Sign In

Remember Me

SELUK BELUK PENULIS FREELANCE

SELUK BELUK PENULIS FREELANCE

Pernahkah Anda mendengar profesi penulis artikel freelance? Semua orang tentu tidak asing dengan istilah penulis, beberapa dari pembaca tulisan ini mungkin sedang mengejar mimpi menjadi penulis atau bahkan telah sukses meraih pundi rupiah dan nama besar sebagai penulis. Namun secara umum, baru segelintir orang saja yang mengetahui profesi penulis artikel lepas atau freelance.

Sama-sama Menulis

pro1

Sesungguhnya penulis artikel hampir sama dengan penulis novel maupun cerpen, mereka sama-sama menghasilkan karya setelah berkontemplasi dengan pemkirannya. Hanya saja, jika penulis novel atau cerpen merujuk pada daya imaji, sedangkan penulis artikel harus mengolah data yang ada sehingga menghasilkan suatu tulisan dengan panjang yang sudah ditentukan. Jika penulis novel dapat diterima masyarakat setelah menerbitkan buku, penulis artikel hanya perlu menerbitkan satu karya melalui media yang bersedia menerbitkan atau mempublikasi karya tersebut. Misalnya media massa baik cetak maupun online.

Pada era digital seperti sekarang ini, dimana laju teknologi begitu cepat, pertumbuhan penduduk begitu pesat dan perputaran uang tak dapat lagi dibendung, membuat setiap orang harus bekerja dua kali lebih efisien demi memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal ini menjadi salah satu pemacu munculnya ide-ide kreatif dan inovatif dalam memenuhi kebutuhan yang semakin inovatif pula.

Menjadi penulis artikel merupakan salah satu dari sekian banyak peluang yang muncul karena kebutuhan masyarakat yang semakin inovatif tersebut. Betapa tidak, saat ini waktu seolah menciut, sehingga masyarakat yang ingin mendapatkan informasi harus mendapatkannya dalam waktu yang singkat pula. Disinilah permintaan akan artikel mulai menggelora. Sebab artikel dirasa cocok dengan kebutuhan masyarakat saat ini, karena isinya yang singkat, padat serta informatif.

Menjadi Penulis Artikel

pro2

Banyak cara untuk menjadi penulis artikel, baik dengan tujuan komersil maupun sekedar ingin berkarya. Jika ingin menulis artikel untuk media cetak secara tetap, tentu Anda harus melamar menjadi kontributor di media tersebut. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa media cetak menerima artikel dari masyarakat umum atau yang dikenal juga dengan istilah kontributor tidak tetap atau freelance. Dimana Anda bisa mengirimkan artikel terbaik Anda ke semua media cetak asalkan isi artikel harus sesuai dengan visi dan misi media bersangkutan. Namun tentu saja, tulisan Anda akan diseleksi terlebih dahulu dalam jangka waktu yang bervariasi sebelum akhirnya diterbitkan, setelahnya baru penulis akan menerima honorarium dari media tersebut.

Jika tawaran menjadi penulis artikel lepas di atas kurang menarik, tidak ada salahnya menjajal profesi penulis artikel di media online. Biasanya penulis artikel di media online merupakan penulis freelance. Honor yang diterima disesuaikan dengan jumlah artikel yang diterbitkan oleh situs tersebut. Namun, karena permintaan tulisan yang begitu besar membuat peluang menghasilkan uang dari profesi ini cukup menjanjikan.

Biasanya situs-situs tersebut tidak membuat pengumuman terbuka bahwa mereka menerima tulisan. Oleh sebab itu cara untuk berpartisipasi adalah dengan meminta langsung kepada redaktur atau pemilik atau pengelola situs tersebut, yang artinya Anda harus mengenal mereka secara personal. Cara lainnya adalah dengan mendaftar pada situs pemberi kerja freelance, dimana Anda bisa memperoleh pekerjaan menulis artikel dengan mengikuti kontes dan melakukan tender, atau yang paling mudah adalah melalui agensi naskah.

Cara bergabung dalam sebuah agensi naskah biasanya cukup mudah. Hanya bermodal media sosial dan email, Anda akan mendapat berbagai kesempatan menghasilkan karya, mulai dari menulis artikel hingga menerbitkan buku. Jika Anda melamar sebagai penulis artikel, pihak agensi akan meminta contoh tulisan Anda. Jika lolos, Anda akan menerima beberapa keyword yang menjadi tema tulisan disertai dengan beberapa aturan lain. Biasanya pihak agensi akan memberikan deadline, namun Anda bisa memilih sesuai dengan kemampuan Anda. Semakin banyak artikel yang Anda kirimkan, maka semakin banyak pula honor yang akan Anda terima.

Demikianlah pemaparan singkat seluk beluk menjadi penulis artikel freelance di Indonesia. Meski terlihat sepele namun profesi ini sangat menjanjikan, terbukti dengan semakin banyak orang yang tertarik berkecimpung di bidang ini.


salam kenal.
Saya sudah menekuni dunia freelancer menulis selama kurang lebih dua tahun. Selain menulis blog dan status sosmed :D saya juga mengirimkan naskah saya ke beberapa media cetak. Semoga di website ini saya dapat menggali ilmu lebih banyak lagi. terimakasih.

Leave a Reply