Sign In

Remember Me

Lamaran Kerja Sering Ditolak? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Lamaran Kerja Sering Ditolak? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Rasa galau ternyata tak hanya disebabkan oleh hal-hal yang berkaitan dengan percintaan, melainkan soal pekerjaan. Banyak yang galau karena lamaran kerja sering ditolak. Mungkin, beberapa hal inilah yang menjadi penyebab Anda tak kunjung mendapatkan pekerjaan.

1. Penampilan is Number One

pakaian interview

Dimana pun, kapan pun, dan kemana pun Anda melangkahkan kaki, penampilan adalah hal utama yang dinilai orang. Apalagi dalam interview kerja, penilaian penampilan menjadi poin penting.

Sebagai pelamar kerja, kita harus bisa menentukan baju seperti apa yang cocok untuk interview kerja. Karena termasuk kegiatan formal, bajunya pun harus formal. Paling tidak gunakan pakaian yang rapi dan sopan.

Kebanyakan para pelamar kerja mengesampingkan penampilan. Bagi mereka poin penting dalam melamar kerja bukan soal penampilan, melainkan kemampuan yang dimiliki.

Namun seperti yang kita ketahui, penampilan menjadi cermin dari kepribadian seseorang. Ini alasannya kenapa ketika melamar kerja, penampilan termasuk dalam salah satu poin penilaian.

2. Fokus, Fokus, dan Fokus

fokus

Tak sedikit yang menganggap interview sebagai tahapan paling menegangkan ketika melamar pekerjaan. Hal inilah yang kerap membuat para pelamar menjadi nervous.

Untuk menghindari munculnya rasa nervous, tenangkan pikiran. Karena ketika rasa nervous menghampiri, tak jarang mengganggu konsentrasi kita untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ketika proses interview kerja berlangsung.

Padahal ketika interview kerja berlangsung, kita dituntut untuk bisa fokus. Fokus membuat kita bisa menjawab semua pertanyaan dengan lancar.

3. Mari Berjabat Tangan!

jabat tangan

Poin ini seringkali dianggap sepele banyak orang. Berjabat tangan ketika pertama kali bertemu adalah hal yang wajar. Namun bukan berarti menganggapnya sebagai hal yang sepele.

Dalam tahapan melamar pekerjaan, cara berjabat tangan seseorang juga dinilai. Jabatan tangan yang lemah menandakan bahwa orang tersebut tidak serius, tidak tegas, dan mudah menyerah.

Lantas, seperti apa jabatan tangan yang benar itu? jabatan tangan yang benar itu tidak lemah, tapi tidak juga terlalu keras. Cara menjabat tangan seperti itu menandakan bahwa Anda orang yang tegas dan serius melamar pekerjaan ini.

4. Terlalu Pede Tidak Boleh, Minder Juga Tidak Boleh

pd vs minder

Sifat manusia satu dengan manusia lainnya itu berbeda. Begitu halnya ketika melamar kerja, kadang ada yang terlalu membanggakan diri dan sebaliknya ada juga yang merendahkan.

Padahal dalam melamar kerja itu tidak boleh terlalu pede, tapi jangan juga merasa minder. Yang harus dioptimalkan adalah menunjukkan kemampuan kita. Dan biarkan mereka yang menilai, pantas atau tidak kita menempati posisi pekerjaan itu.

5. Sembunyikan Handphone

handphone

Hal lain yang sering dilupakan oleh para pelamar kerja adalah menonaktifkan handphone atau paling tidak mengkondisikan dalam mode silent. Karena seperti yang kita tahu, saat proses interview berlangsung harus dalam kondisi yang kondusif.

Jangan sampai proses interview menjadi terganggu karena terdengar bunyi nada dering handphone. Meski terlihat sepele, namun tak jarang hal ini membuat nilai minus. Oleh karena itu, agar lamaran kerja berbuah manis, jangan lupa untuk mengkondisikan handphone dalam mode silent atau bila perlu dinonaktifkan saja.

6. Jangan Menunduk

menunduk

Ketika menjawab pertanyaan, jawablah dengan tegas. Dan jangan pernah membiasakan diri untuk menundukan kepala ketika menjalani tahap interview. Terlalu sering menunduk saat menjawab pertanyaan menandakan Anda tidak percaya diri.

Usahakanlah untuk menjawab pertanyaan dengan tegas sambil memandang orang yang bertanya. Hal ini bukan sebatas penilaian, melainkan berkaitan juga dengan etika ketika berbicara dengan orang lain.

Nah, itu dia beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat melamar kerja. Semoga informasi diatas membuat lamaran Anda cepat gol dan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan.


By

Leave a Reply