Sign In

Remember Me

Taman Satwa Cikembulan – Tempat Wisata Bernuansa Alam

Taman Satwa Cikembulan – Tempat Wisata Bernuansa Alam

Buat orang di luar Kota Garut mungkin masih asing dengan Taman Satwa Cikembulan. Taman Satwa Cikembulan ini bisa dibilang hampir sama dengan Kebun Binatang.

Meski mirip kebun binatang, namun bukan berarti kita bisa menyebutnya sebagai kebun binatang. Karena pada kenyataannya, kebun binatang dan Taman Satwa itu berbeda.

Monyet

Monyet | Foto : mulihkagarut.wordpress.com

Lalu, apa yang membedakan Taman Satwa Cikembulan dengan kebun binatang. Perbedaannya adalah di Taman Satwa Cikembulan ini tidak memelihara hewan-hewan bertubuh besar, seperti gajah dan jerapah.

Kenapa tidak ada gajah dan jerapah? Maklum saja, awalnya hewan-hewan ini hanya dijadikan untuk koleksi si empunya. Namun kini, tempat itu dibuka menjadi tempat wisata yang diberi nama Taman Satwa Cikembulan.

Menarik, Namun Terpencil

Harimau

Harimau | Foto : riparhand.blogspot.com

Kalau melihat suasana dalamnya, Taman Satwa Cikembulan ini jauh lebih menarik dibandingkan kebun binatang. Namun sayang, menariknya Taman Cikembulan belum diketahui banyak orang.

Iya mungkin orang-orang yang tinggal di Kota Garut sudah tahu, atau bahkan pernah datang ke Taman Satwa Cikembulan. Tapi bagaimana dengan orang-orang di luar Kota Garut?

Orang-orang di luar Kota Garut mungkin hanya mengenal tempat wisata di Garut. Seperti Kampung Sampireun, Situ Bagendit, Candi Cangkuang, Tempat Pemandian Air Panas, dan lain-lain.

Padahal masih banyak tempat wisata lainnya yang menarik di Garut, contohnya Taman Satwa Cikembulan. Namun sayang, lokasinya ada di desa terpencil di Kadungora.

Meski lokasinya di desa terpencil, namun satwa yang ada di tempat wisata ini cukup banyak. Setidaknya ada 156 satwa dari 40 spesies, cukup banyak bukan?

Murah, Tapi Nyaman Kok

ATV

ATV | Foto : abdeekusnadiblog.blogspot.com

Untuk bisa masuk dan menikmati segala fasilitas yang ada di Taman Cikembulan ini tidaklah mahal. Tarifnya untuk dewasa 10 ribu, sedangkan anak-anak hanya 5 ribu.

Meski murah, bukan berarti fasilitasnya murahan, melainkan memuaskan. Yups, ada beragam wahana menarik yang ada di Taman Cikembulan ini.

Di antaranya adalah bebek air, motor atv, dan mobil mini. Tak heran, jika akhirnya banyak orang yang memilih Taman Satwa Cikembulan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga tercinta.

Selain tersedia wahana permainan anak, bagi para bapak-bapak yang hobi memancing juga ada wahana pemancingan. Dengan begitu, selagi sang istri menemani anak bermain, bapak bisa menunggu di tempat pemancingan.

Apa Keunggulannya?

Pemandangan

Pemandangan | Foto : garutnews.com

Keunggulan dari Taman Satwa Cikembulan ini adalah dari suasananya. Suasana di taman satwa ini sangat sejuk, karena dikelilingi oleh hamparan persawahan penduduk sekitar.

Selain itu, taman satwa juga menyediakan tempat penginapan bagi para wisatawan yang berkunjung. Dan dari tempat penginapan tersebut mata akan dimanjakan dengan pesona keindahan Gunung Haruman.

Bisa dibilang, Taman Satwa Cikembulan kental akan nuansa alam pedesaan yang sulit ditemukan di kota. Nuansa pedesaan yang masih sejuk dan asri.

Hati Senang, Perut Kenyang

Suasana Taman Wisata Cikembulan

Suasana Taman Wisata Cikembulan | Foto : gopixpic.com

Hati senang sudah bisa menikmati segala fasilitas dan panorama indah di Taman Satwa Cikembulan. Tapi rasanya belum lengkap jika tidak menikmati kulinernya.

Iya, sama seperti tempat wisata lainnya, Taman Wisata Cikembulan ini juga menyediakan tempat makan dengan beragam menu. Semua menunya dijamin menggoyang lidah.

Meski menonjolkan nuansa pedesaaan, menu makanan yang tersedia tak melulu masakan sunda, tapi ada juga makanan barat. Tinggal sesuaikan saja dengan selera lidah.

Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda | Foto : news.detik.com

Tapi rasanya, jika berkunjung ke Taman Satwa Cikembulan lebih cocok menikmati masakan khas Sunda. Nasi hangat, sambel, asin, tahu, tempe, lalapan, ayam goreng, itu sudah cukup nikmat.

Selain menu makanannya yang menggoda, tempat makannya juga nyaman. Karena dari awal memang konsepnya pedesaan, jadi jangan kira tempat makannya ala restoran atau kafe.

Tempat makannya adalah saung dari bambu yang sengaja dibuat di kelilingi pepohonan rindang. Tujuannya tak lain untuk memberikan nuansa sejuk.
Selain itu, ada juga saung yang sengaja dibuat di pinggir kolam. Jadi, selagi makan kita bisa melihat beragam ikan di kolam tersebut.

Keunikannya itu……

Miniatur Kapal Titanic

Miniatur Kapal Titanic | Foto : garutnews.com

Unik bukan hanya dari konsepnya yang kental dengan nuansa pedesaan, melainkan juga dengan hewan-hewan. Iya, ada beberapa hewan yang sengaja dibiarkan bebas di luar kandang.

Tak perlu khawatir, hewan-hewan yang dibiarkan bebas tersebut tidak berbahaya. Seperi halnya ayam, bebek, trenggiling, dan lain-lain. Kalau macan dan buaya, gak usah ditanya, pasti didalam kandang.

Unik bukan? Mana ada coba kebun binatang yang membiarkan beberapa jenis hewan bebas. Enggak ada kan?

Selain itu, di Taman Wisata Cikembulan juga ada miniatur Titanic. Yaitu sebuah replika kapal besar yang di dalamnya terdapat jembatan bermain. Bedanya kalauTitanic di laut, kapal ini ada di atas tanah.

Jadi, tertarik untuk berkunjung ke Kota Garut dan berwisata di Taman Satwa Cikembulan? Yuk, ramai-ramai datang ke Taman Satwa Cikembulan!


By

Leave a Reply