Sign In

Remember Me

Museum Ullen Sentalu, I’m In Love

Museum Ullen Sentalu, I’m In Love

Satu lagi tempat wisata di Kota Jogjakarta yang tak kalah bagusnya dengan Candi Borobudur, ataupun dengan keraton Jogjakarta. Kali ini saya berkesempatan untuk datang langsung ke sebuah museum yang bertempat di  daerah Kaliurang Jogjkarta.

Saat saya menelusuri daerah Kaliurang Jogjakarta, saya menemukan tempat museum seni dan budaya Jawa, yang lebih terkenal dengan sebutan museum Ullen Sentalu.

Saat berkunjung ke Museum Ullen Sentalu Anda akan merasakan hawa yang sejuk karena tempat ini dikelilingi oleh hutan yang telah dikelola untuk tempat wisata. berkunjung ke tempat Museum ini Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp 30,000.

Untuk masuk ke museum ini sangat dibatasi, per 15 menit sekali boleh masuk sekitar 10-15 orang, dan tiap rombongannya akan ditemani oleh seorang guide museum. Oh iya, jangan coba-coba untuk memfoto barang yang ada di museum aau bernarsisi ria didalamnya karena pihak pengelola museum tidak mengizinkan pengunjungnya untuk mengaktifkan kamera atau kamera di handphone.

Akhirmya tiba giliran saya untuk masuk ke museum ulen sentalu, jujursaja saat masuk  saya langsung jatuh cinta, karena museum ini beda dengan yang lainnya. saat pintu besar dibuka kita harus melewati dlu sebuah ruang bawah tanah dimana kita akan menju tempat peninggalan budaya yang pertama, yaitu terdapatnya patung dewa, lukisan raja-raja Jogjakarta, & alat-alat kesenian traditional Jawa siwa serta penjelasan singkat dari guide tentang museum ullen sentalu.

Nama Ullen Sentalu merupakan singkatan dari bahasa Jawa: “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku” yang artinya adalah “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Filsafah ini diambil dari sebuah lampu minyak yang dipergunakan dalam pertunjukkan wayang kulit (blencong) yang merupakan cahaya yang selalu bergerak untuk mengarahkan dan menerangi perjalanan hidup kita. Museum ini didirikan oleh salah seorang bangsawan Yogyakarta yang dikenal sangat dekat dengan keluarga keraton Surakarta dan Yogyakarta. (Sumber Wikipedia)

Setelah mendapt penjelasn singkat dari guide kita akan mnelusuri sebuah lorang diaman kanan kirinya terdapat foto-foto para raja jogja dan Surakarta. Ternyata banyak yang say tidak ketahui tentang cerita raja di Indonesia terutama di Jogjakarta, penjelasan secara gamblang oleh guide membuat saya jatuh cinta pada tanah Jawa.

Setelah itu kita akan ada diperlihatkan pada peninggalan koleksi batik, cara mereka menenun  batik, sampai makan dari corak batik. semua ada makna yang tersirat didalamnya.

selepas kita mengelilingi museum tersebut di akhir tempat kita akan disuguhkan minuman jamu asli jamuan dari Jogjakarta yang rasanya begitu nikmat, hangat untuk badan.

Intinya di museum tersebut kita diajarkan untuk melestarikan budaya Indonesia, diberi wawasan bahwasanya buday dahulu mmeilki peran besar untuk kemajuan kebudayaan di masa kini. hanya kita sebagi penerus bangsa yang bisa melestarikannya.

Penasaran dengan cerita apa saja yang di sampaikan guide museum? silahkan berkunjung ke museum ulen sentalu, say jamin Anda akan cinta pada budaya Jawa.

 

 

 
 
 
 

Biarkan Jariku-jariku “menari” dalam sebuah irama kata yang tertuang dalam sebuah kertas putih suci untuk menuangakn semua keluh kesah , ide , gagasan .
Pekerja sosial, freelance writer

Leave a Reply