Sign In

Remember Me

Mendongkrak Popularitas dan Kreatifitas Melalui Komunitas Penulis

Mendongkrak Popularitas dan Kreatifitas Melalui Komunitas Penulis

produktif menulis-komunitas penulis

Bagi Kamu yang memiliki cita-cita ingin menjadi penulis produktif, ada baiknya ikut tergabung dalam komunitas penulis. Dalam komunitas, kamu bisa lebih produktif dan memiliki banyak informasi mengenai dunia kepenulisan. Kamu juga bisa mendapatkan teman baru dengan hobi yang sama dan bisa berbagi pengalaman menulis.

Selain itu, dalam sebuah komunitas biasanya ada yang namanya kegiatan KRISAN (kritik dan saran). Sehingga naskahmu bisa lebih baik karena mendapat masukan dari teman-teman yang punya hobi nulis dan bahkan kamu bisa mendapatkan masukan dari penulis senior yang tergabung dalam komunitas itu.

Ada banyak komunitas penulisan yang bisa kamu ikuti di grup facebook seperti :

  1. KPKers

Komunitas ini dirintis oleh Ir Jumari Haryadi Kohar, beliau adalah seorang penulis buku-buku best seller. Harapannya dengan membuat komunitas ini adalah untuk menjaring orang-orang yang mencintai dunia literasi dan mendongkrak kreatifitas mereka dalam dunia tulis menulis. Ada banyak latar belakang penulis yang tergabung dalam komunitas ini, seperti penulis skenario, penulis buku non fiksi, dan juga penulis fiksi.

 

  1. Komunitas Penulis Indonesia-Penulispro.net

Komunitas ini merupakan kumpulan penulis berbakat. Banyak diantaranya yang sudah menerbitkan buku baik di penerbit mayor maupun yag diterbitkan secara indie. Penulis yang tergabung dalam komunitas ini adalah penulis buku non fiksi, penulis novel, kumcer, dan juga penulis artikel. Di komunitas ini juga ada kegiatan berbagi ilmu dan informasi mengenai dunia kepenulisan. Awalnya komunitas kepenulisan penulispro.net ini merupakan para penulis yang tergabung di grup re! Media Sevice yang mencetak penulis-penulis handal. Re! juga memberikan job-job penulisan yang menarik bagi para penulis yang tergabung di sana.

 

  1. Komunitas Bisa Menulis

Komunitas ini dibina oleh Asma Nadia dan suaminya. Di komunitas ini banyak penulis handal yang siap memberikan kritik dan sarannya pada para penulis yang mem-publish cerpen dan puisinya di grup.

 

  1. Komunitas Penulis Bacaan Anak

Seperti namanya, komunitas ini merupakan penulis-penulis untuk bacaan anak. Di sini terkumpul penulis dan juga orang yang jago menggambar untuk buku cerita anak. Komunitas ini dibina oleh Ali Muakhir.

 

  1. Curhat Calon Penulis Beken

Di komunitas ini terkumpul banyak penulis muda yang berbakat. Grup ini banyak memberikan informasi pengenai penerbitan, lomba, dan juga peluang menulis dan lowongan kerja di penerbitan. Komunitas kepenulisan ini dibina oleh Triani Retno.

 

  1. Menulis Scenario Yuk!

Komunitas ini sedikit lebih berbeda dibanding yang lain. Komunitas ini merupakan perkumpulan penulis skenario dan orang-orang yang tertarik menulis skenario. Grup ini dibina oleh Mbak Rachmawati yang merupakan penulis skenario handal. Beliau sering memberikan pelatihan, ilmu gratis mengenai cara menulis skenario, dan juga job untuk penulis script dan penulis sinopsis.

 

Manfaat tergabung dalam berbagai komunitas kepenulisan adalah :

  1. Mengasah kemampuan menulis
  2. Mendapat ilmu secara gratis
  3. Mendapat informasi lomba dan informasi lowongan kerja kepenulisan atau penerbitan.
  4. Meningkatkan percaya diri
  5. Bisa ikut tergabung dalam kepengurusan event dunia kepenulisan
  6. Mendapatkan job menarik dan penghasilan
  7. Kenal dengan para penulis senior sehingga bisa meminta saran
  8. Bertemu dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama
  9. Meningkatkan popularitas jika aktif di grup

 

Jadi, untuk meningkatkan kemampuan menulis tidak hanya bisa dilakukan dengan ikut kursus menulis berbayar. Ada banyak komunitas penulis yang bisa memberikan ilmu dan informasi secara gratis. Jadi, tunggu apalagi? Bergabunglah segera dengan berbagai komunitas kepenulisan!!

 


By

Leave a Reply