Sign In

Remember Me

Hutan Tanpa Solusi

Hutan Tanpa Solusi

Kebakaran hutan merupakan fenomena biasa yang terjadi di wilayah Indonesia. Banyak simpati dari dunia luar, mengapa orang-orang Indonesia selalu membakar hutan? Padahal itu hanya bahasa sederhana dari masyarakat di luar yang tidak ingin kehidupan mereka terusik karena kabut asap.

Kenyataanya, hingga saat ini belum ada solusi nyata yang diberikan untuk mengatasi kebakaran hutan. Dari pemerintah, bahkan dari seluruh masyarakat dunia.

Jika gejala yang timbul, seperti pribahasa yang menyatakan ada asap pasti ada api. Sudah tentu semua orang akan berpaling dan menutup mata. Karena aksi pembakaran hutan merupakan pekerjaan masyarakat kecil yang tengah mencari lahan untuk sumber penghidupan.

Para petani yang membuka lahan kebanyakan tidak mampu membeli peralatan canggih, dan tidak mempunyai modal cukup besar serta tidak memiliki pengetahuan tinggi mengenai ekosistem alam, adalah faktor utama penyebab kebakaran hutan.

Semua orang saat ini, menutup mata terhadap kebutuhan masyarakat kecil tersebut. Mereka dibiarkan tanpa bimbingan, binaan maupun arahan yang nyata.

Petani kecil yang memegang obor api, sudah tentu kebingungan dan tetap akan melakukan aksi pembakaran hutan meskipun itu dilarang. Mereka tidak memerlukan plang larangan atau hukum pidana untuk menyambung kehidupan mereka. Petani kecil hanya memerlukan solusi nyata, bagaimana cara mereka membuka lahan yang ramah lingkungan.

Jika tidak ada solusi dari pemerintah, maupun masyarakat dunia, sudah tentu kebakaran hutan akan menjadi tabung gas yang siap meledak. Aksi pembakaran hutan dan membuka lahan dengan cara di bakar, harus segera kita hentikan.

Berikan solusi jangan teori, jalankan rencana sesuai program, kerja nyata harus dilakukan, stop kebakaran hutan.


By

1 Comment

  1. Memang sebuah problematika yang membingungkan, di satu sisi ada segelintir orang yang melakukan hal tersebut untuk mencari sesuap nasi, di sisi lain banyak dampak negatif yang di timbulkan, mudah mudahan ada jalan terbaik untuk hal ini.

    http://www.situsobatherbal.com/2016/08/09/obat-eksim-kering-di-apotik/

Leave a Reply