Sign In

Remember Me

Cara Menjadi Penulis Dari Pemula Menjadi Mahir

anak-menulis

Cara Menjadi Penulis Dari Pemula Menjadi Mahir

Cara menjadi penulis dari pemula menjadi mahir. Bagi orang awam hal menulis adalah hal yang tidak mudah. Untuk pemula cenderung akan merasa tidak percaya diri mengeluarkan ide dan gagasannya dalam sebuah kalimat. Bingung untuk memilih kata yang tepat menjadi suatu kendala. Untuk proses awal sebagai penulis, perlu adanya minat dan kesiapan untuk memulainya. Membutuhkan motifasi dan kominten yang dijadikan sebagai latar belakang mengapa kita mulai menulis.

  1. Minat
    Minat yang disertai dengan niat menjadi dasar untuk cara menjadi penulis. Memotifasi diri untuk terus berusaha. Berawal dari niat dan minat pastilah bisa menjadi seorang penulis. Dibutuhkan komitmen atau keyakinan untuk dapat menyesaikannya. Karena dimungkinkan ditengah-tengah kita menulis, kita akan menemui suatu kendala. Kendala dari luar ataupun dari diri kita sendiri. Kendala yang sering mengganggu adalah kendala dari dalam diri kita sendiri. Mood atau suasana hati sangat mempengaruhi kita dalam menulis. Dan hanya kita sendiri yang dapat menyelesaikannya. Ketika mood sedang tidak bagus, maka kita harus mengulang ke awal mengapa kita mulai menulis. Mengingat motifasi dan komitmen yang kita buat di awal sebelum mulia menulis.
  2. Mencari referensi
    Bagi penulis pemula, yang masih ragu dengan gagasan yang akan dituangkan, maka sebaiknya mencari referensi terlebih dahulu. Banyak membaca maka akan menambah pengetahuan dan kosakata yang baik untuk setiap tulisan. Tidak harus dengan membaca, bisa saja dengan media lain misalnya televisi, internet atau radio. Tidak hanya sekedar membaca mengerti maksud dari bacaan, tetapi pemahaman tentang cara menjadi penulis dengan mencermati setiap kata dan kalimat yang digunakan. Jika ada hal-hal yang penting, sebaiknya dicatat sehingga dapat dipelajari. Referensi bisa juga kita dapat dengan kita terjun ke lapangan. Mendapatkan referensi dengan praktik-praktik sehingga menjadikan pengalaman pribadi. Dengan banyak referensi akan memudahkan kita menuangkan gagasan atau ide cerita.
  3. Mulai menulis pengalaman pribadi
    Mulailah dari hal yang paling kecil. Menulis pengalaman pribadi bisa menjadi langkah awal menjadi penulis. Menulis sesuatu yang sudah dialami, akan lebih mudah dituangkan karena kita berada di dalamnya. Jika ingin menulis sesuatu yang belum pernah kita alami, maka kita harus mencari banyak referensi atau bahkan mungkin harus terjun langsung. Misalnya ingin menulis tentang hal yang menjadi tren ditahun ini, ingin mengupas tentang “Batu Akik” maka kita perlu terjun langsung ke tempat dimana terdapat batu akik tersebut. Atau mungkin ingin menulis tentang resep-resep masakan, kita pun harus pula praktik memasak masakan yang akan kita tulis. Dengan kita terjun ke lapangan makan kita akan mendapatkan pengalaman itu, sehingga akan lebih mudah menuangkan ke dalam tulisan. Menulislah dengan jujur. Menceritakan dengan jujur kedalam cerita maka akan memudahkan kita dalam menulis. Menggunakan kata bebas dan menarik tetapi tetap terstruktur akan membuat pembaca terus tertarik untuk membaca hingga akhir cerita.
  4. Konsultasikan
    Setelah tulisan dirasa sudah selesai, akan lebih baiknya dikonsultasikan kepada orang yang paham tentang cara menjadi penulis. Konsultasi kepada Guru Bahasa Indonesia misalnya. Menerima masukan dan saran yang dapat kita gunakan untuk perbaikan tentang apa yang kita tulis. Merevisi tulisan jika diperlukan.

 

Setelah tulisan selesai, akan lebih baik kita mengirim tulisan kita ke penerbit. Kepada penerbit tulisan hasil kerja keras kita akan diterbitkan dalam sebuah buku. Ini akan lebih memotifasi kita untuk terus berkarya. Kepuasan untuk tetap menciptakan karya-karya yang lebih baik lagi.

Demikian tips tentang cara menjadi penulis. Dengan terus berlatih maka kita akan fasih dalam menuangkan ide gagasan ke dalam tulisan. Kefasihan akan mengurangi kendala kita dalam menulis. Manfaat dari menulis akan kita dapatkan setelah kita dapat sukses mempraktikkannya.

 

 


1 Comment

  1. Terimakasih tipsnya, saya adalah pemula, jadi sangat minim pengetahuan untuk menulis,
    http://www.situsobatherbal.com/2016/08/09/obat-eksim-kering-di-apotik/

Leave a Reply