ASYIKNYA BEKERJA SEBAGAI JASA PENULIS ARTIKEL

Dulu, bekerja di bidang jasa penulis artikel bagi sebagian orang bukanlah pekerjaan yang populer dan bahkan seringkali diremehkan karena dianggap sebagai pekerjaan yang tidak penting dan kurang menghasilkan. Namun bagi mereka yang tidak suka dengan pekerjaan yang terikat dengan waktu dan tempat yang terbatas,maka pekerjaan ini adalah solusinya. Artikel adalah karangan yang bersifat informatif dan berisikan tentang kejadian faktual yang diulas secara singkat namun lengkap dan jelas dengan susunan kata yang tepat dengan panjang tertentu dan bertujuan untuk dipublikasikan. Biasanya isi artikel mengungkapkan tentang gagasan atau ide dari sudut pandang penulis tentang suatu pokok bahasan, bisa tentang dunia pendidikan , kesehatan, hiburan, dll yang ditulis berdasarkan pengalaman ataupun informasi yang dimiliki baik yang bersumber dari diri sendiri maupun dari orang lain.  Karena bersifat informatif maka artikel adalah media yang seringkali dicari oleh banyak orang untuk memenuhi  berbagai kebutuhannya, baik yang sekedar mencari hiburan ataupun yang ingin menambah pengetahuannya. Dan disinilah sejatinya kepuasan seorang penulis akan dirasakan yaitu ketika berhasil membuat suatu tulisan dan bisa memuaskan orang lain yang  membacanya. Ada tiga alasan mengapa pekerjaan sebagai seorang penulis artikel sangat menyenangkan, yaitu:

Pertama, Tidak ada seorangpun yang bisa mengatur “waktu“ saat kita bekerja.

Kita bebas kapanpun memulai pekerjaan ini, bisa di pagi buta saat terjaga dari tidur, di malam hari saat semua orang sedang tidur ataupun di saat senggang saat semua pekerjaan rumah selesai kita kerjakan. Ibarat sebuah perusahaan kita adalah pemilik sekaligus pekerja dalam perusahaan itu. Tidak ada seorangpun yang memberi perintah jam berapa sebaiknya bekerja dan jam berapa pula seharus menghentikan pekerjaan. Semua berjalan sesuai keinginan dan kemauan penulis itu sendiri. Kalaupun ada yang bisa membatasi “waktu” seorang penulis artikel dalam bekerja hanyalah satu, yaitu deadline.

Kedua, Bekerja adalah hobi.

Bagi seseorang yang suka menulis, menulis bukanlah pekerjaan tetapi lebih merupakan media untuk menyalurkan hobi dan bakat mereka.Karena menulis adalah hobi maka saat melakukannya adalah saat yang menyenangkan sebagaimana saat orang lain sedang melakukan hobinya. Kita bebas melakukannya kapanpun kita mau dan berkreasi sesuai dengan ide yang kita punya yang tertuang lewat sebuah tulisan. Jika rasa jenuh dan bosan seringkali datang saat seseorang sedang bekerja maka rasa ini tidak akan datang saat kita sedang menulis, bukankah saat itu kita tidak sedang bekerja melainkan hanya sekedar melakukan hobi dalam menulis? Bukannnya jenuh namun justru akan timbul rasa “ketagihan” saat kita sedang tidak melakukannya. Bagaimanapun, ada kepuasaan tersendiri jika hasil tulisan yang kita buat akan bermanfaat bagi orang lain.

Ketiga, HOBI =RUPIAH

lentera+sukapura-Article-Writing

Bisakah membayangkan jika hobi yang kita sukai akan mendatangkan rupiah? Selain sebagai wadah untuk menyalurkan hobi, ternyata hobi yang satu ini juga sangat menghasilkan lho. Walau mungkin penghasilan yang didapat tidak sebesar jika kita terpilih menjadi artis orbitan ajang-ajang pemilihan yang sedang booming saat ini, namun kalau kita bekerja fokus dan disiplin bukan tidak mungkin tulisan kita juga bakalan booming dan disukai banyak orang. Dengan harapan order menulis akan terus mengalir pada kita dan itu artinya rupiah yang kita punya juga akan semakin bertambah. Tidak perlu susah-susah lagi ikutan ajang pemilihan artis untuk cari duit bukan? Kita tidak perlu antri kepanasan ataupun sibuk mempersiapkan baju untuk tampil di depan banyak orang, cukup persiapkan ide, kertas dan pena (jika diperlukan) dan secangkir kopi susu tentunya,dan kitapun siap untuk memulai pekerjaan kita, sanagat menyenangkan bukan? Berdasarkan ketiga alasan itulah yang menjadikan pekerjaan sebagai jasa penulis artikel kini menjadi lahan yang dicari oleh banyak orang. Ada yang bekerja secara profesional dan menjadikannya sebagai pekerjaan utama namun ada pula yang bekerja freelance atau menjadikannya sebagai pekerjaaan tambahan di sela-sela pekerjaan utamanya. Apapun alasan tiap orang dalam menentukan pilihannya dalam menulis, yang pasti tujuan mereka sama yakni selain berbagi ilmu dan pengalaman kepada orang lain juga untuk menambah penghasilan. Dan semuanya semata-mata demi tercapainya kepuasan bersama baik kepuasan bagi diri sendiri maupun bagi orang lain yang membutuhkan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan mampu memberikan sedikit gambaran betapa mengasyikkannya bekerja sebagai jasa penulis artikel…

Leave a Comment