Sign In

Remember Me

Penulis Artikel Freelance, Bisnis Mudah dan Menggiurkan?

Penulis artikel freelance, pantas disebut sebagai bisnis yang kini nampak menggiurkan. Bisa dikerjakan di manapun, kapanpun, tidak terikat, dan sangat cocok dikerjakan sebagai pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan maksimal. Baik sebagai penghasilan utama ataupun penghasilan tambahan.

 

Ya, semakin meningginya tingkat kebutuhan hidup, menuntut kita untuk lebih kreatif mencari penghasilan tambahan demi menyeimbangkan dan memenuhi kebutuhan hidup. Pekerjaan utama seringkali menjadi penghalang untuk mencari pekerjaan sampingan. Sebab sekalipun dibutuhkan, seringkali keduanya mengalami gesekan dan membuat kita tidak dapat fokus kedua-duanya. Meskipun sebenarnya berniat baik bagi kehidupan kita. Karena itulah, jenis pekerjaan freelance diminati karena tidak terikat waktu dan tidak mengganggu aktifitas utama. Karyawan, buruh, mahasiswa, pelajar, direktur, hingga ibu rumah tangga, melirik pekerjaan paruh waktu ini untuk menambah kepul asap dapur.

 

Sembari menjaga anak, misalnya. Seorang ibu dengan gadgetnya mampu menyelesaikan beberapa tulisan dengan kategori dan jumlah kata tertentu untuk memperoleh upah yang telah disepakati. Jika tulisan yang dihasilkan sesuai dengan kualitas yang diinginkan pihak pembeli jasanya, kisaran bayarannya juga bisa maksimal. Mulai jumlah ribuan, ratus ribuan, bahkan hingga jutaan per tulisan. Cukup menggiurkan, bukan?

 

Bagi mahasiswa, pelajar dan karyawan sekalipun, dapat menyelesaikan deadline tulisan di sela-sela waktu luang mereka. Sembari memanfaatkan waktu menunggu dosen, guru atau bahkan makan siang, sambil menulis pada gadget. Membunuh bosan dengan menulis juga dinilai cukup efektif. Dibanding duduk termangu di meja cafe, jika dibarengi dengan menulis, bahkan tidak hanya dapat merefreshkan otak, tapi juga bisa membayar menu yang Anda pesan.

 

Selain sebagai mata pencaharian, baik utama ataupun sampingan, menjadi penulis nyatanya juga membantu mencerdaskan masyarakat. Sebab siapapun yang menjadi penulis, tentu ia tidak akan membiarkan otaknya berhenti berfikir. Ia akan terus mengasahnya dengan banyak membaca. Kita bisa melihat kualitas membaca seorang penulis dari kualitas tulisannya. Seorang penulis yang terbiasa membaca, tentunya akan memiliki wawasan yang luas yang dapat dibagikan dengan tulisan yang dihasilkannya.

 

Keberadaan komunitas penulis online tentu menjadi media pembelajaran otodidak yang cukup memuaskan. Sebab, banyak dari komunitas tersebut yang mengadakan program atau kelas khusus pembelajaran teknis menulis. Baik yang bersifat gratis maupun yang berbayar. Dengan demikian, para penulis dapat langsung mengaplikasikan metode dan tips yang diajarkan, pada tulisan yang sedang dikerjakan. Teknis menulis yang biasanya dibahas adalah mengenai ejaan yang disempurnakan, kata baku, penulisan judul, hingga pembagian kategori atau jenis tulisan.

 

Sebab, tulisan untuk review produk tentu akan berbeda dengan tulisan untuk branding personal. Pun tulisan lifestyle juga memiliki karakter yang berbeda dengan berita. Karenanya, sekalipun bidang ini dinilai mudah dan cukup menggiurkan, tidak serta merta pula dapat diremehkan. Perlu pengetahuan yang luas, pembelajaran terus menerus, dan harus tau isu-isu global yang sedang ramai dibincangkan. Sebab menulis tak hanya berapa besar materi yang dihasilkan. Tapi juga besarnya manfaat tulisan tersebut untuk para pembacanya.

 

Karena itulah, penulis artikel freelance diharapkan mampu bersaing secara profesional untuk memenuhi peluang-peluang bisnis kepenulisan yang sifatnya global. Tidak hanya di Indonesia saja. Tapi juga skala internasional. Karena kebutuhan akan penulis ini tidak hanya semu semata. Tapi berkesinambungan, mengiringi kemajuan teknologi yang akan terus meningkat. Semakin tinggi kualitas tulisan, semakin menggiurkan hasil yang akan didapatkan. Pastinya, penulis memiliki peran penting untuk menentukan harga dari tulisan yang mereka hasilkan. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?


1 Comment

  1. ikuut

Leave a Reply