Sepotong Episode

Oleh :Sani Insani

 

Dalam hidup kita bertemu banyak orang, dari sebagian orang kita bisa mempelajari bagaimana berjuang dalam hidup di dunia dan sebagian lagi mengajari kita  untuk tidak terlena dengan hidup di dunia, kita bertemu seseorang di dunia ini tidak ada yang kebetulan semua sudah tertulis bahkan daun yang jatuh pun tidak ada yang kebetulan.Berjuang dalam hidup ,kemudian meraih mimpi adalah keinginan setiap manusia,begitupun juga saya. Terkadang dalam perjuangan hidup kita bertemu dengan orang orang yang selaras dengan mimpi kita maka berjuanglah bersama mereka.Ada keluarga ,ada orang  tua yang do’a nya tidak akan tertolak yaitu do’a ibu kepada anaknya ,mintalah do’a kepada ibu mu sebagai jalan untuk meraih apa yang kau ingin kan karena doa seorang ibu mampu menggetarkan arsy Allah dan membuahkan ijabah dari Allah Azza wa Jalla. Doa ibu itu sungguh tanpa hijab di hadapan Allah mudah menembus langit. Sehingga doa seorang ibu yang ia dipanjatkan untuk anaknya boleh jadi sangat mudah untuk Allah kabulkan. Muliakan ibumu, berjuanglah untuk membahagiakan ibumu meskipun apa yang kau lakukan hanya makan bersama di malam hari,bercengkrama,walaupun saat itu perutmu terasa kenyang,buatlah senyum di wajah ibumu hanya dengan hal yang sederhana. Karena ketika kau memuliakan ibumu , allah akan permudah jalan untuk meraih impian.

Tiga macam golongan yang do’anya mustajab dan tidak diragukan lagi kedahsyatannya. Yakni doa orang tua kepada anaknya, doa musafir (orang yang sedang berpergian), dan orang yang didzalimi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Setelah memuliakan ibu,ada pasangan hidup kita yang membantu kita meraih mimpi, setiap orang mempunyai impian bertemu dengan pasangan sholeh dan nanti akan membersamai dalam meraih impian, jika seorang laki laki akan mendambakan seorang wanita sholehah dan  wanita akan mendabakan seorang lelaki sholeh.jika saat ini kita telah memiliki pasangan maka berjalanlah seiringan ,meridhoi setiap langkah suami atau istri untuk meraih impian.dan jika yang saat ini masih mempunyai mimpi untuk dipertemukan dengan lelaki sholeh atau wanita sholehah,berdoalah dengan keyakinan,allah mendengarkan do’amu,bersemgatlah dalam memperbaiki diri,semoga saat ini pasangan mu juga sedang memperbaiki diri .

Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki- laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)…..” (Qs. An –Nur)

 

Dalam perjalan hidup kau akan bertemu sahabat sahabat sholehah mereka yang akan membantumu, memberimu semangat ,mendoakanmu, menasehatimu disaat kau jatuh, jagalah  sahabat ,jagalah silaturahim bersama sahabat, sayangi mereka ,seperti kau menyayangi dirimu sendiri, bukankah persahabatan memiliki cita cita hingga ke surga??

Selemah-lemah manusia ialah orang yang tak mau mencari sahabat dan orang yang lebih lemah dari itu ialah orang yg menyia-nyiakan sahabat yang telah dicari  ( Sayyidina Ali)

Perjalanan hidup yang kita lewati bukan hanya dunia tapi ada yang menunggu setelahnya,dan jikalau kita mempunyai impian hendaklah impian tersebut membawa kita ke jalan untuk meraih ridhonya,meraih surgaNya,meraih kebermanfaatan bukan  hanya  untuk kita sendiri tetapi juga untuk orang lain.bermimpilah dalam kebaikan,karena  setiap kebaikan akan mewujudkan kebaikan kebaikan lain setelahnya

“Bersemangatlah dalam menggapai apa-apa yang bermanfaat bagimu” (HR.Muslim)

 

Hidup adalah harapan,harapan esokmu adalah mimpi hari ini,jangan pernah menyerah,jangan takut untuk melangkah dalam kebaikan,dan apapun mimpimu berdoalah karena allah mendengar apa yang kau minta ,jika allah tak memberi sekarang, allah mengajarkan arti kesabaran ,dan jika allah tak jua mengabulkan maka allah akan gantikan yang lebih baik,karena allah maha mengetahui sedangkan engkau tidak. Dan tidak lupa mintalah do’a  pada keluarga ,pada kedua orang tua mu kepada sahabat sahabat yang kau punya.