Sign In

Remember Me

Nothing is Impossible

            Kalimat nothing is impossible itu benar – benar terbukti. Atas do’a, usaha, optimis atas keajaiban Tuhan bahwa di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin. kini saya akan menceritakan tentang perjuangan masuk PTN. Alhamdulillah atas do’a dan usaha saya selama bersekolah 3 tahun di SMAN 1 Sumenep mendapatkan hasil. Saya bisa lolos Universitas Diponegoro Semarang lewat jalur SNMPTN. Jalur undangan proses masuk PTN 2013 waktu itu. Jurusan saya adalah Fakultas Kedokteran S1 Ilmu Gizi.

Sangat berjuang untuk bisa tembus SNMPTN. Karena saya ingin bisa lolos pada jalur ini. Jalur ini tidak merepotkan orang tua untuk biaya pendaftaran kuliah, pergi ujian mengikuti di Panlok daerah dan pergi ke luar kota. Ini adalah kesempatan emas yang harus dimaksimalkan untuk para pembaca khusunya yang akan mengikuti jalur SNMPTN  selanjutnya agar bisa tembus PTN.

Awal ceritanya, waktu itu saya sangat berkecil hati untuk bisa masuk UNDIP. Universitas 10 besar terfavorit di Indonesia dan 5 besar Universitas paling banyak peminatnya jalur Undangan dari tahun ke tahun. Nilai rapor saya rata – rata hanya 80-an, dan angka 90 untuk pelajaran MIPA itu tidak ada. Hanya pelajaran lain yang bisa target 90. Apalagi diperparah ketika kelas X semester 1 ada angka 79 dalam pelajaran fisika. Dan grafik yang tidak semuanya naik, ada grafik yang turun ketika kelas X semester 2. Sangat – sangat suram melihat nilai rapor.

Ketika hanya melihat nilai rapor. Semangat saya turun mimimpikan bisa kuliah di UNDIP. Sebelum ada pikiran kuliah di UNDIP, ketika kelas X , target saya ingin kuliah Pendidikan Bahasa Inggris di UM. Universitas Negeri Malang adalah tujuan Universitas  ketika kelas X. Ketika guru BK kelas XII memberitahukan saya bahwa pendidikan bahasa inggris adalah program IPS. Saya kubur tentang target itu. Kemungkinan kecil dan takut ambil resiko ketika jalur lintas jurusan dari IPA ke IPS begitu pula sebaliknya. Agar meminimalkan kemungkinan terburuk yang terjadi maka saya pilih prodi di program IPA. Jadi para adik – adik yang akan menargetkan PTN lewat jalur Undangan. Dari kelas X harus bisa memilih, mau milih apa besok untuk kuliah, tidak hanya sekedar memilih prodi tapi juga bisa memilih peluang kerja yang banyak besok. Jika ingin Ilmu Sosial untuk kuliah besok, maka jangan paksa untuk masuk program IPA atau sebaliknya. Jadi kesempatan besar untuk bisa tembus jalur SNMPTN ada kemungkinan.

Ketika target saya telah sirna karena pendidikan bahasa inggris adalah program IPS. Maka program IPA yang ku incar adalah Ilmu Gizi. Ilmu gizi adalah sekilas prodi yang ku incarkan karena di benakku telah terfokus pilihan pada kelas X dan ternyata tidak tepat. Jangan lupa istiqomah, berdo’a minta kepada Tuhan (Allah yang Maha Kuasa), berjuang lakukan sunnah Allah khusus orang Islam lakukan seperti seringlah sholat malam Tahajud, sholat duha, puasa senin kamis dan berbuat baik dengan semua orang entah itu guru, teman – teman dan lainnya agar do’a kita di hijabah oleh Allah SWT. Dan koordinasi dengan orang tua dan saudara kita itu merupakan salah satu hal penting . ketika minat kita untuk sekolah di PTN sudah direstui oleh orang tua kita. Semuanya InsyAllah akan dipermudah. Karena memang benar , “Ridho Allah adalah Ridho dari Orang Tua”.

Ilmu gizi adalah pilihan yang aku minati, karena tempat tinggal ku di Jatim. UB adalah Universitas yang aku inginkan waktu itu. Adik – adik untuk terget SNMPTN 2014 juga harus pintar baca peluang loo yaa??? 🙂 , bisa baca stategi perang agar kita tidak gugur dalam undangan PTN ini. Karena sangat disayangkan sekali apabila gagal atas perjuangan kita di sekolah selama 3 tahun.

Baca stategi perang maksudnya adalah ketika di sekolah jurusan kitasama,sebaiknya kita bisa baca teman – teman yang akan masuk jurusan kita sama atas berbeda. Jikalau sama, berapa orang yang sama dan bagaimana nilai rapor.KITA ?. dalam kasus ini saya tak jadi ambil UB. Karena pilihan pertama saya Ilmu Gizi dan salah satu teman saya nilai rapor nya di atas sya  juga pilih Ilmu Gizi UB. Maka kemungkinan kita tak lolos SNMPTN itu ada. Hanya sekedar membaca peluang, kalau kita diridhoi oleh orang tua untuk ambil Universitas lain, maka kita cari pilihan sama dengan Universitas yang berbeda dengan tingkat Akreditasi yang kita inginkan. Akhirnya 2 hari sebelum finalisasi ditutup, saran dari kakak saudara saya menyuruh pilih Ilmu Gizi Undip. Memantapkan hati untuk 1 pilihan dan diawali dengan “Bismillahirohmanirohim” saya klik pilihan pertama Ilmu Gizi Undip.

Tips lainnya yaitu tidak hanya mengandalkan nilai rapor saja. Prestasi kejuaraan juga komponen yang penting, semakin kita banyak menjurai kejuaraan baik itu tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional bahkan Internasional. Prestasi juga menentukan masuk PTN. Dan jangan lupa, jadi adik – adik yang masih beranjak memasuki kelas XII, masih bisa kok untuk menjurai kejuaraan, apalagi adik – adik yang masih kelas X dan kelas XI masih bisa berbenah diri untuk mengejar target masuk PTN lewat jalur undangan.

Nah, bagi adik – adik kelas XII meskipun tak punya segudang prestasi. Jangan berkecil hati J. Tawakal kepada Allah SWT tidak ada yang tidak mungkin. Kalau tahun kemarin 2013, nilai UN juga pertimbangan besar untuk lolos SNMPTN maka maksimalkan belajar untuk mendapatkan nilai UN tertinggi.

Usaha, do’a, tawakal, optimis Tuhan akan membalikkan rejeki kita dan pepatah jika rejeki itu tidak akan tertukar dengan yang lainnya. Itu memang benar. Nah yang jadi permasalahan kali ini adalah kakak tingkat dari SMA yang masuk Universitas yang kita tuju. Ada kasus kakak kelas ketika lolos PTN undangan tak di ambil, memang kemungkinan iya, kuoto adik kelas akan dikurangi bahkan di blacklist, tetapi itu tetap tergantung suatu kebijakan Universitas masing – masing. Cari aman juga gak apa apa kan ? .

Dan bagi yang menargetkan Universitas tersebut maka teruslah berjuang meskipun kakak kelas SMA di Universitas itu sangat minim ataupun bahkan tak ada. Kembali lagi “Nothing is impossible”. Pengalaman saya masuk Undip hanya 1 orang pada tahun 2010. Setelah tahun itu tak ada yang bisa tembus Undip. Perasaan bisa diterima di Undip itu suram lagi ketika melihat kuota kakak kelas SMA minim. Tapi perjuangan dan do’a tetap ku jalani. Karena saya yakin, jika memang rezeki tidak akan kemana – mana. Alhamdulillah saya bisa jebol Undip tahun 2013 lewat SNMPTN Undangan.

Usahakan prodi yang kita pilih pertama dan kedua adalah Universitas yang kita tuju dan tingkat Akreditasinya lebih tinggi dari Universitas kedua. Kemungkinan besar pilihan pertama dan kedua yang bisa jebol jalur undangan kemungkinan besar. Karena kemungkinan pilihan 3 dan 4 sangat minim sekali untuk bisa jebol jalur undangan.

Sekian sekilas tips dan cerita saya. Untuk adik –adik kelas XII khususnya, lakukan kerja ekstra dari sekarang jika kemarin banyak pekerjaan dan waktu terbuang sia – sia. Jangan menunggu 1 bulan akan menghadapi pilihan Universitas di jalur undangan. Dan ada pepatah yang bisa kita buktikan “ Mulailah dari yang paling mudah, mulailah dari diri kita bisa, mulailah dari diri sendiri, dan mulailah dari SEKARANG”. Karena hidup tak ada yang tidak mungkin “Nothing is Impossible”.

Tetap semangat jangan pernah katakan tak bisa !

Leave a Reply