Sign In

Remember Me

kemesraan yang konyol

kemesraan yang konyol

Aku sangat rindu padamu. Perasaan apa ini namanya yang selalu muncul padaku. Aku mendifinisikan ini dengan cinta. Difnisi cinta yang sebenarnya masih ambigu menurutku. Sebagian manusia mengatakan bahwa cinta itu membahagiakan, dan tidak akan berbuat kemaksiatan. Tapi aku telah latur dalam  cinta yang terbalut nafsu yang dulu ku tuturkan kepadamu. Seolah-olah cinta itu benar-benar membahagiakan. Tapi, aku terlalu sering menyakitimu dan melakukan hubungan yang sebenarnya tidak boleh kita jalin sebelum perkataan ijab di depan penghulu di laksanakan. Begitulah kata seorang alim kepadaku. Dan aku sering mendengarkan itu di masjid-masjid dekat rumahku.

Difinisi apa yang pantas untuk mewakili perasaanku ini. aku yang terlalu bodoh dengan kata sehingga tidak bisa mendifinisikan perasaanku sendiri. Aku juga ingin sebenarnya mungalang hal-hal indah ketika kita masih bersama dulu. Perbuatan konyol karena hasyutan setan yang mudah menodai hati kita dulu. Hmmm, mungkin sekarang aku juga di serang oleh virus setan lagi sehingga aku selalu terbayang olehmu.

Aku bilang itu cinta. Kamu selalu menolaknya. Katamu tidak ada yang namanya cinta. Kita akan terjebak dengan kata cinta itu sendiri. Entah itu benar-benar difinisi yang benar-benar kamu susun atau hanya sebagai simbolik penolakanmu terhadap perasaan yang ku miliki sekarang terhadapmu.

Aku mencoba mendifinisikan perasaanku ini dengan cinta. Cinta sejati yang katanya orang itu akan kembali lagi. Cinta yang sebenarnya itu ketika sudah berpisah dan masih mengingat dan ngak bisa move on. Entah celoteh dari mana saja aku dapat pernyataan konyol seperti itu.

Untuk mendifinisikan makna cinta yang sangat absurd dan sulit di ungkapkan dengan kata. Aku mencoba membolak balik kitab yunani kuno. Sehingga ku temukan sebuah pernyataan lucu dari seorang aristoteles. Seorang ulama yang mencoba berguna di semua bidang kajian ilmu pengetahuan. Tertulis sebuah kata cinta itu kepada tuhan yang Maha Esa. Cinta yang paling konyol itu cinta kepada wanita. Entah apa maksud dari seorang ulama yang sok tau itu. Hmmm, memang dia filsuf jadi tidak bisa disalahkan. Dari pernyataa aristoteles tersebut, aku mencoba menarik sebuah kesimpulan. Melewati perenungan dan membayangkan wajah manis yang menempel di lesung pipimu. Aku bertabayyun mengenai pernyataan tersebut. kesimpulan yang aku dapatkan adalah cinta kepada wanita itu adalah salah satu bentuk perasaan yang sangat unik. Unik yang aku maksudkan di sini adalah sebagian orang melampiaskan cinta tersebut dengan langsung menyatakan cinta kepada lawan jenisnya. Melewati proses yang sangat panjang. Tapi, akhirnya gagal menikah malah di nikahi orang lain. sebetulnya ini yang dulu sangat ku khawatirkan sehingga aku dari dulu ingin segera mengakhiri hubungan kita. Akhir yang berarti tidak cinta. Tapi, mungkin ini yang kamu anggap aku adalah seorang yang egois tidak memikirkan perasaan oranga lain dan kamu menggap aku sudah tidak memiliki perasaan apa-apa lagi denganmu. Hmm, mungkin ini nasibku mendapat karma dari Tuhan. Atas sikapku yang bodoh dulu yang sebenarnya tidak mendapat restu dari orang tua kita dulu dan nekad. Hingga sekarang aku menderita dengan perasaan ini karena kamu sudah punya perasaan dengan orang lain. hmmm, kawanku mencoba menghiburku dan mengatakan itu adalah sebuah ujian kawan. Mungkin kamu di tes kesabaranya. Dan sebenarnya penderitaan ini membuatku bahagia dan mengetahui makna cinta yang tidak boleh di permainkan. Menaati setiap perintah orang tua karena do’a orang tua dan harapan orang tua itu yang di kabulkan Allah. Sesekali aku menghibur diri dengan pernyataan yang konyol juga. Kalau jodoh nanti akan kembali lagi. Hmmm, mungkin dia sekarang bukan jodohku dan aku yakin kalau waktunya dipelaminan kamu akan kembali kepadaku. Hmmm, dari sana aku juga mencoba menebak-nebak perasaanku kalau aku ungkapkan itu padamu. Mungkin kamu akan mengatakan seperti ini, GOBLOK sekali orang ini, ngarep banget kembali kepadaku. Padahal loe itu siapa ngak ngaca dulu apa?. Hmmm, sadar diri sih aku. Tapi, apa salahnya kalau mempunyai ambisi dulu. Orang OB aja bisa dapet bosnya di film FTV. Ketika mendengar ini mungkin kamu akan menjawab. GILA ini orang emang hidup segampang kisah di FTV.

Nasib, nasib, dan nasib. Denga emot yang frustasi aku menepuk jidatku. Mungkin tuhan akan mempersiapkan yang pantas di waktu yang pantas. Ingin tegar sih aku. Tapi namamu yang muncul lagi.

Mungkin benar juga spikulasi yang di katakan temenku mengenai filosofi dadu. Ngak mungkin kita mengocok dadu berulang kali, tapi ngak pernah dapat angka enam. Aku merenungkan kembali. Menghibur diri aku mengatakan benarnya kata temenku yang mengikuti bisnis MLM Tiensi. Mungkin aku harus berdo’a dan mencoba berkali-kali untuk mendekatimu lagi. Ngak mungkin akan di TOLOK. Benar sih tapi kurang tepat.

Eeeee. Sudah optimis malah balik lagi. KOPLAK mengkin ini yang kamu katakan melihat perenunganku itu. Dan aku siap menerima semuanya cacian-cacianmu kok. Memang KOPLAK itu cinta. Tapi, yang membuat cinta tidak KOPLAK ya?. Semoga aku tidak pernah menyalahkan yang membuat cinta. Dan tidak pernah pula menyalahkan aku pernah cinta kepadamu. Bukan pernah lagi dih tapi memang masih cinta sampai sekarang. Hmmm, GOBLOK lagi ini orang. Pasti in yang kamu katakan.

Difinisi cinta yang unik ke dua adalah sama-sama mencintai. Melewati proses setan yaitu pacaran lalu menikah. Eeee, malah di pernikahan sering berantem. Mungkin ketika pacaran dulu mereka munafik. Tidak mau mengatakan yang sejujurnya. Atau mungkin lagi, mereka dulu mengatakan yang sejujurnya tapi itu karma dari Tuhan. Karena telah mengkhianati Tuhan dengan pacar lalu di laknat deh ketika menikah. Sudah banyak contohnya. Makanya jangan coba-coba kalau belum profesional dan ngak tau caranya. Wkwkwkwkkw kasihan deh loe, aku merintih menahan tawa.

Lalu seterusnya aku menafsirkan cinta. Dulu mereka itu saling mencintai terus putus. Si cewek pacaran sama cowok lain. eeee, menikahnya malah sama mantan. Sakitkan cowoknya. Ini cerita kawanku melihat perihal yang terjadi terhadap kawanya. Dan seluruh audien waktu itu tercengang. Celoteh aneh-aneh lalu beriringan mengikuti celoteh kawanku itu. Sehingga, banyak sekali cerita yang seperti itu di dunia ini. sehingga kawan satu lingkaran konyol itu. Banyak yang mengatakan ngak berani pacaran takut seperti itu. Hmm, termasuk aku juga kali ya?. Mendengar cerita kawan-kawanku itu aku mencoba sedikit tenang. Mungkin nasib ini yang sedang terjadi aku denganmu. Hmmmmm, konyolkan. Tapi, Belum tentu juga. Jadi jangan ngarep dulu. Xixixixixi. Tapi, setidaknya aku punya harapan sebelum pak ayahmu mengatakan sah ketika mbah moden mengatakan Kobiltu nikah.

Tiba-tiba berhenti sampai sini aku mendifinisikan cinta. Setelah mendengar tafsiran dan cerita kawan yang seperti itu. Mungkin ini yang dikatakan manusia sak karep.e dewe. Itu istilah jawa ya?. Jangan di makan mentah-mentah nanti sakit perut. Wkwkwkwk

 

Yogyakarta, 4 Februari 2017

Be J0e

By
mahasiswa uin sunan kalijaga, fakultas dakwah dan komunikasi, jurusan pengembangan masyarakat islam. aktif menulis di Lembaga Pers Mahasiswa ARENA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Beberapa Karya pernah di muat di Buletin Jum'at Masjid Syuhada Yogyakarta.

Leave a Reply