Sign In

Remember Me

Santap Mie Instan yang Sehat, Hati Senang Perut Kenyang!

Santap Mie Instan yang Sehat, Hati Senang Perut Kenyang!

Siapa disini yang suka mie instan? Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia suka mie instan. Bahkan tak jarang, mie instan dijadikan sebagai makanan rutin setiap harinya. Lalu, bagaiman tips menyantap mie instan yang sehat?

Mie Instan

mie

Mie Instan | Foto : kaskuscoid

Seperti yang kita ketahui, di zaman yang modern ini segalanya serba instan, termasuk soal makanan. Tak terkecuali mie instan. Tak jarang, mie instan justru dijadikan sebagai pengganti lauk pauk.

Beragam varian rasa mie instan yang ditawarkan memang menggugah selera. Tak heran, jika banyak orang yang sengaja menyediakan mie instan dalam jumlah banyak di rumahnya.

Namun tahukah kamu, kalau mie instan itu tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan? Apa alasannya? Hal ini dikarenakan, pada mie instan mengandung banyak MSG dan natrium. MSG dan natrium yang berlebih tidak baik untuk kesehatan.

Tapi yang namanya sudah terbiasa, pasti sulit untuk meninggalkan kebiasaan makan mie instan. Untuk itu, kita harus bijak dalam mengonsumsi mie instan.

Lantas bagaimana caranya? Yuk intip tips menyajikan mie instan yang sehat dan jauh dari bahaya!

1. Kurangi Bumbu

Kurangi Bumbu

Kurangi Bumbu | Foto : hipwee com

Yang membuat mie instan ini ketagihan adalah dari bumbunya. Namun tak bisa dipungkiri, kandungan MSG dan garam yang menggugah selera pada mue instan. Untuk itu, saat mengonsumsi mie instan, sebaiknya kurangi penggunaan bumbunya. Atau kalau bisa, jangan memakai bumbu mie instan.

Anda bisa mengganti bumbu mie instan dengan racikan sendiri. Misalnya dengan menghaluskan bawang purih yang diberi merica, garam, kecap, gula, dan bumbu lainnya. Mungkin rasanya tidak seenak bumbu mie instan, namun pastinya ini lebih sehat.

2. Kematangan Mie

cara masak mie

Cara Masak Mie | Foto : tanjungherbal(com)

Mengonsumsi mie instan bukan hanya dimasak, melainkan juga dimakan langsung. Biasanya, orang-orang suka memakan mie instan dengan cara meremukkannya terlebih dahulu. Setelah itu campurkan mie dengan bumbunya.

Nah, perlu diketahui, mengonsumsi mie instan secara langsung itu tidak sehat. Proses mencerna mie instan kering membutuhkan waktu yang lama. Hal ini dikarenakan tekturnya tidak mudah untuk dicerna.

Untuk itu, sebaiknya mengonsumsi mie instan yang benar-benar matang. Pastikan memasak mie instan sesuai dengan cara penyajiannya. Takar air dan waktunya dengan tepat, agart mie matang secara sempurna.

Bagi sebagian orang yang gemar mengonsumsi mie instan biasanya sebelum dimakan, air rebusan dibuang terlebih dahulu dan diganti dengan air termos. Katanya, ini bertujuan untuk menngurangi bahaya pewarna dalam mie instan. Namun samapai saat ini belum ada penelitiannya. Tapi tak ada salahnya juga untuk mencoba.

3. Tambahkan Sayuran

Mie Sehat

Mie Sehat | Foto : nindrawatinoviwordpresscom

Meski dikatakan memiliki nutrisi yang cukup, namun sesungguhnya mie instan lebih banyak kandungan karbohidrat dibanding dengan gizi. Hal inilah yang akhirnya memberikan efek mengenyangkan setelah mengonsumsi mie instan.

Nah, untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh, tambahkan juga sayuran. Seperti halnya wortel, tomat, sawi, dan lain-lain. kemudian untuk protein, campurkan udang, daging ayam atau telur. Dengan begitu, mie instan yang dikonsumsi menjadi lebih sehat.

4. Batasi Jumlah Konsumsinya

Porsi Mie Instan

Porsi Mie Instan | Foto : fooddetik

Semakin sadar akan pentingnya kesehatan, semakin banyak orang yang mengurangi konsumsi mie instan. Memang sebaiknya, kita membatasi jumlah konsumsi mie instan. Hal ini dikarenakan, mie instan itu sulit untuk dicerna. Dengan begitu, kita membuat organ pencernaan bekerja berkali-kali lipat.

5. Jangan Mencampurkan Mie dengan Nasi

Mie + Nasi

Mie + Nasi | foto : herbalvit(com)

Mengonsumsi mie dengan nasi adalah hal yang tidak aneh bagi masyarakat Indonesia. Iya, meskipun mie instan sudah mengenyangkan, tapi jika tanpa nasi rasanya kurang lengkap.

Namun ternyata, mengonsumsi nasi bersama mie instan itu tidak baik untuk kesehatan. karena keduanya memiliki kandungan karbohidrat yang besar. Untuk itu, sebaiknya hindari mengonsumsi mie instan dengan nasi secara bersamaan.

Nah, itu dia tips mudah untuk menyantap mie instan yang sehat. Mari coba tipsnya!


By

Leave a Reply