Penampilan merupakan unsur yang melekat pada setipa manusia di dunia ini. Mengapa penampilan itu snagat penting? Penampilan adalah gerbang pertama dalam awal pertemuan. Pertemuan tersebut mencakup wawancara pertama saat melamar kerja, bertemu dengan orang baru maupun seseorang yang memikat hati. Memukaunya seseorang tak terlepas dari penampilan yang dia tunjukkan. Sungguh mengecewakan bila kegagalan disebabakan karena wajah yang tak memnuhi syarat.

 

Wajah merupakan bagian tubuh yang memerlukan perhatian khusus selain bagian-bagian tubuh lainnya. Kulit wajah berbeda dengan kulit bagian tubuh lainnya. Setiap orang memiliki kulit wajah yang berbeda. Sebagian memiliki kulit wajah berminyak, dan sebagiannya lagi memiliki kulit wajah kering. Masalah selalu menghampiri wajah-wajah setiap manusia yang Tuhan berikan. Masalah tersebut mulai timbul disaat remaja. Banyak masalah wajah yang dialami seorang remaja. Beberapa masalah tersebut adalah kulit kemerahan karena peradangan, pori – pori membesar, komedo, kusam, dan jerawat. Jerawat pada wajah dapat merusak penampilan kita. Banyak faktor yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

 

  1. Bakteri

Kebersihan pada wajah sangat penting. Bila wajah tak dijaga kebersihannya, bakteri – bakteri dapat masuk kedalam pori – pori wajah dan menimbulkan jerawat. Penggunaan handuk yang kurang higenis juga dapat menimbulkan munculny jerawat pada wajah. Selain handuk, beberapa peralatan yang bersentuhan dengan wajah seperti kuas dan sponse dapat menimbulkan jerawat karena ketidakbersiaan peralatan make-up tersebut.

  1. Stress

Banyak hal yang dipikirkan dan membuat kepala pusing dan stress, perilaku tersebut sebaiknya tidak dialami secara terus – menerus. Begitu kerasnya berpikir hingga memperoleh stress jarena hal tersebut dapat mengganggu metabolisme tubuh. Terganggunya metabolisme tubuh dapat menyebabkan timbulnya jerawat di wajah.

  1. Minyak pada wajah yang berlebihan

Jenis wajah seseorang juga menjadi faktor yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Fungsi minyak pada wajah untuk melembabkan dan menjaga kesehatan kulit. Namun, banyaknya minyak yang dihasilkan di wajah bisa berdampak buruk pada wajah. Hal tersebut dapat menimbulkan jerawat.  Mengapa seseorang memiliki wajah yang berminyak? Keturunan menjadi penentu jenis wajah yang dimiliki setipa orang.

  1. Makanan

Seperti kita tahu, makana terbuat dari bahan – bahan yang memiliki kandungan kandungan tertentu, salah satunya susu, lemak, dan gula. Kandungan – kandungan tersebut merupakan menjadi faktor yang menimbulkan jerawat. Mengkonsumsi makanan yang berlebihan dapat memunculkan jerawat. Salah satu contoh makanan yang dapat memunculkan jerawat di wajah adalah Mie instan.

  1. Keturunan

Tak hanya faktor – faktor luar yang dapat menyebebkan munculnya jerawat, namun faktor dalam ambil bagian dalam pemunculan jerawat. Salah satunya adalah gen atau keturunan. Bila orang tua kita memiliki permasalahn jerawat, kita akan mengalami hal tersebut.