Sign In

Remember Me

Jangan hanya mengeluh

Jangan hanya mengeluh

Jangan Hanya Mengeluh, tapi Bersuyurlah !

Setiap manusia di dunia ini pasti pernah mengeluh. Baik itu kepada diri sendiri, orang lain, benda atau apapun yang tidak sesuai dengan harapannya. Namun hal tersebut terkadang bisa menjadi kebiasaan. Orang yang kebiasaanya mengeluh , hidupnya akan penuh dengan permasalahan.Sehingga hidup terasa seperti penuh dengan beban. Namun secara tidak langsung mengeluh merupakan tanda dimana bahwa kita tidak  bersyukur atas pemberian Allah SWT.

Orang yang suka mengeluh jiwanya selalu berprasangka buruk dan tidak bisa berpikir dengan positif. Mario Teguh berkata “Mengeluh adalah narkoba bagi jiwa yang berprasangka buruk. Rasanya seperti enak, tapi menjerumuskan”. Orang yang suka mengeluh selalu menganggap hidup ini susah  penuh dengan beban permasalahan. Namun tidak mencari solusi dari permasalahan tersebut. Hanya mengeluh dan mengeluh. Mengeluh termasuk sikap negatif. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus pandai-pandai berfikir positif. Dengan senyuman kecil saja paling tidak  dapat meringankan beban permasalahan yang ada.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an :

“Janganlah  kamu bersikap lemah. dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman.” [Surah Al-Imran ayat 139].

 Jangan hanya mengeluh, karena mengeluh tanda kita tidak bersyukur terhadap apa yang diberikan oleh Allah. Berikut kiat-kiat untuk menghentikan kebiasaan mengeluh :

  1. Niat

Segala suatu hal harus didasari niat. Karena hal tersebut merupakan pedoman yang menentukan seberapa besar usaha yang bisa dicapai untuk mencapai keberhasilan.

  1. Membangun mindset yang positif/ mental positif

Melawan pikiran negatif dan beralih ke pikiran yang posiif. Untuk terus berpikir positif memang tidak mudah ketika hal tersebut berlawanan dengan  harapan-harapan kita. Untuk membangunnya, kita harus mulai dari kebiasaan-kebiasaan yang positif, sehingga hal tersebut akan mempengaruhi pikiran kita. Karena pikiran yang positif akan membuat hidup terasa mudah.

  1. Mulailah untuk bersyukur

Mulai untuk bersyukur. Semua memang butuh proses. Namun kita bisa mengawalinya dengan belajar. Belajar bersyukur dengan segala hal yang kita hadapi. Percaya dan yakin bahwa Allah memberikan yang terbaik bagi hambanya. Karena Allah tahu apa yang dibutuhkan oleh umatNya. Allah berfirman:

“Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya”.

[Surah Al-Baqarah ayat 286].

  1. Belajar pribadi yang optimis

Dengan optimis, seseorang akan bersemangat dalam menjalani kehidupan baik di dunia maupun di akhirat. Selalu mempunyai harapan yang baik di segala hal .

  1. Mendekatkan diri kepada Allah

Dengan mendekatkan diri kepada Allah , hati akan tenang karena selalu ingat kepada  Allah SWT akan kebesaran dan keesaanNya sehingga, pikiran mampu mencerna dengan matang tentang permasalahan yang terjadi.

 


Leave a Reply