Sobat, Janganlah Bangga dengan 6 Hal Ini!

Manusia memiliki anugerah dalam sebuah otak yang diberikan oleh Tuhannya. Dengan adanya otak tersebut bisa membuat manusia melakukan apa saja, hingga menggapai suatu yang tidak mungkin digapai. Dengan begitu, itu akan membuat manusia merasa berbangga terhadap apa yang telah dilakukannya. Dengan keberhasilannya itu juga dapar membuat manusia memiliki dua sisi.

Dengan apa yang telah dilakukan oleh manusia terkait keberhasilannya itu, sifat manusia akan diuji oleh Tuhan. Pada satu sisi manusia akan menjadi mahkluk yang berhati mulia karena telah berhasil menggapai tujuannya. Dengan begitu, dia berhasil menciptakan sesuatu yang baru untuk kehidupannya, serta kehidupan makhluk lainnya.

Namun tidak sedikit juga yang pada akhirnya mempunyai sifat sombong. Dengan apa yang telah dilakukannya itu, dia akan menjadi besar hati seolah-olah dia merasa hebat. Banyak yang bisa dibanggakan ketika itu terjadi. Seiring dengan berbagai pujian dari masyarakat luas, itu akan menjadikan kepalanya semakin besar.

Di antara kejadian tersebut, bisa disimpulkan bahwa manusia tidak perlu berbangga dengan hal-hal yang telah diraih atau diciptakannya. Namun, hal apa sajakah yang tidak perlu manusia banggakan sehingga itu merasa sangat perlu dilakukan?

Untuk mengetahui jawabanya, marilah kita simak ulasannya dalam artikel berikut ini.

• Pasangan yang rupawan

Sobat, Janganlah Bangga dengan 6 Hal Ini 1

Siapa yang tidak senang jika mempunyai pasangan yang rupawan? Tentu saja jawabannya adalah semua orang menginginkan pasangan yang rupawan. Hal itu menjadi sangat lumrah karena manusia yang normal tentunya menginginkan hal tersebut. Dengan mempunyai pasangan yang rupawan, kita akan merasa lebih percaya diri ke manapun kita pergi. Bahkan ketika berkenalan dengan orang baru sekalipun, kita tidak akan menjadi canggung.

Namun tidak jarang dengan mempunyai pasangan yang rupawan itu akan membuat kita menjadi lupa diri. Seolah-olah dunia ini hanya milik berdua saja. Kebanggan tersebut akan berubah menjadi kesombongan karena yang rupawan tersebut belum tentu orang lain miliki. Tidak jarang juga kita akan bersifat pamer dengan pasangan yang kita miliki saat ini.

Sobat, Janganlah Bangga dengan 6 Hal Ini 2

Akan tetapi, apakah kita tidak tahu bahwa itu hanya akan berlangsung selama 10-20 tahun saja? Ya, penampilan yang rupawan tentu saja berkaitan dengan fisik. Seperti yang kita tahu bahwa fisik tidak selamanya bersifat abadi. Fisik semakin lama akan semakin menua. Hal tersebut tentu saja tidak akan bisa dibendung oleh kita sebagai manusia. Pasangan yang rupawan adalah anugerah dan tidak sepatutnya dibanggakan.

• Rumah mewah

Rumah merupakan tempat yang difungsikan untuk memberikan perlindungan, baik itu dari panas atau hujan. Dengan adanya rumah, kita sebagai manusia yang tinggal di dalamnya akan merasa aman. Untuk itu, kehadiran rumah yang akan membuat kita aman tentu saja harus layak huni. Sifat layak huni tersebut tentu bisa diartikan dalam beberapa pemahaman, baik kecil, sederhana, hingga mewah.

Sobat, Janganlah Bangga dengan 6 Hal Ini 3

Dengan mempunyai rumah yang mewah, rata-rata itu akan membuat hidup dan perlindungan yang diberikan oleh rumah akan maksimal. Dengan atap yang kokoh, tembok yang kuat, serta taman yang bisa memanjakan mata itu akan membuat kita betah. Namun tidak jarang rumah yang mewah tersebut sering membuat kita menjadi lupa diri. Kita sering memamerkan kemewahan tempat tinggal tersebut kepada orang banyak.

Seperti halnya fisik, kondisi rumahpun tidak akan kokoh selamanya. Dengan bangunan yang besar sekalipun, umur rumah tidak akan terbantahkan. Selain itu, dengan berbagai ujian musibah, seperti kebakaran, kebanjiran, atau gempa bumi itu akan membuat rumah mewah tersebut menjadi tidak berguna. Ketika semua kebanggan dalam bentuk rmah mewah tersebut terjadi, sesungguhnya itu tidak diperlukan. Rumah sendiri tidak akan awet dan abadi.

• Kendaraan bagus

Kendaraan diperlukan untuk menunjang berbagai aktivitas. Dengan adanya kendaraan pribadi itu akan memudahkan kita dalam mobilisasi. Dengannya kita tidak perlu menunggu lamanya angkutan umum. Ada berbagai kemudahan yang bisa didapat jika kita memiliki kendaraan pribadi. Selain itu, kepemilikan kendaraan pun bisa didasari oleh hasil jerih payah selama bertahun-tahun sehingga pantas berbangga.

Sobat, Janganlah Bangga dengan 6 Hal Ini 4

Dengan semua yang dilakukan tersebut, manusia sedianya merasa bahwa bangga itu layak dilakukan. Setelah sekian lama menabung untuk membeli kendaraan mewah yang bagus, kita pun tertarik untuk memamerkannya. Tidak jarang kepemilikan mobil mewah tersebut juga dilakukan dengan alasan koleksi.

Jangan bangga terhadap mobil dan koleksi mobil mewah tersebut. Mobil yang kita miliki bisa sewaktu-waktu terkena musibah tanpa kita sadari. Banyak musibah yang mengincar, di antaranya pencurian, tabrakan, hingga kejadian yang diakibatkan oleh alam. Ketika sudah begitu, apa yang bisa kita banggakan ketika benda mewah tersebut berubah menjadi barang tidak berguna. Mobil mewah hanyalah sebuah benda yang bisa rusak.

• Jabatan yang tinggi

Siapa yang tidak ingin mempunyai sebuah atau beberapa jabatan yang tinggi? Berbagai jabatan, seperti direktur, menteri, manajer, dan lainnya tentu saja sangat menggiurkan. Bagaimana tidak, dengan jabatan tersebut itu akan memudahkan banyak hal. Katakanlah uang mudah akan didapat, liburan ke luar negeri pun bisa didapat, hingga hidup yang serba melimpah bisa dimiliki. Banyak orang yang mengincar posisi ini.

Sobat, Janganlah Bangga dengan 6 Hal Ini 5

Namun tidak jarang dengan adanya jabatan ini bisa membuat kita sebagai manusia menjadi pelupa. Kita lebih sering bangga dengan jabatan ini sehingga merasa diri kita besar. Kita ingin diperlakukan secara istimewa dan diperlakukan dengan spesial. Selain itu, kita pun ingin dipandang lebih oleh orang sekitar.

Justru di sanalah letak kesalahan yang kita lakukan. Dengan mendewakan jabatan yang tinggi tersebut, itu hanya akan membuat kita menjadi jatuh. Jabatan bisa menjadi bom waktu yang akan meledak dengan kekuatan yang besar. Jika kita tidak bisa menggunakannya dengan sebaik mungkin, kita hanya akan menjadi manusia yang rendah karena diperbudak jabatan. Ingatlah bahwa bumi ini terus berputar dan roda kehidupan bisa terjadi kepada kita.

• Kepintaran

Banyak ilmuwan pada masa lampau yang menciptakan banyak hal atau benda. Bahkan semua itu masih kita pakai pada saat ini. Di samping itu, pada era modern juga banyak ilmuwan yang menyempurnakan kepintaran yang dilakukan oleh para ilmuwa masa lampau. Dengan otak yang cemerlang, kita bisa membuat apa saja, bahkan yang tidak mungkin sekalipun.

Sobat, Janganlah Bangga dengan 6 Hal Ini 6

Kepintaran merupakan sebuah anugerah yang diberikan oleh-Nya. Untuk itu, sejatinya bisa digunakan dengan sebaik mungkin dalam menciptakan sesuatu yang bermanfaat. Namun kini banyak yang memanfaatkan kepintaran tersebut untuk melakukan banyak hal yang bisa menguntungkan pribadi tersebut. Mereka lebih sering bangga karena dapat memperkaya dirinya sendiri.

Namun yang harus diingat adalah bahwa kita tidak selamanya seperti itu. Kita yang tadinya pintar, dikarenakan ada kejadian di luar dugaan sehingga kepintaran tersebut hilang. Bahkan tidak mungkin kita akan membutuhkan bantuan orang lain.

• Jiwa raga dalam diri yang bagus

Manusia merupakan makhluk ciptaan-Nya yang sangat sempurna. Banyak keindahan yang dimiliki oleh manusia. Cantik dan tampan adalah salah satu yang sering menjadi dambaan setiap orang. Kita dapat setiap saat tersenyum dengan apa yang kita miliki dari fisik tersebut.

Sobat, Janganlah Bangga dengan 6 Hal Ini 7

Dengan kesempurnaan yang dimiliki tersebut, tidak jarang membuat kita terlena. Kita sering meremehkan orang lain dengan ketidaksempurnaan yang dimilikinya. Dengan begitu, kita akan menjadi orang yang tinggi hati.
Tidak sepantasnya kita berbuat demikian.

Kesempurnaan yang kita miliki sudah seharusnya biasa dimanfaatkan. Tidak perlu meremehkan kekurangan orang lain karena bukan tidak mungkin kita pun dapat seperti mereka. Apa jadinya jika posisi kita bergatian dengan mereka yang memiliki kekurangan?

Nah, itulah sejumlah hal yang tidak perlu kita banggakan. Semua itu tidak akan bersifat abadi dan bisa saja musnah dengan kehendak-Nya. Hanya ras syukurlah yang bisa memberikan ketenangan. Jadi, apakah kita sudah bersyukur dengan apa yang kita miliki saat ini?

Leave a Comment