Sign In

Remember Me

SUKSES BERSAMA KOMUNITAS PENULIS

Komunitas penulis di media social semakin hari semakin menjamur. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya group kepenulisan yang terbentuk.Group tersebut bermacam-macam. Ada yang mengkhususkan di bidang kepenulisan untuk cerpen, ada yang khusus membahas novel, artikel bahkan ada juga yang menggabungkan semua genre.

Masing-masing group atau komunitas itu tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Untuk itu,pandai-pandailah memilih komunitas yang sesuai kebutuhan. Atau akan lebih baik jika bergabung dengan beberapa komunitas penulis sehingga kekurangan yang ada dapat saling menggenapkan.

Keberadaan komunitas penulis ini tentu saja menjadi angin segar bagi mereka yang suka menulis bahkan berkeinginan menjadi seorang penulis.Komunitas ini ada yang merupakan group terbuka, tertutup bahkan rahasia. Group terbuka maksudnya siapa saja dapat melihat keberadaan group tersebut tanpa harus bergabung di dalamnya.Group ini memberi kesempatan seluas-luasnya bagi siapa saja yang ingin bergabung atau sekadar menengok keberadaan group. Jadi, tanpa harus menjadi anggota group atau komunitas, seseorang tetap dapat mengetahui apa-apa yang dibahas di group tersebut.

Sementara group tertutup bahkan group rahasia maka sesuai dengan namanya, kedua jenis group ini sifatnya tertutup bahkan rahasia. Jadi, hanya mereka yang sebelumnya tergabung di group ini yang dapat melihat apa-apa yang ada di group tersebut. Biasanya group ini membatasi jumlah keanggotaannya. Karenanya jumlahnya terbatas maka biasanya mereka mempunyai program-program yang lebih jelas dan terarah. Selain itu mereka juga mempunyai kedekatan antar sesama anggota group.

Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dengan bergabung pada sebuah komunitas penulis.Yang paling utama tentu saja anggota komunitas dapat menimba ilmu kepenulisan. Biasanya sesama anggota tidak pelit untuk berbagi tips dan pengalaman selama berkecimpung di dunia kepenulisan. Dan semua itu dapat diperoleh secara gratis alias tanpa membayar sepeser pun. Meski ada juga beberapa group yang mewajibkan sejumlah pembayaran dengan nominal tertentu.

Manfaat lain yang tak kalah penting ialah untuk mencegah dari hal-hal negatif yang biasa terjadi di dunia kepenulisan. Sebagaimana di dunia nyata, di dunia maya tentu saja lebih rentan terjadi sebuah kejahatan. Dan sangat penting bagi seseorang untuk mengetahuinya agar terhindar dari dampak negative tersebut.

Hal negatif dapat berupa tipu daya beberapa orang atau penerbit yang tidak bertanggung jawab dan ingin mengeruk keuntungan dari para penulis (biasanya penulis pemula) yang ingin tulisan atau naskahnya dimuat. Semangat dan keinginan untuk segera melihat hasil karya mereka membuat mereka terkadang mudah dibuai dengan janji-janji manis.

Hal ini telah terjadi beberapa kali.Para penulis diminta menyetor sejumlah uang agar tulisannya dapat dipublikasikan.Namun alih-alih dibukukan, yang ada malah pihak penerbit maupun orang yang diserahkan tanggung jawab menangani naskah tersebut hilang entah ke mana. Entah mendadak tidak bias dihubungi, mendadak pikun dan hanya bisa memberi janji-janji kosong alias php, pemberi harapan palsu.

Tentu saja tak seorang pun menginginkan hal itu terjadi. Namun demikian seorang calon penulis tak perlu terlalu khawatir. Masihbanyak group atau komunitas penulis yang terpercaya. Diantaranya adalah Komunitas Penulis Indonesia-Penulispro.Net, Penulis Tangguh, Belajar Menulis Gratis, Curhat Calon Penulis Beken, Komunitas Penulis Bacaan Anak,Ibu-IbuDoyanNulis (IIDN) dan masih banyak lagi group-group lainnya yang sejenis.

Dengan bergabung di sebuah atau beberapa komunitas penulis merupakan salah satu jalan untuk dapat semakin meneguhkan keinginan menjadi seorang penulis.

Karenanya tak ada alasan untuk menunda bergabung. Mari bergabung bersama Komunitas penulis pilihanmu dan raihlah kesuksesan dan melejitlah menjadi seorang penulis professional.

 

 


Leave a Reply