Sign In

Remember Me

Menyulap Kata di Komunitas Penulis Puisi, Simsalabim Abrakadabra!

Menyulap Kata di Komunitas Penulis Puisi, Simsalabim Abrakadabra!

Merangkai kata demi kata menjadi suatu kalimat yang penuh makna tidaklah mudah. apalagi untuk merangkainya menjadi sebuah syair indah. Yuk, belajar menyulap kata menjadi syair di komunitas penulis puisi.

‘Magic’ Membuat Puisi di Komunitas Penulis Puisi

Siapa sih yang tidak kenal Chairil Anwar dan W.S. Rendra? Untuk menjadi penyair sekelas mereka, tidaklah mudah. Perlu perjuangan dan pengorbanan yang besar. Terutama dalam berlatih membuat syair-syair puisi yang indah dan syahdu.

Berlatih membuat puisi bisa dimana saja dan kapan saja. Contohnya dengan bergabung di komunitas penulis puisi. Di komunitas ini, Anda bisa sharing ilmu dan pengalaman dalam membuat syair puisi.

Kunci utama menjadi penyair yang hebat adalah jangan pernah lelah untuk mencoba dan berlatih. Usaha yang keras tentu akan membuahkan hasil yang maksimal juga.

Nah, bagi Anda yang masih asing dengan syair menyair, tidak perlu khawatir. Di komunitas penulis puisi ini Anda bisa mendapatkan banyak informasi seputar puisi, termasuk cara pembuatannya.

Lantas, bagaimana langkah-langkah membuat puisi yang baik? Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Point pertama adalah memilih tema. Supaya bisa menghasilkan syair yang bagus, pilihlah tema yang paling Anda sukai. Dari sekian banyak tema, mungkin cinta menjadi favoritnya.

Nah, dari tema cinta, Anda tinggal pilih bagaimana alur cerita yang ingin diangkat dalam puisi tersebut. Entah bahagia, sedih, kasmaran, putus, kesetiaan, pengorbanan, dan lain-lain.

Point kedua adalah memilih kata yang tepat. Nilai penting dari setiap puisi adalah isi (kata-katanya). Oleh karena itu, pemilihan kata juga tak bisa sembarangan.

Misalkan kalimat “aku mencintaimu”. Kalimat ini bisa diganti lebih puitis menjadi, “hatiku tlah terpaut padamu”, contohnya. Kalau seperti itu terdengar lebih indah bukan.

Point ketiga adalah proses membangun suasana. Mungkin banyak yang mengira, membangun suasana hanya diperlukan untuk drama atau seni peran. Padahal untuk membuat puisi yang indah juga bergantung pada suasana yang tercipta didalamnya.

Nah, untuk membangun suasana, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya dengan teknik metafora, sinonim atau deskriptif. Dengan teknik-teknik seperti itu, rangkaian kata yang dihasilkan akan terkesan luar biasa.

Point yang terakhir adalah membuat puisi dengan hati. Apapun yang dibuat dari hati, pasti hasilnya akan maksimal. Begitu pula halnya dengan membuat puisi.

Bagaimana mudah bukan membuat puisi itu? Lebih mudah lagi, kalau sudah tahu seluk beluk tentang puisi. Misalnya dengan bergabung di komunitas penulis puisi.

Atau bisa juga bergabung menjadi anggota di komunitas penulispro.net. Mari bergabung dan menyulap kata bersama menjadi rangkaian kata yang menakjubkan.

By

Leave a Reply