Sign In

Remember Me

Pecinta Kuliner Sejati? Yuk Icip Kuliner Khas Jogja Berikut!

Pecinta Kuliner Sejati? Yuk Icip Kuliner Khas Jogja Berikut!

Berburu kuliner di Indonesia memang tidak ada habisnya. Nah, kini saatnya kita melipir dulu ke Kota Yogyakarta. Apa saja sih kuliner khas Jogja yang terkenal? Yuk kita intip sekalian cicip-cicip.

1. Gudeg

Gudeg Jogja

Gudeg Jogja | Foto :kuliner123(com)

Berbicara soal kuliner Jogja, tentu tidak akan terlepas dari yang namanya Gudeg. Iya, Gudeg sudah sangat melegenda di Kota Yogyakarta. Kalau ke Jogja belum coba Gudeg, rasanya belum lengkap.

Apa itu Gudeg? Gudeg merupakan olahan khas Jogja yang tebuat dari nangka muda yang diberi bumbu kuah santan. Bagaimana rasanya? Gudeg ini menghadirkan perpaduan rasa manis dan gurih yang pas.

Gudeg lebih nikmat lagi jika disantap bersama nasi hangat, telur, tahu, sambal krecek, suwiran ayam, dan lain-lain. dan sebenarnya, ada 3 jenis gudeg, yaitu gudeg basah, gudeg kering, dan gudeg manggar.

Gudeg basah dibuat berkuah dan warnanya lebih pekat, sedangkan gudeng kering dimasak lebih lama, sehingga agak kering. Sementara itu, fudeng manggar dibuat dari bunga kelapa. Nah tertarik mencicipi beragam jenis gudeg Jogja? Yuk datang ke Jogja, Anda bisa menikmati santapan lezat ini dengan harga 10 ribu sampai 15 ribu per porsi.

2. Oseng Mercon

Oseng Mercon

Oseng Mercon | Foto : bobafa.besaba (com)

Suka pedas? Nah, kuliner Jogja satu ini wajib Anda coba, yakni oseng mercon. Namanya mungkin terdengar unik, namun bagaimana dengan rasanya?

Oseng mercon merupakan tumis tetelan sapi yang dimasak dengan cabai rawit. Cabai rawit inilah yang membuat oseng mercon kental dengan rasa pedas.

Kuliner Jogja ini lebih enak lagi jika disantap dengan nasi hangat dan taburan bawang goreng diatasnya. Nah, jika tertarik untuk mencicipi kuliner satu ini, datang saja ke Jalan Ahman Dahlan, Yogyakarta. Karena di kawasan tersebut terkenal dengan oseng mercon yang paling nikmat.

Bagaimana dengan harganya? Tak perlu khawatir, untuk satu porsi oseng mercon Anda hanya perlu membayar 8 ribu sampai 13 ribu rupiah saja.

3. Sate Klathak

Sate Klathak

Sate Klathak | Foto : pengenliburan (com)

Selain dikenal dengan Gudeg, Jogja juga mempunyai kuliner unik lainnya, yaitu sate klathak. Sate klathak yang paling terkenal di Yogyakarta adalah sate Pak Pong yang terletak di kawasan Imogiri.

Lalu, kenapa disebut sate klathak? Hal ini dikarenakan, saat memanggang satenya berbunyi thak thak thak. Uniknya lagi, sate ini ditusuk bukan dengan tusukan sate biasa, melainkan menggunakan besi.

Disamping itu, sate ini tidak diberi bumbu kacang atau kecap, melainkan hanya garam. Meski hanya dibumbui garam, namun rasanya justru sangat nikmat, sehingga membuat pengunjung ketagihan. Untuk menikmati seporsi sate klathak ini Anda cukup membayar 12 ribu sampai 20 ribu rupiah saja.

4. Sego Pecel

sego pecel

Sego Pecel | Foto : sambelpecelharum.wordpress (com)

Sego pecel adalah kuliner khas Jogja lainnya yang wajib Anda coba. Dari segi penyajian, sego pecel terdiri dari nsi, sayur pecel, sambal pecel, dan gorengan. Santapan ini cocok untuk menu sarapan.

Sego pecel yang terkenal di Jogja adalah sego pecel yang ada di kawasan UGM. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, cukup 9 ribu rupiah santapan lezat ini bisa Anda cicipi.

5. Brongkos

Brongkos

Brongkos | Foto : masakanlezat (com)

Sudah pernahkah mencicipi Brongkos? Brongkos merupakan makanan kesukaan Sultan Hamengku X. Sayur brongkos ini terdiri dari kacang tolo, kulit melinjo, daging sapi, tahu, dan kuah santan kental.

Brongkos semakin nikmat jika disantap dengan nasi hangat. Dan brongkos yang terkenal di Jogja adalah brongkos Bu Padmi di bawah jembatan Krasak, Sleman. Harga seporsi brongkos sekitar 13 ribu rupiah.

Bagaimana tertarik dengan kuliner khas Jogja di atas? Tunggu apalagi, yuk berburu kuliner Jogja yang nikmat dan murah meriah.


By

Leave a Reply