Sign In

Remember Me

Penyesalan

Penyesalan

PENYESALAN

Hidup adalah perjalanan yang sangat panjang dan tidak sedikit rintangan yang telah dijalani. Kita tidak mengetahui kapan dan dimana memperoleh rintangan yang sulit dijalani, sehingga tidak jarang diantara kita memaksakan diri untuk mengambil keputusan dalam keadaan hati yang gegabah dan pikiran tidak tenang. Akibatny, dari beberapa keputusan tersebut akan menjadikan sedikit kebahagiaan dan yang lebih banyak menjadikan penyesalan.
Semua orang pasti pernah menyesal dengan keputusan yang diambil. Sehingga penyesalan sudah menjadi hal yang biasa sekaligus mengesalkan. Tidak sedikit dari kita yang hidupnya masih terbayang-bayang pada kenengan dan penyesalan di masa lalu, sehingga penyesalan hanyalah membuat hidup menjadi trauma, ragu-ragu, dan penuh kehawatiran dengan sesuatu yang belum tentu terjadi. Jika terus bersikap seperti itu, maka kita tidak akan pernah mengetahui kemampuan diri dan tidak akan mampu menyelesaikan masalah dengan baik.
Sesuatu yang kita putuskan lantas salah, memang sangat berat untuk diterima dengan lapang dada. Emosi, kesedihan dan penyesalan pastilah mengiringi pada saat itu. Namun, hal seperti itu tidak menjadi masalah jika kita mampu mengambil hikmahnya. Dengan mengambil hikmah dari penyeslana maka kita akan mampu memperbaiki diri, pikiran menjadi lebih terbuka tanpa beban dikepala. Berbagai solusi muncul dan masalah akan lekas teratasi. Selain itu, jika mampu bangkit dari penyesalan dan mau intropeksi diri maka aka mampu mengatasi masalah-masalah lain. Pada intinya, semakin banyak masalah yang kita selesaikan maka semakin mudah kita menyelesaikan masalah dikemudian hari.
Masing-masing individu mempunyai perbedaan dalam mensikapi penyesalan. Penyesalan akan berdampak positif jika kita menyadari bahwa kita salah dan mau menerimanya dengan lapang dada apapun hasilnya. Orang-orang sukses itu bukanlah orang yang tidak pernah salah, justru meraka berawal dari kesalahan. Mereka sadar bahwa kesalahan bukanlah penghalang menuju kesuksesan. Semakin banyak melakukan masalah maka semakin banyak mengasah kemampuan. Semakin banyak mengasah kemampuan maka semakin mudah kita mengatasi masalah. Semakin mudah mengatasi masalah maka semakin sedikit kita menyesal. Jika sedah seperti itu, maka penyesalan bukanlah menjadi penghalang utama untuk mengembangkan diri.


By

Leave a Reply