Cara menjadi penulis cerpen yang handal tidaklah susah. Tidak hanya orang yang mempunyai bakat menulis untuk bisa jadi penulis yang handal, bahkan seorang pemulapun bisa menjadi penulis handal, namun tidak secara instan atau langsung melainkan dengan sebuah proses. Tahukah anda bagaimana menjadi penulis cerpen yang handal?

Sebelum memutuskan terjun dunia kepenulisan cerpen , anda harus tahu bagaimana cara menulis yang baik dan menarik. Berikut adalah 5 cara yang dapat dipraktekkan untuk menjadi seorang penulis cerpen bagi pemula :

1. Menulis Harus Ada Minat.
Langkah utama yang harus dilakukan adalah menumbuhkan minat, dengan memiliki minat yang tinggi dan keinginan yang kuat untuk menjadi seorang penulis. Maka akan ada keinginan yang kuat untuk menulis. Itulah kenapa minat dan keinginan menulis harus dimiliki lebih dulu, karena tanpa itu hanya akan menjadikan penulis yang biasa-biasa saja, tidak bermutu ataupun hanya penulis yang iseng saja, sekedar mengisi kekosongan waktu.

2. Rajin Membaca Buku Cerpen
Sebelum menjadi seorang penulis, perbanyaklah membaca buku, namun tidak asal-asalan dalam membaca buku. Membca buku disini adalah benar-benar membaca dengan tahu, mengerti, dapat memahami bahkan dapat menikmati buku yang dibaca. Jangan sampai seperti anak sekolahan yang terpaksa membaca buku karena besok ada ulangan atau hanya ingin mendapat nilai yang tinggi.
Jadi jika kita ingin menjadi seorang penulis cerpen yang handa, pastikan buku cerpen yang kita baca dipahami, dimengerti dan dinikmati ceritanya, sehingga cerpen yang kit abaca akan mengendap di pikiran kita baik isi maupun gaya bahasa atau gaya kepenulisan yang digunakan dalam cerpen.

3. Mulailah dengan Menulis Cerpen Singkat.
Keberanian untuk memulai merupakan kunci utama untuk menulis cerpen. Kebanyakan penulis pemula mengalami kesulitan saat akan menulis. Padahal sudah banyak cerpen yang dibaca. Karena hal tersebut banyak penulis cerpen pemula yang kehilangan semangat, putus asa, malas dan akhirnya tidak menghasilkan cerpen sama sekali.
Menghadapi situasi tersebut, penulis pemula tidak boleh putus asa karena dengan putus asa berarti dia kalah atau takut akan kegagalan, padahal penulis cerpen yang handal pastinya pernah mengalami kegagalan bahkan tidak hanya sekali melainkan berkali-kali. Jadi dalam memulai menulis cerpen hilangkan kata “menyerah” katakana “ pasti bias” “ I can do it”. Setelah melewati hal tersebut maka dengan sendirinya ide-ide cerita yang kreatif akan selalu mengalir dan kita akan mudah untuk menulis cerpen.
4. Menggunakan Tata Bahasa yang baik
Menulis cerpen tidaklah asal-asalan, apalagi sampai tidak memperhatikan tata bahasa yang digunakan. Karena kebanyakan para penulis cerpen yang handal selalu memperhatikan tata bahasa yang digunakan, dengan memperhatikan hal tersebut maka cerpen yang dihasilkan akan menjadi indah dan memiliki kualitas, para pembaca tidak dibuat bosan dan selalu tertarik untuk membaca cerpen-cerpen selanjutnya.
5. Segera Catat Inspirasi Yang terlintas.
Semua ispirasi atau ide tidaklah datang dengan sendirinya atas keinginan kita, melainkan datang sewaktu-waktu. Terkadang inspirasi datang saat kita dalam kondisi yang tidak tepat atau posisi yang tidak tepat. Bahkan inspirasi datang saat kita sedang mandi, naik kendaraan, makan siang atau bahkan saat kita sedang sakit. Itulah kenapa inspirasi perlu segera dicatat saat kita mendapatkan inspirasi tersebut agar tidak hilang atau terlupa. Maka kita perlu benda yang namanya buku, buku kecil pencatat inspirasi yang wajib dibawa kemanapun pergi.

Demikianlah sedikit cara menjadi penulis cerpen yang handal. Pastikan kita tidak pernah putus asa dalam menulis, selalu mencoba dan mencoba sampai berhasil.