Sign In

Remember Me

Peluang Usaha Menggiurkan Jasa Penulis Artikel

Peluang Usaha Menggiurkan Jasa Penulis Artikel

Seiring peningkatan penggunaan internet di masyarakat, muncul peluang usaha baru dengan hasil menggiurkan yaitu jasa penulis artikel konten atau content writter. Bisnis ini tidak butuh modal sama sekali, kecuali laptop dan fasilitas akses internet saja.

Pemunculan blog dan peluang usaha baru

Saat ini banyak sekali bermunculan blog dan situs yang dibuat oleh pemiliknya dengan tujuan berbeda-beda. Namun intinya tetap sama, mereka membutuhkan artikel untuk mengisi blog atau situs miliknya.

Mungkin ada yang tidak tahu jika dalam mengelola situs atau blognya, sebagian dari mereka tidak membuat tulisan atau artikel sendiri. Mereka menggunakan jasa penulis artikel dengan berbagai alasan.

Ada yang memang tidak memiliki kemampuan untuk membuat tulisan yang baik, namun ada pula yang tidak mempunyai waktu sebab harus mengerjakan pekerjaan lain. Terutama pelaku bisnis dan shop online.

Biasanya mereka melimpahkan tugas penulisan artikel pada pihak lain, sebab waktunya habis untuk mengurus order, pengiriman barang dan sebagainya. Pengalihan tugas inilah yang kemudian memunculkan potensi sekaligus dijadikan peluang bisnis dan usaha baru.

Syarat yang harus dipenuhi

Syarat utama yang harus dipenuhi apabila ingin menjual dan menjalankan bisnis jasa penulis artikel adalah memahami ilmu-ilmu yang berkaitan dengan SEO on page, Tujuannya adalah agar artikel yang dibuat dan dipublikasikan melalui situs atau blog bisa muncul dalam sistem pencarian data atau search engines.

Menulis artikel untuk mengisi konten situs dan blog sedikit banyak memang mempunyai perbedaan dengan teknik penulisan untuk media konvesional seperti koran, majalah dan sebagainya. Misalnya pembuatan judul, penataan kalimat dan lainnya. Meski terlihat rumit, namun jika ada kemauan teknik ini sangat mudah dipelajari.

Keuntungan yang didapat

Jika dilihat secara sekilas, tarif jasa penulis artikel memang terasa sedikit. Harga pembuatan artikel untuk 500 kata misalnya, saat ini hanya berkisar antara 10 ribu hingga 15 ribu rupiah saja.

Tetapi perlu diingat jika hampir semua konsumen atau pengguna jasa penulisan konten tidak hanya memesan 1 atau 2 tulisa saja. Biasanya mereka memesan beberapa artikel sekaligus bahkan ada yang mencapai puluhan dan ratusan artikel.

Apalagi jika artikel tersebut memiliki kualitas yang bagus dan sesuai dengan keinginan dan kaidah-kaidah yang sudah ditentukan. Kemungkinan besar mereka akan menjadi pelanggan tetap.

Memulai dan mengembangkan usaha

Jika sudah mempunyai pelanggan yang banyak dan secara kontinyu melakukan pemesanan, tidak ada pilihan lain kecuali harus mencari tenaga kerja lepas guna mengerjakan order-order yang masuk.

Demikian pula ketika mendapat pesanan jasa penulis artikel yang menggunakan bahasa asing yang tidak dikuasai. Mau tidak mau harus mencari partimer yang mempunyai kemampuan mengerjakan tugas tersebut.

Jadi selain membuka peluang usaha baru, bisnis ini juga memberi kesempatan kepada orang lain guna mendapatkan penghasilan tambahan. Mereka yang memiliki potensi besar dijadikan tenaga lepas membuat tulisan konten adalah pelajar, mahasiswa, penjaga warnet, ibu rumah tangga, pensiunan dan sebagainya.

Akan tetapi sebelum memikirkan hal tersebut, ada sebuah langkah yang harus dilaksanakan lebih dulu. Langkah tersebut adalah mempelajari berbagai macam model, karakter serta gaya penulisan artikel khususnya untuk media online.

Berikutnya yaitu menguasai topik dan tema-tema yang paling sering dipesan oleh konsumen. Khusus untuk tema-tema yang memang tidak bisa menguasainya, sebaiknya menjalin kerja sama dengan metode seperti yang telah disebutkan diatas yaitu mencari penulis lepas.

Bagi mereka yang belum mampu mendirikan usaha sendiri, tetap mempunyai kesempatan bergabung dengan agen-agen jasa penulis artikel yang sudah mapan. Setelah mendapat pengalaman tentang seluk beluk bisnis ini, barulah merintis membuka usaha yang sama secara mandiri.


Leave a Reply