Memaafkan, mengikhlaskan dan percaya. Hal-hal yang menurutku sangat susah untuk dilakukan. Kenapa??? karena untuk memaafkan, mengikhlaskan dan percaya yang kau butuhkan adalah kekuatan hati, bukan fisik.

Saat sakit yang ditorehkan terlalu dalam tentu sangat susah untuk menyembuhkan lukanya. luka itu akan tinggal disana untuk waktu yang lama dan tentu saja memaafkan menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Kalau memaafkan saja sudah susah dilakukan, mengikhlaskan dan percaya apa kabar??!!

Butuh orang-orang yang luar biasa untuk melakukan itu, karena memaafkan, mengikhlaskan dan percaya bukan hal yang mudah. bukan hal yang hanya butuh untuk kau ucapkan kemudian semuanya akan kembali membaik. It’s not that simple.

Kamu tahu bahwa aku tidak sekuat itu. Kadang rasa itu membuatku susah bernafas dan tiba-tiba menangis bahkan setelah sekian lama kau pergi.

Aku masih sedang mencoba memaafkanmu. Masih sedang mencoba mengikhlaskanmu. Masih sedang mencoba untuk percaya bahwa apapun yang sudah kita alami, mau bagaimanapun kita nantinya semua akan baik-baik saja. Aku juga kamu.

“Semoga Allah selalu melindungimu dalam setiap tugasmu. Semoga Dia selalu mengiringimu dalam setiap langkah yang kamu ambil. Semoga kamu selalu bahagia” itu doa yang selalu kuucapkan meskipun memaafkan dan mengikhlaskanmu masih susah untuk kulakukan.