Cara Paling Gampang Agar Loading Web Cepat, Untuk Nubie Sekalipun

Loading sebuah website merupakan salah satu faktor penting yang diperhitungkan dalam variabel SEO untuk merangking sebuah website. Logikanya,  loading website yang lambat membuat pengunjung malas membuka web alih-alih melompat ke website lainnya. Nah berikut ini bakal saya berikan tips bagaimana cara paling gampang agar web milik kita loadingnya ringan dan cepat dibuka. Tips ini saya sarikan yang paling mudah dilakukan oleh siapa saja, terutama untuk pemula.

Anda cukup fokus ke 2 atau 3 poin ini saja, untuk membuat web Anda cepat, tidak perlu yang rumit-rumit, yaitu server, themes WordPress, dan plugin caching. Itu saja tidak ada yang lain? Ya, cukup itu saja.

Ya, kalau Anda bisa mengoprek hal-hal lainnya silakan saja, pastinya hasilnya akan lebih bagus. Ok, kita bahas ketiga hal tersebut ya…

Server

Hati-hati memilih server, pilihlah server dengan spesifikasi handal. Nah, bagaimana mengetahui sebuah server itu bagus atau tidak? Mmmm, tidak ada cara lain selain mencobanya hehehe…

Jika kita membuka apakah website milik kita, ataupun web milik orang lain saat dibuka loadingnya cepat, berarti serverya bagus. Sebaliknya jika ketika dibuka loading berat, maka kemungkinan servernya jelek.

Untuk lebih memastikannya kita bisa menggunakan website bitcatcha.com

Coba masukkan url website Anda atau website lain ke bitcatcha.com. Jika nilai servernya berkisar di angka 180ms (milidetik), maka web atau server tersebut terbilang baik/cepat, semakin kecil dari 180ms berarti semakin baik. Namun jika angkanya menunjukkan di atas 180ms, maka boleh jadi server web tersebut dinilai kurang bagus, sebaiknya Anda pindahkan ke hosting yang lebih bagus.

Jika Anda mengcek di bitcatcha untuk nilai server speed-nya ekstrim hingga 4ms seperti gambar di bawah ini, berarti web tersebut menggunakan VPS (Virtual Private Server).

Kalau kita menemukan sebuah website dan loadingnya cepat dan ingin mengetahui web tersebut dihosting di mana, kita bisa melakukan riset dengan cara memasukkan url web tersebut di who.is.

Kalau webnya tidak dikunci profil hostingnya, kita bisa tahu web tersebut di-host di mana. Jadi hosting tersebut bisa kita masukkan ke daftar server hosting yang bagus.

O ya, jangan lupa juga untuk melihat spesifikasi server yang ditawarkan perusahaan hosting tersebut. Misalnya nih, biasanya hosting yang bagus itu di antaranya memakai teknologi SSD, dan litespeed. Kapasitas ram, disk space, dan bandwith yang besar serta fitur-fitur yang lengkap.

Rekomendasi Hosting

Beberapa hosting luar negeri yang bagus di antaranya Stablehost, Siteground, Hostgator, Hostinger.

Kalau untuk lokal bisa pake Qwords, Hostinger, Niagahoster

Untuk VPS: Contabo, Vultr, Digitalocean

Themes WordPress

Pemilihan framework dan themes WordPress juga akan berpengaruh terhadap ringan atau beratnya loading website. Kalau sekarang sih biasanya rata-rata theme WordPress sudah dibuat ringan dan responsif.

Berikut ini adalah beberapa themes WordPress yang dikenal bagus dan cepat berbayar, namun tersedia versi gratisnya juga…

  1. Generatepress (Saat ini dipakai jasa penulis artikel penulispro.net)
  2. Genesis
  3. Wp Astra
  4. MyThemeshop

Untuk themes WordPress bagus dan cepat namun versi gratisan juga ada banyak, beberapa di antaranya: themes WordPress dari Automattic (Developer WordPress-ed) seperti twenty twelve, twenty eleven dan themes keluaran Automattic lainnya. Aileron Theme by ThemeCot, StyleBlog by Themebeez, dan masih banyak lainnya yang bisa kita temukan di repository WordPress, silakan dicoba saja…

Plugin Cache

Jika Anda paham cara mengoptimasi kecepatan website mulai dari bagaimana mengkompresi gambar, file jquery dan lain sebagainya tentunya oke banget. Tapi kalau Anda pemula dan tidak ingin repot dengan hal-hal seperti itu Anda cukup fokus pada ini saja, yakni gunakan plugin cache untuk membuat loading web Anda cepat.

Plugin yang saya rekomendasikan

  1. Wp Super Cache
  2. Wp Fastest Cache
  3. Pilih salah satu dari plugin cache di atas, lalu ditambah plugin Autoptimize untuk mengoptimasi script yang memberatkan loading web.

Ketiganya gratis, dan handal.

Bagaimana dengan W3 Total Cache? Boleh juga namun setingannya lebih kompleks bagi pemula, dan saya pikir plugin tersebut agak berat jika dibanding 2 plugin yang saya sebut sebelumnya.

Itu saja, simpel cukup dengan 2 atau 3 varibel di atas web Anda bisa mempunyai loading yang ringan dan cepat. Semoga bermanfaat…

Leave a Comment