Sign In

Remember Me

2 Teknik SEO untuk Page One di Kata Kunci Kompetitif (Proven!) Bag. 1

2 Teknik SEO untuk Page One di Kata Kunci Kompetitif (Proven!) Bag. 1




Halo, kali ini saya ingin sharing 2 teknik SEO yang proven untuk dapat meranking di halaman 1 google sekalipun dengan kata kunci yang kompetitif. Sebelum masuk ke penjelasannya, perlu diketahui bahwa 2 teknik ini filosofinya diambil dari riset sederhana yang akan saya uraikan dulu. Ini penting, agar teman-teman nantinya bisa riset secara mandiri, dan menemukan insight berharga lainnya dalam perjalan teman-teman di dunia online.

Secara sembarang saya ingin tahu situs apa saja yang tampil di page one dengan kata kunci tertentu, nah tentunya website yang berada di halaman utama tersebut SEO-nya bagus. Selanjutnya tinggal kita pelajari dan tiru saja. Caranya bagaimana?

Pertama-tama ketikkan kata kunci tertentu, ambil saja sembarang misalnya kata kunci “Bisnis Online” yang merupakan kata kunci yang cukup kompetitif (allintitle:822.000)

allintitle

Nah situs-situs yang berada di halaman satu tersebut nantinya kita riset. Pelajari mengapa dia bisa berada di halaman pertama, baik secara Konten, On-Page, dan Off-Page.

Catatan:

Riset ini saya lakukan sudah lama, berbulan lalu. Jadi saya memakai indikatornya pada saat itu. Pada saat panduaan ini dibuat hasilnya beberapa hal sudah berbeda, karena SERP google bisa berubah. Namun detail dan tekniknya masih bisa diterapkan.

Dalam hal ini saya hanya akan menyoroti webhostmu.com, dan investastahapan.com.

Situs webhostmu.com, dan investasitahapan.com pada saat riset pertama kali berada di 3 besar SERP google bersama maxmanroe.com. Namun pada saat panduan ini dibuat situs investasitahapan.com berada di halaman 2 google.

1

2

Saya ingin mengetahui mengapa ke dua situs tersebut bisa berada di 3 besar pencariaan google (saat itu) dan masih bertahan selama beberapa bulan ke depan. Berikutnya lantas saya riset dengan meng-copy URL kedua situs tersebut di kolom pencarian google.

3

Dari hasil di atas, kita akan mengetahui situs mana saja yang mempunyai link ke URL tersebut. Di Bawah ini adalah beberapa hasil yang tampil. Selanjutnya, tinggal kita buka satu persatu halaman situs tersebut, pelajari dan analisa.

Ini adalah cara paling mudah dan manual untuk riset optimasi SEO ataupun competitor tanpa harus menggunakan tools berbayar seperti Ahrefs, SEO Majestic dan lain sebagainya.

webhostmu 2

Dari screenshot di atas teman-teman bisa melihat beberapa situs yang memiliki link ke webhostmu.com. Namun, saya pribadi akan mengabaikan link-link itu dulu untuk sementara waktu karena bagi saya pribadi tipe link di atas biasa saja, tidak ada jenis yang spesial.

Nah, untuk kasus ini saya lebih memilih menitikberatkan perhatian ke halaman artikel webhostmu-nya sendiri dengan URL-nya http://webhostmu.com/cara-memulai-bisnis-online-bagi-pemula/

Saya lebih tertarik membahas ini, karena ada 2 hal menarik yang sederhana namun bagi saya esensial. Apakah itu?

Ya, tanpa menggunakan kemampuan “indera ke enam” pun kita bisa melihat bahwa:

  1. Jumlah kata artikelnya cukup panjang, lebih dari 2000 kata. Jika teman-teman tahu, banyak halaman situs yang tampil di page one google memiliki artikel dengan jumlah kata banyak, biasanya di atas 1000 artikel. Hal ini juga seperti pernah di bahas oleh Neil Pattel di situs quicksprout.com.

Namun, menurut hemat saya sejatinya nggak begitu juga. Logika jumlah kata tersebut menurut saya lebih menunjukan kelengkapan data atau informasi yang tercantum di artikel tersebut. Semakin lengkap, semakin informatif, maka otomatis algoritma google akan menangkap kualitas artikel tersebut.

Lain halnya jika kita menulis artikel dengan jumlah kata banyak, namun justru kontennya tidak menarik atau tidak berkualitas atau informasi yang disampaikan tidak lengkap, maka jumlah kata banyak pun akan sia-sia. Artikel Anda akan diberi nilai rendah oleh google, eh Alphabet xixixixi.

2.  Orang yang menyebarkan artikel di media sosial cukup banyak. Hal itu bisa kita lihat pada share bar counter. Singkatnya, social signal halaman ini bagus. Itulah juga yang merupakan rahasia, mengapa halaman ini bisa menjadi runner-up di bawah maxmanroe.

webhostmu 3

Lalu berikutnya mari kita analisa situs investasitahapan.com berikut. Caranya sama seperti kita menganalisa situs webhostmu.com.

inv 1

inv2

Okay, singkat kata kita sudah analisa situs investasitahapan.com di atas, dan kesimpulan yang kita dapatkan adalah bahwa situs tersebut banyak mendapatkan link, atau dengan kata lain berpomosi melalui situs iklan baris. (Saya cek link-link iklan baris tersebut ada ternyata tidak hanya Do follow namun juga banyak No Follow)

Sebaliknya dari webhostmu.com, situs investasitahapan.com tidak memiliki On-Page yang baik, itulah juga yang mungkin menjadi alasan situs ini tidak dapat mempertahankan posisinya di halaman satu google.

KESIMPULAN

Awesome! Dari riset sederhana, namun tentunya prosesnya menganalisa seperti ini butuh latihan yang sering. Kita bisa menemukan 2 teknik SEO yang proven, yang bisa kita terapkan untuk situs-situs kita. Saya sendiri sudah banyak menerapkan 2 teknik itu. Kedua teknik tersebut adalah:

  1. Social Signal/Social Share
  2. Penggunakan iklan baris

 

Untuk detail bagaimana menggunakan 2 teknik tersebut, nanti akan saya uraikan di artikel berikutnya:

Baca: 2 Teknik SEO untuk Page One di kata kunci kompetitif (Proven!) Bag. 2


Anggota Kura-Kura Ninja cabang Ujungberung, Bandung. Temenan sama Flash Gordon.

1 Comment

  1. Apa ada buku teknik SEO yang mudah ditemuka di toko buku? tks

Leave a Reply