Sign In

Remember Me

Cara Menjadi Penulis Cerpen Horor

Cara Menjadi Penulis Cerpen Horor

Cara menjadi penulis horor yang benar – benar bisa membuat pembaca tertarik dan mungkin anda sendiri (sebagai calon penulis) akan merasakan bahwa anda benar – benar menulis cerpern tersebut sembari ditemani sang hantu, itu tidak terlalu sulit sebenarnya. Jika anda berniat menjadi penulis horor, tentunya anda bukan seorang penakut, bukan? Akhir – akhir ini banyak pecinta cerita horor di luar sana, dan mereka ingin menambah koleksi cerpen horor mereka pastinya. Inilah saatnya bagi anda untuk membuat sebuah karya penuh imajinasi ini. Anda bisa menakut – nakuti mereka melalui tulisan anda. Sulit? Tentu saja tidak. Mungkin anda belum pernah melihat secara langsung hantu – hantu yang menjadi bakal tokoh dalam cerpen anda, tetapi anda bisa melakukan beberapa cara dibawah ini agar cerpen horor anda menjadi kisah yang menyeramkan.

Inilah beberapa cara menjadi penulis cerpen horor yang bisa anda terapkan sebelum menulis sebuah cerita pendek yang menegangkan dan membuat pembaca parno.

  • Buatlah cerita horor yang orisinal
    Anda boleh saja terinspirasi dari beberapa cerita horor yang pernah anda baca dan membuat anda takjub akan karya itu, tetapi anda harus membuat inspirasi tersebut menjadi sesuatu yang baru, sesuatu yang tidak dimiliki orang lain. Sebagai contoh, jika anda terinspirasi dengan cerita horor yang berlatar belakang pembunuhan, anda bisa membuat ide tersebut, asalkan pemilihan bahasa (diksi) dan alur ceritanya benar – benar harus asl dari ide anda sendiri.
  • Rencanakan dengan matang melalui kerangkan cerpen horor anda
    Untuk menghindari masalah ‘writer’s block’ saat anda menulis cerpen horor anda, kerangka cerita lebih baik dibuat terlebih dahulu dan rencanakan cerita anda melalui itu.
  • Buat karakter yang kuat
    Hal ini mungkin yang paling penting dalam segala aspek penulisan cerpen horor yang anda lakukan. Seperti yang sudah kami singgung di atas bahwa boleh saja anda terinspirasi oleh penulis lain, tetapi pada bagian karakter, anda harus benar – benar orisinal. Buatlah karakter yang kuat dan gambaran karakter yang tegas dan lugas. Pembaca akan sangat terbantu oleh ini. Jika anda membuat karakternya ‘ngambang’ maksud anda menulis cerita tersebut tidak akan sampai kepada pembaca.
  • Mempelajari cerita horor kuno atau klasik
    Cerita horor klasik adalah dimana menjadi gudang inspirasi anda, penokohan, karakter sampai dengan setting sangatlah kuat. Anda bisa melihat cerita horor klasik seperti Frankenstein.
  • Pilihlah karakter horor yang paling anda takuti
    Anda bisa memasukan karakter yang menurut anda paling menyeramkan. Walaupun itu versi anda, tetapi jika anda benar – benar merasa ketakutan akan karakter trsebut, tanpa anda sadari anda akan menulis secara nyata dan dengan setting yang nantinya anda tidak menduganya.
  • Lakukan penelitian
    Maksud dari melakukan penelitian adalah anda bisa menfokuskan tentang karakter yang anda jadikan tokoh utama. Sebagai contoh, jika anda menulis tentang kuntilanak, anda bisa mencari semua referensi tantang bagaimana kuntilanak itu.
  • Pengecekan naskah
    Jika cerita horor anda sudah selesai, lakukanlah pengecekan naskah anda tersebut. Pastikan EYD yang terdapat dalam cerpen sudah memenuhi ketentuan yang benar, sehingga pembaca bisa dengan ‘gampang’ memasuki cerita anda. Bukan hanya itu, jika anda berniat menerbitkan cerpen anda, EYD dan diksi menjadi sangat penting untuk dikoreksi kembali.

Itulah hal – hal yang bisa anda lakukan sebelum menulis cerita horor anda. Tujuh poin tersebut bisa berkembang jika anda menemukan suatu ide lain. Konsultasikan kepada teman – teman akan lebih baik. Cara menjadi penulis cerpen horor telah kami sampaikan. Terima kasih.


By
What is haram, always be haram. Whatever the whole world engages it well.

Leave a Reply