Buah alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Buah yang tumbuhannya berasal dari Meksiko ini dipercaya memiliki rasa yang lezat, mengenyangkan, sekaligus memberikan banyak manfaat pada tubuh.

Buah alpukat atau avokado sendiri pada awalnya digunakan oleh masyarakat Suku Aztec di wilayah Meksiko dan Amerika Tengah, yang kemudian diperkenalkan oleh penduduk Spanyol yang datang ke wilayah mereka sehingga menjadi buah yang berkembang di hampir seluruh dunia.

Kamu yang pernah atau suka dengan buah yang satu ini pasti mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, kan? Daging buah alpukat sangat mudah dicerna dan memiliki kandungan energi yang tahan lama sehingga dengan mengonsumsi buah ini, maka kamu akan memiliki cadangan energi saat melakukan aktivitas yang relatif banyak dan termasuk sibuk.

Selain itu, buah alpukat juga memiliki kandungan gizi asam lemak tak jenuh yang bisa membantu memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh sehingga kamu juga bisa melakukan diet sehat dengan mengonsumsinya.

Kandungan Gizi Buah Alpukat

Berbagai kandungan gizi yang terdapat di dalam buah yang satu ini antara lain adalah vitamin A, B, C, E, protein, karbohidrat, lemak tak jenuh, asam folat, zat besi, fosfor, fiber, dan kalsium.

Kadar asam amino 18 yang terdapat di dalam jus alpukat akan memberikan nutrisi pada tubuh berupa protein yang mudah diserap sehingga tidak perlu waktu lama untuk bisa menyerap energinya di saat kamu merasa lapar atau membutuhkan tenaga.

Sementara itu, kandungan lemak tak jenuh yang ada di dalamnya angat bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah sehingga tubuh akan terhindar dari rangsangan radikal bebas pemicu berbagai penyakit seperti kanker, jantung, dan penuaan dini. Kandungan karotenoid juga terdapat di dalam buah alpukat sehingga kesehatan mata dan bagian tubuh lainnya akan tetap terjaga selama kamu mengonsumsi buah alpukat.

Kombinasi kandungan gizi vitamin C, E, karotenoid, selenium, seng, potosterol, dan omega 3 asam lemak yang terdapat di dalam jus alpukat sangat baik untuk menghindarkan tubuh dari berbagai macam jenis peradagangan yang biasa terjadi.

Dengan demikian, dapat disimpulkan jika Vitamin A yang terdapat dalam buah alpukat ini sangat baik untuk kesehatan kulit dan mata, Vitamin B yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh, Vitamin C di dalamnya sangat baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh, dan Vitamin E di dalamnya sangat baik untuk merawat kesehatan kulit.

Berbagai macam gangguan kesehatan pada tubuh akan bisa dihindari dengan mengonsumsi buah alpukat secara rutin, baik dengan cara dijus, dicampur dengan menggunakan bahan makanan lainnya, maupun denga mengonsumsi daging buahnya secara langsung. Apalagi, di dalam buah alpukat juga terdapat antioksidan yang membuatmu akan tampak lebih muda.

Kamu yang punya masalah dengan penyakit anemia, bisa mengatasi penyakit tersebut dengan mengonsumsi buah alpukat. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat besi di dalamnya yang mampu meregenerasi hemoglobin dalam sel darah merah sehingga kamu akan terhindar dari kekurangan darah.

Jadi, jangan ragu lagi untuk mengonsumsi buah lezat yang satu ini ya! Selain rasanya enak dan bisa dijadikan sebagai bahan masakan berbagai jenis menu makanan, kamu juga bisa mendapatkan khassiat yang sangat banyak dari buah ini. Selamat makan buah alpukat!