Menulis bukanlah hal yang sulit. Namun bagaimana halnya dengan menulis novel. Kali ini, komunitas penulis novel akan berbagi tips step by step untuk menjadi penulis novel handal.

Tips Menulis Novel dari Komunitas Penulis Novel

Untuk mencapai kesuksesan, kita harus melewati tahapan demi tahapan. Begitu pula halnya untuk menjadi penulis novel. Pada dasarnya, menjadi seorang penulis novel itu tidaklah sulit.

Modal untuk menjadi penulis tak mahal, cukup secarik kertas dan sebuah pena. Dan tentunya diperlukan keuletan untuk mengasah kemampuan menulis.

Iya, berlatih menjadi salah satu ‘tiket’ utama yang diperlukan seorang penulis untuk menghasilkan tulisan yang menarik. Penulis tak boleh lelah untuk terus mengasah kemampuan dalam merangkai kata.

Kemampuan itu ibaratkan pisau, jika dibiarkan akan tumpul, dan jika diasah akan semakin tajam. Untuk mengasah kemampuan tersebut, harus rajin membaca dan menulis. Dan jangan sesekali membuang tulisan yang dianggap belum sempurna.

Tulisan-tulisan yang belum sempurna atau bisa dibilang jelek, tak harus dibuang, melainkan dijadikan patokan untuk menyempurnakan tulisan yang berikutnya. Karena seperti yang kita tahu, untuk menghasilkan sesuatu yang menakjubkan itu tidak selalu langsung berhasil, tetapi pasti melewati fase-fase kegagalan.

Step by step juga berlaku untuk menulis novel. Iya, untuk bisa menghasilkan sebuah novel yang menarik itu ada beberapa langkah. Ada 7 pertanyaan emas yang harus terkandung dalam sebuah novel.

1. Siapakah tokoh utamanya?
2. Apa cita-cita terbesar dari tokoh utama tersebut?
3. Apa saja yang menghalangi tokoh utama untuk mewujudkan cita-citanya?
4. Bagaimana kisah jatuh bangun perjuangan tokoh utama tersebut?
5. Peristiwa apa yang menjadi titik balik dari kehidupan tokoh utama tersebut?
6. Bagaimana keberhasilan penulis dalam mewujudkan cita-citanya?
7. Bagaimana akhir dari kisah perjalanan tokoh utama tersebut?

Nah, jika Anda sudah berhasil merampungkan jawaban dari ketujuh pertanyaan diatas, tahap selanjurnya adalah tahapan penulisan novel. Di antaranya adalah pre-writing, revising, editing, dan publishing.

Usahakan untuk publishing pilih penerbit yang potensial. Atau bisa juga dengan mempublikasikannya di salah satu komunitas penulis novel, seperti halnya penulispro.net. Anda hanya tinggal register dan upload naskah yang hendak di publikasikan. Mudah bukan?