Wanita merupakan makhluk yang bisa dikatakan rumit. Kaum hawa memiliki berbagai perasaan yang bisa berubah hanya dengan sekejap mata. Saat ini baik, namun satu menit kemudian akan berubah menjadi marah. Begitu seterusnya.

Namun yang pasti, pria yang menjadi pasangannya dituntut untuk mengerti perasaan mereka. Jika saja pria tidak bisa mengerti perasaannya maka bersiaplah untuk menerima risiko dalam hubungan yang sedang dijalani.

Para pria mungkin belum paham kenapa wanita bisa berubah secara mendadak dalam hal perasaannya. Hal itu bisa dilandasi dengan ketidaktahuan pria kenapa mereka bisa seperti itu. Secara naluri, wanita kerap melakukan semuanya dengan nafsu.

Dengan alasan itulah mereka lebih sering menuruti nafsunya, ketimbang akan pikiran.

Berdasarkan fakta di lapangan, ketika wanita marah atau kesal itu tentu bisa disebabkan oleh banyak hal. Namun yang menjadi landasan utama adalah wanita bisa melakukannya dari hal yang dianggap sepele oleh pria.
Ingin tahu berbagai kejadian yang bisa membuat wanita mendadak marah?

Marilah kita simak paparan singkatnya dalam artikel berikut ini.

• PMS

Sifat Wanita yang Mudah Berubah, ternyata Disebabkan oleh Ini, lho 1

Wanita kerap didatangi tamu yang rutin datang setiap bulannya. Ya, haid yang rutin memang tidak bisa dihindari oleh kaum hawa. Kondisi itulah yang bisa membuat wanita mempunyai berbagai perasaan, selain rasa lemas tentunya.

Di luar kejadian itu, ada masa ketika mereka akan memasuki masa haid. Masa tersebut dinamakan dengan Pre Menstruasi Sindrom atau lebih dikenal dengan PMS.

Masa PMS adalah masa-masa yang bisa dikatakan paling panas. Menurut mereka, masa itu akan membuat perasaan mereka menjadi lebih sensitif. Dengan kondisi seperti itu, sedikit saja mereka tersinggung maka akan dengan cepat meledak emosinya.

Hal inilah yang sering dihindari oleh sebagian besar wanita. Kaum adam menilai kondisi seperti itu memang cukup rawan sehingga mereka lebih memilih mencari aman.

Cara terbaik untuk pria adalah menjaga suasana agar tetap nyaman. Jangan sekali-sekali membuat mereka tersinggung jika tidak hubungan kamu berisiko.

• Masakan yang gagal

Sifat Wanita yang Mudah Berubah, ternyata Disebabkan oleh Ini, lho 7

Memasak merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan oleh wanita. Meskipun itu juga sering ditekuni oleh kaum adam. Dengan memasak, kaum hawa bisa mempunyai kebanggaan yang bisa diperlihatkan kepada banyak orang, khususnya pasangannya. Bahkan kemampuan memasak itu ada yang diperolehnya secara turun temurun atau melalui otodidak.

Namun hal yang bisa membuat mereka marah dengan memasak adalah ketika masakan yang mereka buat gagal total. Setelah bersemangat mengikuti resep dari berbagai referensi, tetapi ternyata hasil akhirnya tidak sesuai angan-angan. Hal inilah yang dapat membuat mereka hilang semangat secara seketika.

Dikarenakan memasak merupakan aktivitas yang bisa membuat bangga pasangan, namun ketika semua itu tidak mencapai target, semua seolah-olah sirna. Peran kita sebagai pasangannya adalah membuatnya kembali bergairah untuk beraktivitas di dapur.

• Suami tidak makan di rumah

Sifat Wanita yang Mudah Berubah, ternyata Disebabkan oleh Ini, lho 2

Istri yang baik tentu saja yang bisa membahagiakan suami. Mereka bisa melayani suaminya dari berbagai sisi, termasuk dengan memberinya makanan kesukaan suami. Hal tersebut sering dilakukan istri, bahkan dengan berjuang untuk belajar memasak, sekalipun mereka tidak bisa memasak.

Akan tetapi, satu hal yang bisa membuat mereka jengkel dan kesal adalah ketika suami tidak makan di rumah. Saat istri telah berjuang belajar hingga akhirnya menyediakan makanan spesial, namun suami memberitahu bahwa dia ada jadwal makan di luar. Hal tersebut akan membuat hati istri remuk. Seolah-olah perjuangan mereka tidak bisa dihargai.

Selarut apa pun jadwal pulang kerja suami, alangkah baiknya untuk selalu menyempatkan makan di rumah. Hal inilah yang akan menjalin keharmonisan pasangan suami istri.

• Suami jujur terhadap masakan istri yang kurang enak

Sifat Wanita yang Mudah Berubah, ternyata Disebabkan oleh Ini, lho 3

Pasangan yang baru menikah tentu semuanya masih dalam taraf pembelajaran, tidak terkecuali dengan masakan. Rata-rata istri yang belum bisa memasak, namun memiliki keiginan kuat untuk belajar sering menemui kegagalan. Sebagai contoh adalah ketika masakan mereka terlalu asin.

Di saat istri memasak makana untuk suami, tentu mereka berharap masakannya akan dimakan dan habis. Dengan kondisi itulah mereka akan senang dan bangga. Akan tetapi, tidak jarang suami bersikap terlalu jujur terhadap rasa masakan istri. Enak jika memang enak dan tidak enak jika memang tidak enak.

Kejujuran dalam suatu hubungan memang diperlukan. Namun sedikit kebohongan untuk menjaga hubungan agar tetap kondusif rasanya tidak mengapa dilakukan. Hal hal itu harus dilakukan dengan penuh kelembutan.

• Dompet tipis

Sifat Wanita yang Mudah Berubah, ternyata Disebabkan oleh Ini, lho 4

Tidak dapat dipungkiri bahwa keadaan ekonomi bisa memicu emosi meningkat. Ketika semua keinginan tidak bisa terpenuhi gara-gara tidak stabilnya keadaan ekonomi, itu akan membuat pasanagn suami istri bertengkar. Hal itu pulalah yang bisa dialami oleh sang istri.

Dompet yang sedang dalam keadaan tipis mengharuskan mereka menekan segala bentuk keinginan. Ketika hal itu terjadi, sedikit singgungan saja bisa membuat mereka emosi. Jika suami tidak pintar mengatur suasana, bukan tidak mungkin suami akan menjadi sasaran kemarahan para istri.

Ada baiknya hal ini dibicarakan dengan suasana yang nyaman. Buat para istri mengerti dengan keadaan ekonominya. Ingatlah bahwa bumi akan selalu berputar, kadang di atas, tapi kadang juga di bawah.

• Telah dimarahi atasannya di kantor

Sifat Wanita yang Mudah Berubah, ternyata Disebabkan oleh Ini, lho 5

Istri yang sebelum menikah biasanya mempunyai dua pilihan dalam keseharianya, yakni menjadi ibu rumah tangga atau menjadi wanita karier. Khusus untuk wanita kerier, tentu mereka mempunyai kahidupan lain di kantor. Yang namanya kantor tentu ada banyak hal yang bisa menjadi tekanan terhadap dirinya. Salah satunya dari atasan.

Jika istri tidak mencapai target yang diinginkan oleh atasannya atau ada kesalahan bisa saja membuat atasan marah. Hal itu biasanya akan membekas di hati istri. Bahkan pekerjaannya bisa menjadi kacau balau hingga waktu pulang tiba.

Hal yang lebih paraj adalah jika semua kejadian di kantor itu terbawa ke dalam rumah. Tidak jarang istri yang masih memendam rasa kesal karena dimarahi atasannya. Akibatnya mereka akan melampiasan kekesalannya itu kepada suami atau anak-anak.

Tentu hal itu tidak suami harapkan, bukan? Untuk mengansitipasinya, buatlah perjanjian dengan istri yang ingin bekerja, bahwa urusan di kantor jangan sampai dibawa ke rumah.

• Suami tidak mengangkat telepon

Sifat Wanita yang Mudah Berubah, ternyata Disebabkan oleh Ini, lho 6

Perangkat ponsel sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa terpisahkan dari manusia, termasuk pasangan suami istri. Dengan ponsel pulalah berbagai berita dan keadaan bisa disampaikan dengan mudah. Namun apa jadinya jika suatu berita yang ingin disampaikan, tetapi terasa sulit tatkala telepon tidak diangkat? Jawabannya adalah kemarahan.

Ya, kondisi itu akan terjadi jika istri menelepon suami, tapi tidak diangkat oleh suami. Mungkin ada berita yang ingin disampaikan atau hanya sekadar ingin tahu keberadaannya. Ketika harapan mereka terhadap suami itu tidak bisa terlaksana, bukan tidak mungkin amarah istri akan memuncak.

Seperti bahasan di awal bahwa wanita sering melakukan semuanya atas dasar nafsu, begitu juga dengan menelepon suaminya. Ketika telepon tersebut tidak diangkatnya, mereka jarang berpikir terhadap hal lainnya.

Mungkin saja si suami sedang melakukan sesuatu yang penting atau hal lainnya yang tidak memungkinkan untuk mengangkat ponsel.
Sekadar saran, jika hal itu terjadi maka dengan segeralah mengabarinya. Berkata dengan sejujurnya adalah obat yang bisa meredam amarah dan kekesalan istri.

Itulah sejumlah kejadian yang bisa membuat wanita mengubah sifatnya dengan sekejap. Apa pun yang terjadi, ingatlah selalu bahwa itu adalah istri kamu. Seorang manusia yang harus disayangi dan diperhatikan.