Menjadi Anggota Komunitas Penulis Skenario

Komunitas penulis skenario di Indonesia dibuat oleh sekumpulan orang yang berhubungan dengan dunia kepenulisan skenario. Skenario merupakan unsur yang sangat dibutuhkan untuk merancang sebuah film. Kekuatan serta kualitas cerita film sangat ditentukan oleh skenario yang ditulis dengan cerita dan alur yang baik pula. Dan di Indonesia, penulis skenario yang baik masih sangat sedikit.

Belajar dari Komunitas Penulis Skenario

Di komunitas penulis skenario nantinya akan banyak para peminat penulis skenario berkumpul untuk membicarakan bagaimana cara menjadi penulis skenario yang baik. Para penulis pemula ini banyak yang tidak mengetahui bagaimana cara menulis skenario dan mengetahui bentuk yang benar dari sebuah skenario itu sendiri.

Oleh karena kebanyakan hanya mengetahui bagaimana cara menulis novel ataupun cerita pendek. Dalam menulis skenario, ide cerita yang akan digunakan untuk membuat sebuah film langsung dituangkan dalam kalimat yang biasanya subyeknya adalah manusia. Karena hanya manusialah yang bisa melakukan aksi dalam sebuah cerita. Hal-hal kecil mengenai menulis skenario tentunya akan diperkenalkan di komunitas penulis skenario.

Bergabung di Komunitas Penulis Skenario

Bila dikota Anda, Anda menemukan salah satu komunitas untuk penulis skenario langsunglah bergabung dalam komunitas tersebut. Karena ada banyak pembelajaran, diskusi, serta berbagi pengalaman penulis yang sudah senior kepada junior-juniornya. Untuk pembelajaran, sebuah skenario yang baik harus mengandung cerita dasar, karakter, lokasi kejadian, plot, outline dan scene.

Jika sudah mengandung unsur-unsur tersebut maka sebuah skenario bisa dikatakan baik. Menulis skenario sangat berbeda dengan menulis novel maupun cerpen. Karena perbedaan itulah, sebuah komunitas diperlukan untuk dibangun bagi para penyuka dunia kepenulisan skenario agar mereka tetap bisa menjalankan hobinya di bawah komunitas penulis skenario.

Itulah yang bisa disampaikan pada artikel ini. Untuk menyimak artikel lain yang lebih menarik bacalah di penulispro.net.

Leave a Comment