Sign In

Remember Me

Coming Soon! Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Coming Soon! Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Mungkin belum banyak yang tahu siapa dan seperti apa perjuangan seorang HOS Tjokroaminoto. Lantas, siapa itu HOS Tjokroaminoto itu?

Sebagian besar orang mungkin mengenal HOS Tjokroaminoto sebagai pahlawan pergerakan nasional karena namanya dipakai nama jalan. Nah, untuk memberikan pengetahuan atau gambaran kehidupan dan perjuangan Tjokroaminoto, Garin Nugroho menyajikan sebuah film yang bertajuk “Guru Bangsa: Tjokroaminoto.

Reza Rahardian sebagai Tjokroaminoto

Reza Rahardian sebagai Tjokroaminoto | Foto : bintang.com

Lagi, lagi, dan lagi, actor yang beruntung memerankan sebagai sosok pemeran utama (HOS Tjokroaminoto) adalah Reza Rahardian. Iya, dalam film ini Reza Rahadian berperan sebagai sosok pahlawan yang akrab dipanggil Tjokro.

Mungkin kita sudah bisa menebak-nebak isi film dilihat dari judulnya. Iya, film “Guru Bangsa: Tjokroaminoto ini mengisahkan tentang bagaimana perjuangan Tjokroaminoto dalam melawan penjajahan. Selain itu, Tjokroaminoto juga berjuang keras untuk menyamakan hak dan martabak masyarakat Indonesia.

Seperti yang kita tahu, film Tjokroaminoto bukanlah film pertama yang mengisahkan tentang pahlawan dan zaman-zaman penjajahan, melainkan sudah banyak film lainnya. Di antaranya adalah Tjoet Nja Dhien pada tahun 1986, Sang Pencerah pada tahun 2010, dan film Soekarno: Indonesia Merdeka pada tahun 2013 silam.

Peluncuran film “Guru Bangsa, Tjokroaminoto” sendiri bertepatan dengan momen pemilu. Dengan demikian, diharapkan menjadi media pembelajaran dalam segi sejarah dan politik. Karena seperti yang kita tahu, kontribusi pahlawan sangat besar untuk membawa Indonesia bisa merdeka hingga saat ini.

Film dengan tema perjuangan ini digarap oleh Garin Nugroho tidak main-main. Salah satunya dalam memilih para pemainnya. Dan setelah melewai proses casting yang ketat, akhirnya terpilihlah actor dan aktris terbaik.

Siapa saja pemainnya? Di antaranya adalah Reza Rahardian (Tjokroaminito), Putri Ayudya (Soeharsikin),  Christoffer Nelwan (Tjokro Muda), Christine Hakim (Mbok Tambeng), Sujiwo Tejo (Mangoensoemo), Maia Estianti (Ibu Mangoensoemo), Didi Petet (pak Haji Garut), Chelsea Islan (Stella), dan pemain pendukung lainnya.

Menariknya, Reza Rahardian dan Putri Ayudya diberi ruang untuk mengisi salah satu soundtrack dalam film “Guru Bangsa: Tjokroaminoto”. Dan ternyata tak disangka, selain apik bermain peran, keduanya juga dianugerahi suara yang merdu. Penasaran dengan sinopsisnya? Yuk simak ulasan singkat berikut.

Review Guru Bangsa : Tjokroaminoto

Mengisahkan tentang Indonesia memasuki babak baru yang mempengaruhi kehidupan masyarakatnya. Saat itu, kemiskinan sangat merajalela, sehingga rakyat Indonesia belum bisa mengenyam pendidikan dengan layak.

Saat kondisi Indonesia sedang carut marut, muncullah Oemar Said Tjokroaminoto (Tjokro). Tjokro terlahir dari golongan bangsawan Jawa. Tak heran jika Tjokro memiliki latar belakang keislaman yang sangat kuat. Melihat kondisi Indonesia yang kacau, Tjokro tak tinggal diam.

sarekat islam

sarekat islam | Foto : bintang.com

Tjokroaminoto dikenal sebagai sosok yang berhasil mengajak rakyat kecil, yang dulu tidak paham politik, menjadi terlibat dalam dunia politik melalui Sarekat Islam. Perjuangannya melahirkan banyak tokoh dan gerakan kebangsaan.

Tjokro yang dikenal mempunyai segudang keterampilan, jago silat, pintar, intelektual, dan selalu berpikir kritis. Tak ketinggalan, Tjokro juga dikenal sebagai orator ulung yang dengan mudah menyihir ribuan orang dari pidatonya.

Perjuangan Tjokroaminoto mendirikan organisasi Sarekat Islam tidak lain untuk menyamakan hak dan martabat rakyat Indonesia. memiliki pengauh besar dalam organisasi Sarekat Islam, tidak heran jika kediaman Tjokro diguankan sebagai tempat bertemunya tokoh-tokoh penting Indonesia.

Rumah Tjokro yang bertempat di Surabaya itu tidak megah, namun nyaman. Di kediaman yang sedehana itu, bukan hanya digunakan sebagai tempat tinggal dan pertemuan, melainkan juga untuk mengajar.

cuplikan adegan

cuplikan adegan | Foto : bintang.com

Iya, Suharsikin (istri Tjokro) dan Tjokro mempunyai banyak murid di rumahnya, salah satunya adalah presiden RI pertama, yaitu Ir. Soekarno. Tjokro berharap, meski nantinya mempunyai jalan perjuangan yang berbeda, namun semoga murid-muridnya mampu menjadikan bangsa Indonesia lebih sejahtera.

Nah, itu dia sedikit ulasan tentang film “Guru Bangsa: Tjokroaminoto”. Penasaran bagaimana serunya mengulas sosok Tjokroaminoto? Film ini serentak akan diputar di bioskop pada 9 April 2015. Yuk siap-siap nonton, dijamin gak akan rugi deh nonton film berkualitas yang disajikan secara apik.


By

Leave a Reply