Self publishing indonesia hadir  memudahkan masyarakat indonesia dalam penerbitan karya tulisnya sekitar tahun 2000-an. Bagi sebagian penulis, self publishing merupakan satu batu loncatan untuk menjadi penulis yang sukses. Meski banyak contoh penulis sukses yang sempat mengalami banyak penolakan lalu akhirnya sukses karena pantang menyerah saat berusaha mengirimkan karyanya ke penerbit-penerbit ternama, self publishing ini masih dijadikan acuan bagi mereka yang hasil karyanya ingin lebih cepat terbit.

Adanya self publishing membuat Setiap orang bisa menerbitkan karyanya. Dengan kata lain, orang tersebut tidak perlu capek-capek mengirimkan karyanya ke sebuah penerbit terkenal yang memungkinkan dirinya mengalami penolakan, atau takut ditolak. Namun, tentu saja menerbitan karya sendiri itu tidak semudah yang dibayangkan. Menerbitkan karya sendiri, berarti juga menjadi penulis, editor, sekaligus penerbitnya sendiri. Atau Anda yang menjadi penulis dan membayar jasa self publishing untuk mengedit, mendesain cover buku, mengurus ISBN, sampai menerbitkan karya anda. Tentunya dalam hal ini Penulis yang ingin menerbitkan bukunya sendiri, harus memiliki modal yang cukup besar.

Ada banyak jasa self publishing di Indonesia yang bisa menjadi pilihan anda. seperti Grepublishing, Leutikaprio, Nulis Buku, Dapur Buku, dan Herya Media. Beberapa jasa self publishing tersebut bisa menjadi pilihan anda untuk menerbitkan karya anda dan membuat karya anda dibaca dan dikenal orang. Namun sebelum memilih penyedia jasa tersebut, ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  • Pertimbangkan mana penyedia jasa self publishing yang lebih banyak menerbitkan buku.
  • Teliti berapa banyak penulis yang sudah mempercayakan hasil tulisannya untuk diterbitkan di penyedia jasa tersebut.
  • Teliti apakah hasil karya dari para penulis tersebut laku dipasaran atau tidak, jika tujuan anda menulis untuk income yang menggiurkan.
  • Perhatikan mana jasa self publishing yang paling terkenal.
  • Seberapa besar sorotan media terhadap jasa penerbit yang akan anda pilih.
  • Perhatikan tampilan dari website jasa penerbit dan telaah kualitas isi website tersebut.
  • Pertimbangkan harga atau biaya dari penerbitan buku anda di penyedia jasa tersebut.
  • Perhitungkan bagaimana pembagian royalti di self publishing yang akan anda pilih.
  • Lihat berapa lama waktu proses penerbitan yang dijanjikan.

Setelah mengetahui beberapa hal tersebut, tentu anda juga akan beranggapan bahwa menerbitkan sebuah karya tulis itu memang mudah. namun yang sulit justru memasarkannya. Lalu, bagaimana agar hasil karya self publishing anda dapat laku keras di pasaran? berikut ini kami berikan beberapa tipsnya :

  1. Sesuaikan kebutuhan sasaran pembaca dengan analisis naskah yang anda buat sebelum membuat naskah utuh. usahakan agar analisa tepat sasaran dan sesuai minat pembaca.
  2. Persiapkan beberapa alat yang akan dibutuhkan dalam pengerjaan naskah anda, seperti komputer, printer, kamera, dan lain lain.
  3. Persiapkan beberapa referensi seperti kamus, ensiklopedi, dan koneksi internet. selain sebagai alat referensi, internet juga bisa anda gunakan untuk pemasaran buku anda.
  4. Buat power point singkat untuk presentasi dalam bedah buku, atau peluncuran buku yang mungkin akan anda lakukan untuk mempromosikan karya anda.
  5. Belajarlah menjadi seorang marketing, dan simpan data produk dalam format excel untuk mengontrol dan promosi karya anda.
  6. Promosikan karya melalui website/fanpage jasa self publishing Indonesia yang telah anda percaya.