Sign In

Remember Me

Jangan buang silika gel

Jangan buang silika gel

kosmetik

Punya palette kosmetik atau kamera kesayangan yang mudah berjamur karena udara yang lembap? Cara untuk mengatasi hal tersebut mudah lho!

 

Pernah lihat benda kecil dibungkus kertas atau plastik dalam kemasan paket yang baru anda terima? Ya, benda tersebut adalah “Silika Gel” yang biasa digunakan sebagai pengawet dan penjaga kelembapan udara dalam suatu kemasan. Mari kita mengenal lebih jauh Silika gel ini atau Absorbent chemical dari kandungan dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Silika Gel yang berbentuk padat ini terbuat secara sintetis dari natrium silikat yang tergolong silika padat. Bahan ini merupakan mineral alami yang dimurnikan dan diolah menjadi bentuk butiran atau manik-manik. Sebagai pengering, ia memiliki ukuran pori-pori sekitar 2,4 nanometer dan memiliki afinitas (kecenderungan) untuk menarik molekul air. Sifat ini menjadikan silika gel dimanfaatkan sebagai zat penyerap, pengering, dan penopang katalis. Garam-garam kobalt pun bisa diabsorpsi oleh gel ini.

 

Dalam kehidupan sehari-hari silika gel digunakan menjaga kelembapan kotak paket seperti pengiriman film, kamera, alat-alat komputer, pakaian dan sepatu kulit, bahan makanan, obat-obatan, kosmetik, serta bahan lainnya. Bahan ini sangat baik juga membantu menahan kerusakan pada barang-barang yang mau disimpan.

kamera

Ada 3 macam silika gel yang ada di pasaran yaitu silica gel white, silica gel natural, dan silica gel blue. Silika gel yang siap digunakan adalah yang berwarna biru. Ketika telah menyerap banyak udara yang lembap, ia akan berubah warnanya menjadi merah muda. Jika sudah seperti ini silika gel tidak dapat digunakan dan harus diregenerasi dengan cara dihangatkan di dalam oven yang akan membuat menjadi biru dan dapat digunakan kembali.

 

Nah, mulai sekarang jangan abaikan benda kecil silika gel tersebut. Sisipkan dalam barang kesayangan anda untuk menjaga agar terhindar dari udara yang lembap. Barang anda tetap awet dan tetap bernilai.

 


By

Leave a Reply