Menjadi Seorang Penulis Artikel Freelance, Pekerjaan ‘Tak Terlihat’

Terdapat beberapa bidang pekerjaan didunia ini yang merupakan pekerjaan-pekerjaan dimana kegiatannya dapat terlihat oleh kebanyakan orang atau masyarakat dalam kehidupan sehari-hari seperti pegawai atau karyawan  perusahaan, pegawai instansi pemerintah, pengusaha, dan pekerjaan-pekerjaan lainya. Akan tetapi terdapat pula pekerjaan yang tidak terlalu familiar dikalangan masyarakat, terlebih bagi masyarakat yang berpendapat kalau orang yang memiliki pekerjaan adalah orang yang pagi-pagi berangkat ke tempat kerja dan pulang sore hari. Hal tersebut tidaklah aneh dikalangan masyarakat kita karena pada umumnya para orang tua yang menyekolahkan anak-anaknya memiliki harapan demikian, yaitu anaknya dapat bekerja perusahaan-perusahaan atau instansi pemerintah dan sebagainya. Namun, terdapat pekerjaan yang mungkin bagi sebagian orang ‘tidak terlihat’ bahkan kalau pun mereka mengetahuinya pekerjaan ini sering dijadikan sebagai pekerjaan sampingan mereka, yakni menjadi penulis arikel freelance.

     Freelance. Ya, kata tersebut bermakna lepas atau bebas. Penulis arikel freelance merupakan pekerja freelance dalam bidang penulisan artikel yang mana pekerjaan tersebut dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, dan ikatan pekerjaan hanya selama pekerjaan tersebut dikerjakan atau sesuai dengan perjanjian kerja sampai pekerjaan menulis artikel selesai dikerjakan. Walaupun demikian, kedisiplinan dalam pekerjaan penulisan artikel pun tetap harus selalu diterapkan, karena tetap saja apapun pekerjaan yang kita kerjakan harus dilakukan dengan tanggung jawab dan disiplin. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa penulis artikel freelance ini dijadikan pekerjaan sampingan sebagai tambahan penghasilan dari pekerjaan utama sebagai karyawan, guru, dan sebagainya. Tak jarang memang apabila orang-orang kurang mengetahui pekerjaan sebagai penulis artikel freelance ini. Oleh karena itu tak banyak pula minat orang-orang untuk menjadikan pekerjaan menulis artikel ini sebagai mata pencaharian utama bagi mereka. Akan tetapi, hal ini menjadi peluang bagus bagi orang-orang yang tidak mungkin memiliki pekerjaan diluar rumah seperti ibu rumah tangga yang memiliki minat dalam menulis ataupun bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan uang saku tambahan dan orang-orang yang memiliki hobi menulis namun tidak mengerti bagaimana mengembangkan serta mengasah kemampuan menulis mereka sehingga dapat menghasilkan pendapatan dari kemampuan menulis tersebut.

Menjadi seorang penulis artikel freelance itu tentu saja diperlukan pengetahuan yang memadai dalam bidang penulisan artikel, seperti halnya dapat menulis artikel dengan baik dan benar sesuai dengan EYD , serta dapat mengerjakan artikel sesuai dengan waktu yang telah ditentukan atau deadline. Sebagaimana yang telah dibahas diatas bahwa diperlukan kedisiplinan unuk menjadi seorang penulis artikel freelance. Selain itu pula diperlukan wawasan yang cukup luas untuk menjadi seorang penulis, tidak hanya untuk penulis artikel namun hal ini juga berlaku untuk semua jenis tulisan yang dikerjakan oleh penulis. Wawasan dan pengetahuan yang luas merupakan hal penting dalam mengerjakan sebuah tulisan seperti halnya penulisan artikel, dimana penulis harus memiliki banyak ide-ide tulisan yang menarik. Hal ini dikarenakan apapun tema yang diminta penulis artikel harus dapat menyelesaikan tulisannya sesuai dengan tema dengan jumlah kata yang diminta. Tidak dapat dianggap gampang bukan menjadi seorang penulis artikel freelance? Oleh karena itu untuk menjadi seorang penulis artikel freelance yang dapat menghasilkan tambahan uang saku atau bahkan apabila anda menjadikannya sumber penghasilan utama, maka cintailah pekerjaan tersebut. Dengan anda mencintai pekerjaan anda sebagai penulis artikel freelance, tidak akan sulit bagi anda melahirkan artikel-artikel yang menarik untuk dibaca oleh para pembaca.

Leave a Comment