Sign In

Remember Me

Tips Berburu Lowongan Penulis Artikel

Tips Berburu Lowongan Penulis Artikel

Hobi menulis ternyata menciptakan banyak kesempatan dan peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bahkan, ada sebagian orang yang menjadikan profesi menulis sebagai sumber penghasilan utama dalam hidupnya. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi digital, lahan menjadi penulis artikel menjadi semakin basah. Hal ini terbukti dengan banyaknya lowongan penulis artikel yang kerap di share ke media sosial atau iklan lowongan kerja di internet.

Berkembangnya media dan portal online merupakan lahan basah bagi penulis artikel untuk memaksimalkan potensinya mendapatkan peluang mendulang rupiah bahkan dollar dari jasa menulis artikel. Namun, kenyataannya tidak semua penulis artikel mengetahui dengan cepat lowongan tersebut dengan berbagai alasan. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya Anda menyimak tips berburu lowongan penulis artikel yang mungkin bisa membantu Anda menemukan pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan latar belakang pendidikan serta alokasi waktu Anda.

  1. Bergabung dengan Komunitas penulis merupakan langkah awal yang akan membuka gerbang kesuksesan Anda sebagai seorang penulis artikel profesional. Mengapa? Karena komunitas merupakan wadah bagi orang-orang yang memiliki minat yang sama. Kesamaan hobi dan minat akan mendekatkan anggotanya satu sama lain sehingga berbagi informasi menjadi sesuatu hal yang tidak aneh. Bahkan, berkembangnya internet menjadikan tiap orang lebih mudah membangun dan menjadi bagian dari suatu komunitas. Namun, ada baiknya setelah menjadi anggota komunitas, Anda meluangkan waktu melihat perkembangan dan aktivitas komunitas tersebut, siapa tahu ada info lowongan yang mungkin sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Jika memungkinkan, jalinlah komunikasi dan pertemanan dengan anggota komunitas lainnya lebih intens. Biasanya hubungan yang emosional akan membuat Anda lebih mudah mendapatkan informasi secara langsung.
  2. Bergabung dengan agensi kepenulisan. Ada banyak manfaat positif jika Anda bergabung dengan agency kepenulisan, diantaranya mendapatkan informasi lowongan terbaru dalam dunia kepenulisan, termasuk lowongan menjadi penulis artikel untuk media online yang saat ini tumbuh subur di Indonesia.  Bukan hanya itu, jika Anda memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik, Anda memiliki kesempatan untuk menjadi penulis artikel untuk berbagai media asing.
  3. Melalui iklan di media internet.  Saat ini, dengan mudah Anda bisa mencari ratusan bahkan ribuan informasi hanya dengan memasukkan kata kunci di mesin pencari seperti Google. Manfaatkan kemudahan ini untuk mencari iklan lowongan menjadi penulis artikel dengan memasukkan kata kunci “lowongan penulis artikel” pada kolom search engine internet. Selanjutnya, Anda tinggal memilih mana yang cocok dan sesuai dengan harapan Anda
  4. Melalui media online marketplace khusus lowongan kerja freelance. Saat ini, pasar lowongan kerja freelance berkembang dengan pesat, bahkan ada beberapa situs yang memang didesain untuk mempertemukan pencari kerja dan pemberi kerja dalam satu pasar online untuk berbagai lowongan pekerjaan secara freelance. Melalui website ini, Anda dapat mendaftarkan diri menjadi anggota dengan gratis dan siapkan portfolio terbaik Anda agar pemberi kerja yakin dengan kemampuan Anda. Kelebihan bergabung di media online ini adalah selain info lowongan dalam kepenulisan, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan lainnya yang mungkin bisa Anda kerjakan secara freelance.
  5. Melalui media sosial atau jejaring sosial.  Keberadaan media sosial memudahkan Anda membangun jaringan pertemanan tanpa batas negara atau daerah. Kemudahan ini bisa Anda manfaatkan untuk membangun jaringan pertemanan dengan orang-orang yang berpotensi membuka peluang kesuksesan dalam dunia kepenulisan. Adakalanya, secara teratur mereka akan men-share iklan lowongan penulis artikel di wall media sosial mereka, manfaatkan peluang ini dengan menghubunginya mereka secara langsung.

Jangan khawatir, karena ada banyak lowongan penulis artikel yang bisa Anda dapatkan asalkan sungguh-sungguh mencarinya dengan menerapkan tips-tips yang telah dibagikan di atas. Namun, satu hal yang penting dan harus diingat, sambil berburu lowongan Anda harus terus mengasah kemampuan dan menambah wawasan serta jam terbang Anda dalam mengolah kata menjadi satu artikel yang bermanfaat bagi pembacanya.  Hal ini penting sebagai portfolio Anda untuk menyakinkan klien menerima Anda sebagai team penulis untuk perusahaan atau agencynya.

Selamat berjuang!

 


Ibu tiga anak, domisili di Tangerang, suka ngeblog, dan menjadi penulis lepas.

Leave a Reply