Tak sedikit orang yang memandang remeh profesi sebagai penulis. Padahal kenyataannya, banyak orang yang kaya raya dari hasil menulis. Jadi tunggu apalagi, yuk gabung di komunitas penulis pemula.

Belajar di Komunitas Penulis Pemula

Kata siapa menjadi seorang penulis itu tiak menjamin kehidupan? Buktinya, tak sedikit penulis-penulis hebat yang berhasil meraup keuntungan besar dari hasil menulis.

Dan kini, banyak orang yang tertarik untuk terjun ke dunia tulis menulis. Karena belum memiliki pengalaman yang cukup, tak sedikit yang mengikuti kursus atau seminar menulis.

Namun pada dasarnya, kemampuan menulis itu tidak selalu harus melalui kursus atau seminar. Contohnya dengan bergabung ke dalam salah satu komunitas penulis. Misalnya bergabung menjadi bagian dari komunitas penulis pemula.

Komunitas penulis pemula merupakan wadah berkumpulnya orang-orang yang baru memulai karier dalam dunia tulis menulis. Berkumpul dengan orang yang mempunyai tujuan yang sama tentu menyenangkan.

Dengan begitu, kita bisa saling support dan berbagi ilmu dalam dunia tulis menulis. Karena seperti yang kita tahu, ilmu bukan hanya diperoleh dari buku, melainkan juga bisa berasal dari orang-orang di sekitar kita.

Nah, untuk menjadi seorang penulis yang professional, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti. Adapun tipsnya adalah sebagai berikut.

1. Baca, Baca, dan Baca

Membaca menjadi salah satu kunci terpenting yang harus dimiliki oleh seorang penulis. Untuk membuat tulisan yang menarik dan bagus tentu saja diperlukan banyak referensi.

Oleh karena itu, memilih buku bacaan juga tak boleh sembarangan. Hal ini dikarenakan, apa yang dibaca berpengaruh pada tulisan yang kita hasilkan nantinya.

2. Tentukan Pilihan Fiksi atau Non Fiksi

Ketika memutuskan untuk masuk Sekolah Menengah Kejuruan, Anda diharuskan untuk memilih jurusan apa yang hendak diambil. Hal ini juga berlaku pada dunia tulis menulis.

Seorang penulis pemula, juga harus bisa menentukan sikap untuk memilih genre tulisan, fiksi atau non fiksi. Genre tulisan biasanya bergantung pada karakter seseorang.

Misalkan, seseorang yang senang berimajinasi, tulisannya tak jauh seperti cerpen atau novel. Sementara itu, jika suka dengan hal-hal yang berbau ilmiah, lebih cocok tulisan non fiksi.

3. Berkolaborasi

Menulis buku bagi seorang penulis pemula tidaklah mudah. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mengajak penulis lain untuk berkolaborasi. Misalnya dengan rekan di komunitas penulis pemula.

Dengan berkolaborasi, Anda bisa saling berbagi ide tentang konsep menulis dan bagi-bagi tugas. Bisa dipastikan, kurang dari satu tahun, proyek menulis buku akan selesai dan naskah bisa langsung diterbitkan. Menyenangkan bukan?

Nah, jika bingung ingin mengajak siapa untuk berkolaborasi. Gabung saja di komunitas penulispro.net. Disini banyak penulis yang bisa Anda ajak untuk membuat karya bersama.