Gabung Komunitas Penulis, Akhiri Kebuntuan

Anda termasuk orang yang senang menuangkan pikiran dalam tulisan? Apakah Anda senang menulis di blog pribadi, atau bahkan Anda masih rajin mencatat dalam jurnal pribadi di era smart gadget ini? Bisa jadi Anda memiliki bakat alami untuk menulis. Anda mungkin saja menulis hanya untuk mengisi waktu luang alias hobi. Kenapa tidak mencoba membuat tulisan Anda komersil dan menjadikan penulis sebagai profesi? Langkah mudah yang bisa Anda lakukan segera adalah dengan bergabung dalam komunitas penulis.

Sering kali, yang menjadi masalah dalam aktivitas menulis adalah kebuntuan. Anda merasa bad mood lalu menemui jalan buntu, kehabisan ide. Komunitas penulis akan memberikan banyak manfaat bagi Anda agar tulisan semakin terasah dan kebuntuan tidak lagi menjadi jalan buntu.

Apa saja keuntungan yang bisa didapat dari komunitas penulis?

Writing-Community

  • Tambah teman, tambah wawasan

Manfaat yang segera Anda dapat setelah menjadi anggota komunitas penulis adalah berkenalan dengan orang-orang dari latar belakang yang beragam. Anda akan berbagi ide dengan orang kantoran yang sehari-hari bekerja di belakang meja, pelajar, guru, bahkan ibu rumah tangga. Jaringan internet juga akan mempertemukan Anda dengan anggota lain yang tinggal di perkotaan metropolitan, desa terpencil, atau luar negeri. Dan yang paling menyenangkan adalah, semua suka menulis.

  • Inspirasi untuk menulis

Wawasan baru yang didapat dari sesama anggota tentu bagaikan nutrisi untuk tulisan Anda. Pastikan gadget Anda sudah dilengkapi dengan aplikasi semacam note pad agar Anda bisa mencatat bahan tulisan karena inspirasi bisa datang kapan saja. Ide yang muncul dari hasil mengobrol akrab di diskusi forum terkadang akan lebih hidup dituangkan dalam tulisan dibanding ide yang didapat hanya dari membaca artikel atau buku.

  • Informasi dan peluang

Di dalam komunitas penulis, para anggota biasanya akan berbagi informasi mengenai peluang penulisan seperti sayembara, mengisi kolom di media cetak, lowongan pekerjaan, dan sebagainya. Aktiflah di diskusi forum, dan terus posting tulisan di beranda Anda agar Anda menjadi anggota yang diperhitungkan dan kemampuan semakin terasah.

  • Motivasi dan solusi

Sama seperti inspirasi, rintangan pun biaa datang kapan saja. Berbagilah motivasi yang menguatkan dengan anggota yang lain. Jangan buru-buru memutuskan Anda tidak berbakat saat tulisan ditolak. Belajarlah dari pengalaman anggota terdahulu, apa saja yang mereka lalui sebelum akhirnya tulisan mereka dimuat. Motivasi ini tidak hanya akan menguatkan tekad Anda, tetapi juga mengantarkan Anda pada solusi yang berarti ketimbang kecewa dan menyerah.

 

Empat hal di atas hanya sebagian kecil saja dari segudang manfaat yang bisa diperoleh dari komunitas penulis. Jangan biarkan tulisan Anda hanya berakhir sebagai konsumsi pribadi. Akhiri kebuntuan dan pilih komunitas penulis yang paling Anda suka!

 

 

Leave a Comment