Sering Lupa Password? Yuk Coba Cara Yang Satu Ini!

Lupa password adalah penyakit lumrah yang sering menjangkiti pengguna komputer. Apabila lupa itu identik dengan usia yang sudah senior, namun ternyata penyakit lupa ini tak melihat faktor usia. Karena tak hanya kaum sepuh saja yang sering melupakan kata kunci untuk memasuki akun pribadi mereka, banyak juga anak muda (termasuk saya) yang lupa-lupa ingat dengan kata sandi masing-masing. Parahnya lagi, lupa password media sosial yang penting!

Coba bayangkan saat anda lupa password untuk email kantor, atau lupa password untuk log in ke Penulispro.net (ah, itu sih saya, hehe), apalagi dalam keadaan urgent dan tak ada email untuk pemulihan password,  dijamin bikin lieur!

Nah, untuk menyiasati si pelupa kata sandi, tak ada salahnya mencoba cara-cara di bawah ini :

  • Gunakan satu alamat email. Jadikanlah satu alamat email untuk semua keperluan anda, baik itu untuk email media sosial, mendaftar blog atau berbagai keperluan lainnya. Keuntungan menggunakan cara ini adalah anda tak perlu repot-repot mengingat banyak alamat email yang berbeda. Kerugian menggunakan satu alamat email rame-rame itu ya anda harus capek menghapus banyak email masuk.

 

  • Gunakan password yang sama untuk semua akun media sosial. Mudah dan praktis memang, sangat cocok bagi anda yang langganan lupa kata sandi. 

 

  • Tulis alamat email anda beserta kata sandinya di buku catatan khusus. Tapi ingat, jangan sampai ada yang melihat buku catatan anda ya!
  • Siapkan email pemulihan. Dalam pengaturan email ada opsi email pemulihan dan nomor ponsel yang bisa digunakan untuk memverifikasi. Nah, ini adalah opsi paling menyegarkan bagi para penderita lupa kata sandi, saat lupa kata sandi tinggal klik ‘lupa password’ dan opsi penggantian kata sandi lama dengan yang baru dikirim ke email pemulihan tersebut.

 

  • Cara terakhir yang paling aman adalah selalu ingat kata sandi anda, gunakan kata sandi yang familiar dan menjadi ikon anda agar mudah diingat.

 

Nah, demikian adalah beberapa cara untuk mengingat password, atau cara agar tidak lupa password. Semoga bisa memberikan manfaat untuk anda. 

1 thought on “Sering Lupa Password? Yuk Coba Cara Yang Satu Ini!”

Leave a Comment