di Indonesia nanti. Dan ini menjadi persaingan untuk para pecinta gadget di kalangan premium atau high class. Kembali lagi kepada pengguna dan pembeli smartphone tersebut. Seperti biasanya orang-orang menggunakan smartphone karena kebutuhan pekerjaan yang bisa membuatnya menjadi fleksible.

Samsung Galaxy Note 4

Jadi tertarik mana Anda dengan Apple iPhone 6 atau Samsung Galaxy Note 4 dengan harga yang lumayan mencekam kantong? Tunggu harga peresmiannya saat launching di Indonesia nanti.


By

Leave a Reply