Banyak macam-macam ramuan untuk pengobatan tradisional asam urat. Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian tubuh, seperti di tumit, dengkul, siku, jari kaki, jari tangan, dan pergelangan tangan. Penyakit ini seringkali disebabkan konsumsi zat purin dalam makanan yang berlebihan. Purin ini akan diolah tubuh menjadi asam urat. Kadar asam urat yang berlebihan akan mengganggu tubuh. Kristal asam urat ini akan menumpuk di persendian sehingga sendi terasa nyeri dan ngilu.

Macam-Macam Ramuan Pengobatan Tradisional Asam Urat

Ada beberapa langkah pengobatan asam urat, salah satunya dengan bahan alami. Pengobatan tradisional asam urat seringkali menjadi pilihan karena lebih murah dan aman bagi tubuh. Berikut ini beberapa ramuan tradisional untuk mengobati asam urat 

  1. Ramuan 1

Siapkan 5 butir kapulaga, 15 gram jahe merah, 5 butir cengkeh, 5 gram biji pala, 1 jari kayu manis, 200 gram ubi jalar merah, 1 liter air, dan 10 butir lara. Rebus semua bahan ini sehingga air tersisa 500 cc saja. Saring air ini kemudian minum secara rutin.

  1. Ramuan 2

Siapkan 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 15 gram jahe, 10 butir lada, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, 5 gram bangle, dan 400 cc air. Rebus semua bahan ini sehingga air tersisa 200 cc saja. Saring ramuan ini kemudian minum jika sudah dingin.

Lihat juga, pengobatan herbal dengan Biojanna, agen Biojanna Bandung.

  1. Ramuan 3

Siapkan 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 5 gram biji pala, 10 gram jahe, 1 jari kayu manis, 4 lembar daun sosor bebek, dan 600 cc air. Rebus semua bahan ini hingga tersisa 300 cc saja. Saring ramuan ini kemudian minum tiga kali sehari.

Itulah beberapa ramuan pengobatan tradisional asam urat. Agar tidak terkena penyakit ini maka kita perlu melakukan pencegahan. Pertama adalah banyak minum air mineral. Air akan baik untuk mengencerkan urin sehingga menghambat proses terbentuknya asam urat. Tubuh akan mudah memproses pengkristalan asam urat jika kekurangan air.

Langkah pencegahan selanjutanya adalah hindari makanan yang mengandung banyak zat purin. Beberapa makanan yang mengandung banyak zat purin misalnya adalah jeroan, makanan yang dikalengkan, dan makanan laut.

Selain itu ada beberapa makanan yang dianjurkan bagi penderita asam urat. Makanan ini antara lain adalah yang banyak mengandung vitamin C. Selain itu buah cherry juga baik untuk mengurangi asam urat dalam tubuh. Makanan lain yang bakik adalah susu rendah lemak. Jeruk nipis, berbagai macam buah berry dan kentang juga baik dalam membantu pengobatan tradisional asam urat.